Penggunaan Media Kancing untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Membilang Benda dari 1-10 di Kelompok Usia 4 – 5 Tahun PAUD Cahaya Ibu Kota Bandung

Sri Rani Lesmanawati

Abstract


ABSTRACT. Use of Button Media to Improve Cognitive Ability in Counting Things and 1-10 in the 4-5 Years Age Group in PAUD Cahaya Ibu Bandung city Sri Rani Lesmanawati, NPM 10030216034. This research is motivated by problems found ini PAUD Cahaya Ibu A, namely the cognitive development that still spells out low, to improve the ability to numerate, the researched using button media in learning, which can be used one method that can be used as one method that can improve cognitive abilities in class action. Subject in the study is group A student in PAUD Cahaya Ibu aged 4-5 year totaling 12 students. The data collected is the result data observation,test and study documentation, The result of the study show that before being given an action there are no children in the category very well developed (BSB), 7 children or 58.33 % were from the category began to developed (MB), 3 children or 25 % wereat the category developed s expected (BSH), 2 children were in the category very well developed (BSB) or 16.66%. After being given an action using button media then the result in cycle I is 5 students or developing (41.66), 5 student who developed according to expectations (41.66%), 2 student who developed very wel (16.66 %) and at the end result or cycle II is that children who have begun to develop are not found again, 2 student who developed according to expectations (1.25%). 10 student who developed very well (7.6%). This increase can be intented for the ability to use button media can help teacher in learning. Stale advice PAUD teachers are so that they can use this method as one of the learning methods for improve cognitive ability to stay using media button.

Keywords: early childhood, button media, counting

 

ABSTRAK. Penggunaan Media Kancing untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Membilang Benda dari 1-10 di Kelompok Usia 4-5 Tahun di PAUD Cahaya Ibu Kota Bandung. Sri Rani Lesmanawati NPM. 10030216034.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di PAUD Cahaya Ibu Kelompok A yaitu perkembangan  kognitif dalam membilang ang masih rendah. Untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam membilang benda dari 1-10, maka peneliti menggunakan media kancing dalam pembelajaran, yang dapat digunakan sebagai salah satu metode yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam tindakan kelas. Subjek dalam penelitian yaitu siswa dkelompok A di PAUD Cahaya Ibu yang berusia 4-5 Tahun berjumlah 12 siswa. Data yang terkumpul merupakan data hasil observasi, tes dan study dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa sebelum diberikan tindakan hanya ada 2 anak yang berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 7 orang anak atau 58,33% berada pada kategori Mulai Berkembang (MB), 3 orang anak atau 25% berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 2 orang anak berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) atau 16,66%. Setelah diberi tindakan menggunakan media kancing maka hasil siklus 1 ya5 orang siswa (41,66 %), 5 orang siswa yang Berkembang Sesuai harapan (41,66%), 2 orang yang Berkembang Sangat Baik (16,66%) dan pada hasil akhir atau siklus II yaitu anak yang mulai berkembang sudah tidak ditemukan, 2 orang siwa yang Berkembang Sesuai Harapan (1,25%), 10 orang siswa yang berkembang sangat baik (7,6%). Peningkatan tersebut dapat ditujukan untuk kemampuan penggunaan media kancing dalam membilang benda dari 1-10 dapat membantu guru dalam pembelajaran. Saran bagi guru PAUD adalah agar dapat mengguakan metode ini sebagai salah satu metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam membilang benda dari 1-10 melalui media kancing.

Kata kunci: Media Kancing, Kemampuan Kognitif, Membilang


Keywords


: Media Kancing, Kemampuan Kognitif, Membilang

Full Text:

PDF

References


Abuddin Nata , (2011). Perspektif Islam Tentang StrategiPembelajaran. Jakarta : Kencana Menada Media Group

Arief S. Sadiman dkk.( 2012). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asmawati, Luluk, (2014.) Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya

Dunphy,E.,Dooley, T., & Shiel, G. (2012).Mathematics in early childhood and primary education (3-8 years). Dublin: National Council For Curriculum and Assement. Yunita Halimah, (2017-2018). Penelitian Korelasi Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Kecamatan Batu Nunggal Kota Bandung Ajaran 2017-2018.

Hakim Arif, Erhamwilda, Fatmawati, (2018). Meningkatkan Kemampuan Membilang pada anak usia 5-6 Tahun Melalui permainan congkak, Modifikasi (Penelitian Tindak Kelas di Paud Permata Cendekia Babakan Ciamis ), Jurnal Unisba, hlm : 22-26.

Masnipal, (2015). Bahan Ajar Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Panduan Bagi Mahasiswa Calon Guru dan Pengelola PAUD Profesional

------------, (2018). Menjadi Guru PAUD Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya

Patmonodewo, Somiarti. 2000. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Rosmawati, Wiwi. 2013. Pembentukan Karakter Dimulai Sejak Anak Usia Dini. Bandung: CV. Omahima.

Rahyubi, Heri, 2012. Teori-Teori dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Ujungberung Bandung: Nusa Media

Raharjo Wahyu, Mulyadi Seto, Basuki Heru,( 2016). Psikolog Pendidikan Dengan Pendekatan Teori-Teori Baru Dalam Psikolog. Depok:PT.Raja Grafindo. Hlm:197

Sriningsih, Nining. 2009. Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas.

Sujiono, dkk. (2008). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

---------, Yuliani Nurani.(2011). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta :Universitas Terbuka. Hlm:10.2

Suyadi, dan Maulidya Ulfah, 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya

Zuhariani, dkk,(2012).FILSAFAT pendidikan Islam. Jakarta:Bumi Aksara




Flag Counter