Meningkatkan Kemampuan Membilang Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Bola Bowling Rainbow

Syah Nur Wilianti, Masnipal Marhun, Dinar Nur Inten

Abstract


Abstract. This research is motivated by children aged 5-6 years at TAAM Rusydah who experience problems in counting. In fact the children have not been able to mention the 1-20 symbol, have not been able to use the number symbol to count and have not been able to match the number symbol with the number symbol. This study aims to improve the ability to say children aged 5-6 years through the Rainbow Bowling Ball Game.The research method used is a classroom action research method. This research was conducted in 2 cycles in each cycle of 3 meetings. Research subjects were children aged 5-6 years at TAAM RUSYDAH with a total of 16 children. Data collection techniques using guidelines for observation, documentation and performance of children. The data analysis technique used in this study was descriptive qualitative with percentages.The results of the study stated that after using the rainbow bowling ball game the ability to numerate children increased so rapidly starting from the ability to mention the symbol numbers 1-20 developed very well (BSB) with a percentage of 75% ie 12 children, the ability to use symbol numbers to count developed very well (BSB ) with a percentage of 75% ie 12 children, and the ability to match numbers with a symbol of a very well developed number (BSB) with a percentage of 75% ie 12 children.

Keywords: Counting Ability, Games, Rainbow Bowling Ball

Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh anak usia 5-6 tahun di TAAM RUSYDAH yang mengalami masalah di dalam membilang. Nyatanya anak-anak belum mampu menyebutkan lambang bilangan 1-20, belum mampu  menggunakan lambang  bilangan  untuk  berhitung dan  belum  mampu  mencocokan lambang bilangan dengan lambang bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Membilang Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Bola Bowling Rainbow. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus di setiap siklusnya 3 pertemuan. Subjek penelitian anak usia 5-6 tahun di TAAM RUSYDAH dengan jumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, dokumentasi dan unjuk kerja anak. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan persentase.Hasil penelitian menyatakan bahwa setelah menggunakan permainan bola bowling rainbow kemampuan membilang anak meningkat   begitu pesat mulai dari kemampuan menyebutkan lambang bilangan 1-20 berkembang sangat baik (BSB) dengan persentase 75% yaitu 12 anak, kemampuan menggunakan lambang bilangan untuk berhitung berkembang sangat baik (BSB) dengan persentase 75% yaitu 12 anak, dan kemampuan mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan berkembang sangat baik (BSB) dengan persentase 75% yaitu 12 anak. 

Kata Kunci: Kemampuan Membilang, Permainan, Bola Bowling Rainbow

 


Keywords


Kemampuan Membilang, Permainan, Bola Bowling Rainbow

Full Text:

PDF

References


Eny, H, Hagus M (2016) Peningkatan Kemampuan Membilang 1-20 Melalui Permainan Tutup Botol Pada Anak Kelompok B. Tersedia di https://e-journal.unipma.ac.id › index.php › JPAUD › article › download. Diakses tgl 10 Desember 2019 pukul 10.30

Masnipal. (2018). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, (2009). Peraturan Menteri

Pendidikan Nasional Nomor 137 Tahun 2014

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyadi, Maulina. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20300

Flag Counter      Â