Implementasi Metode Funcalistung terhadap Perkembangan Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 4-5 Tahun di Kelompok A TK Cahaya Indonesia Kota Cimahi

Jasmine Amalia Grandis, Aep Saepudin, Dinar Nur Inten

Abstract


Abstract. This research was conducted with the intention to inform the reader about the development of literacy skills carried out through the funcalistung method which includes preparation, stages of implementation, evaluation, and the results of the implementation of the funcalistung method at TK Cahaya Indonesia.   The research method used is descriptive method to describe the implementation of literacy skills development in kelompok A as is. The techniques used for data collection in this study included interviewing observations, as well as documentation. The results of the research that have been obtained in the form of an overview of the preparation, namely making the design of learning programs, preparing activities to be carried out, and preparing learning media. Then regarding the stages of implementation which are divided into classical and individual learning. Next is the evaluation carried out through an assessment of the process and learning outcomes. Finally, the results of the implementation of the funcalistung method are proven to be able to improve literacy skills in early childhood because the learning methods are packaged through games so that learning becomes interesting and enjoyable.

Keywords: Literacy Ability, Funcalistung Method

Abstrak. Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk memberitahu pembaca tentang pengembangan kemampuan keaksaraan yang dilakukan melalui metode funcalistung yang meliputi persiapan, tahapan pelaksanaan, evaluasi, serta hasil implementasi metode funcalistung di TK Cahaya Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif untuk menggambarkan implementasi pengembangan kemampuan keaksaraan di kelompok A secara apa adanya. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil dalam penelitian yang telah didapatkan berupa gambaran mengenai persiapan, yakni membuat rancangan program belajar, mempersiapkan kegiatan yang akan dilakukan, dan menyiapkan media pembelajaran. Kemudian mengenai tahapan pelaksanaan yang terbagi menjadi pembelajaran klasikal dan individual. Berikutnya mengenai evaluasi yang dilakukan melalui penilaian dari proses dan hasil belajar. Terakhir mengenai hasil implementasi metode funcalistung yang terbukti dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan pada anak usia dini karena metode pembelajarannya dikemas melalui permainan sehingga pembelajarannya pun menjadi menarik dan menyenangkan.

Kata Kunci : Kemampuan Keaksaraan, Metode Funcalistung


Keywords


Kemampuan Keaksaraan, Metode Funcalistung

Full Text:

PDF

References


Indonesia, P. (2014). Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Sekretariat Negara.

Marhamah, E. (2014). Analisis Dampak Pelatihan Metode Funcalistung Terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru PAUD. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Masnipal. (2018). Menjadi Guru PAUD Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mursid. (2017). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Neneng Permatasari, A., & dkk. (2019). Literasi Dini. Bandung: Mediamore Karya Optima.

Nurbiana, Dhinie., & dkk. (2014). Metode Pengembangan Bahasa. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Santoso, L. (2015). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Pustaka Agung Harapan.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20063

Flag Counter      Â