Peningkatan Kemampuan Bahasa (Keaksaraan) melalui Permainan KOMIKA (Kotak Misteri Kata) pada Anak Kelompok B TK Bhinneka Bhakti Bandung

Tri Handayani, Masnipal Marhun, Dewi Mulyani

Abstract


Abstract. This study aims to improve language skills (literacy) through the game Komika (Word mystery box) in group B kindergarten Bhinneka Bhakti Bandung. The ability of the language (literacy) that is studied is to recognize the letters a-z symbols, recognize words, and say words and syllables. This type of research is a classroom action research developed by Kurt Lewin. The subjects of this study were 14 children in group B kindergarten Bhinneka Bhakti Bandung. The method of collecting data through observation and documentation. The data analysis technique used was descriptive statistical analysis. The results showed that language skills (literacy) could be improved through the game of Komika. Observation results can be seen from the increase in language skills (literacy) in each cycle. At the time of pre-cycle shows that there are still many children who have not developed in knowing the letters a-z symbols, recognize word, and say words and syllables. After making improvements in the first cycle showed to result began to increase the ability of children who bgan to develop in recognizing  a-z symbol letters, recognize word, and say words and syllables. Then in cycle II shows an increase in children who have developed very well in recognizing the letters a-z symbols, recognize words, and say words and syllables. In cycle III shows more and more children who have developed very well in recognizingggg yhe letters a-z symbols, recognize words, and pronounce words and syllables.

Keywords: Literacy, Komika Games, Group B.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa (keaksaraan) melalui permainan Komika (Kotak misteri kata) pada anak kelompok B TK Bhinneka Bhakti Bandung. Kemampuan bahasa (keaksaraan) yang diteliti yaitu mengenal simbol-simbol huruf a-z, mengenal kata, dan mengucapkan kata dan suku kata. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Kurt Lewin. Subjek penelitian ini adalah 14 anak kelompok B TK Bhinneka Bhakti Bandung. Metode pengumpulan data melalui pengamatan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan secara analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bahasa (Keaksaraan) dapat ditingkatkan melalui permainan Komika. Hasil observasi dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan bahasa (keaksaraan) pada setiap siklusnya. Pada saat pra siklus menunjukkan bahwa masih banyak anak  yang belum berkembang dalam mengenal simbol-simbol  huruf a-z, mengenal kata, dan mengucapkan kata dan suku kata. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus I menunjukkan hasil mulai terjadi peningkatan kemampuan anak yang mulai berkembang dalam mengenal simbol-simbol huruf a-z, mengenal kata, dan mengucapkan kata dan suku kata. Kemudian pada siklus II menunjukkan terjadi peningkatan anak yang sudah berkembang sangat baik dalam mengenal  simbol-simbol huruf a-z, mengenal kata, dan mengucapkan kata dan suku kata. Pada siklus III  menunjukkan makin bertambah lagi anak yang sudah berkembang sangat baik dalam mengenal  simbol-simbol huruf a-z, mengenal kata, dan mengucapkan kata dan suku kata.

Kata Kunci: Keaksaraan, Permainan Komika, Kelompok B 

Keywords


Keaksaraan, Permainan Komika, Kelompok B

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Ria. 2015. Upaya Meningkatkan Kemampuan membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Papan Flannel Pada Anak Kelompok B Di TK Aba Karangmojo XVII Karangmojo Gunung Kidul. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. (Di unduh Tanggal 19 Desember 2019 11:06)

Arikunto. Suharjono. Suhardi. 2015.

Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dhieni, Nurbiana, dkk. 2018. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

https://kbbi.web.id (Di Unduh Tanggal 10 Juni 2019 20:10)

https://pondokibu.com/permainan-anak-kotak-misteri.html (Di Unduh Tanggal 30 Desember 2018 20:05)

Indrawati, Suryani. 2018. Kemampuan Keaksaraan Melalui Media Teka-Teki Bergambar Pada Anak Kelompok A Di TK Islam Assalam Desa Tlogo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri Salatiga. (Di Unduh Tanggal 27 November 2019 15:35)

Iskandar, Beni dan Hidayat, Rahmat. 2017. Modul Pengembangan Keprofesia Berkelanjutan Terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter Bidang Taman Kanak-kanak kelompok Kompetensi I Cetakan Kedua. Bandung: PPPPTK dan PLB.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Peraturan Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan No. 137 Tahun 2014 Tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Bahasa.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Peraturan Mentri Pendiidikan Dan Kebudayaan No. 146 Tahun 2014.

Masnipal. 2015. Bahan ajar Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini; Panduan Bagi Mahasiswa Calon Guru & Pengelolaan PAUD Profesional. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Masnipal. 2018. Menjadi guru PAUD

Profesional. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Maolani, A dan Cahyana. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Maysaroh. 2018. Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Melalui Penggunaan Falshcard Kelompok A Di Taman Kanak-kanakDunia Ceria Krian. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Ampel. (Di Unduh Tanggal 27 Oktober 2019 21:12)

Modul PLPG Pendidikan Anak Usia Dini. 2013. Badan Pengembangan Pendidikan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMP-PMP)

Paizaluddin dan Ermalinda. 2013. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach) Panduan Teoritis dan Praktis. Bandung: Alfabeta.

Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak. 2015 Direktorat Pembinaan pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Sari, Ayu May Fitra. 2018. Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Anak Melalui Berbagai Metode Dengan Kegiatan Yang Bervariasi Pada Kelompok B RA Al-Fityah Pekan Baru. Vol. 1, No. 1, April 2018, Hal. 1-20. Pekanbaru: Universitas Terbuka Pekanbaru, Indonesia. (Di Unduh Tanggal 27 Oktober 2019 20:40)

Suryana, Dadan, dkk. 2017. Dasar-dasar Pendidikan TK. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Suyadi. 2015. Teori Pembelajaran Anak usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tampubolon. 1991. Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca Pada Anak. Bandung: Angkasa.

Wardhani, I.G.A.K, dkk. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20182

Flag Counter      Â