Pengelolaan Program Green Education di Taman Kanak-Kanak Salman Al Farisi Kota Bandung

Debby Nursari, Masnipal Mahrun, Arif Hakim

Abstract


Abstract : This research program is Green Education which is introductory education and environmental care. The aim is to describe the management of the Green Education program in the Salman Al Farisi kindergarten in Bandung, with a focus on research 1) Science learning planning, 2) Implementation of science learning, 3) Evaluation or evaluation of science learning. The research method used is descriptive qualitative. Data collection techniques through observation and interviews. With this data processing used by researchers uses triangulation. The subject of the study addressed to school principals and class teachers. At kindergarten Salman Al Farisi, Bandung.Research results 1) science learning planning is carried out by school principals and teachers referring to the dinniyah curriculum through green education programs, 2) implementation of science learning, carried out by teachers through the development of themes related to learning facilities such as animal cages, gardens (practice how to plant etc.), 3) Evaluation or assessment of science learning is done through green education leadership assessment with 6 pillars, namely knowing GE, animals and plants, environmental issues, building communication, global awareness and life skills, 4) school principal and teacher involvement in the assessment of science learning, 5) learning science involves the participation of parents of students by holding regular meetings, parents are involved in retelling the school to establish communication, 6) science learning develops the process of active student participation.

 

Keywords: Management, Green Education, Early Childhood, Salman Al Farisi

 

Abstrak : Penelitian ini program Green Education yaitu pedidikan pngenalan dan perawatan lingkungan. Bertujuan untuk mendeskripsikan pengeolaan program Green Education di taman kanak-kanak Salman Al Farisi Kota Bandung, dengan fokus penelitian 1) Perencanaan pembelajaran sains, 2) Pelaksanaan pembelajaran sains, 3) Evaluasi atau Penilaian pembelajaran sains. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Dengan ini olah data yang digunakan peneliti menggunakan triangulasi. Subjek penelitian ditujukan kepada kepala sekolah dan guru kelas.di TK Salman Al Farisi Kota Bandung. Hasil penelitian 1) perencanaan pembelajaran sains dilakukan oleh kepala sekolah dan guru mengacu kurikulum dinniyah melalui program green education,2) pelaksanaan pembelajaran sains, dilakukan oleh guru melalui pengembangan tema yang dikaitkan dengan sarana pemebelajaran seperti kandang hewan, kebun (praktek cara menanam dll), 3) Evaluasi atau penilaian pembelajaran sains dilakukan melalui penilaian green education leadership dengan 6 pillar yaitu mengenal GE, hewan dan tumbuhan, masalah lingkungan, membangun komunikasi, kesadaran global dan keterampilan hidup, 4) kepala sekolah dan guru keterlibatan penilaian pembelajaran sains, 5) pembelajaran sains melibatkan partisipasi orang tua siswa dengan menyelenggaraan pertemuan rutin, orang tua terlibat dalam menceritakan kembali disekolah untuk menjalin komunikasi, 6) pembelajaran sains mengembangkan proses partisipasi akti siswa.

Kata kunci: Pengelolaan, Gren Edcation, Anak Usia Dini, Salman Al Farisi


Keywords


Pengelolaan, Gren Edcation, Anak Usia Dini, Salman Al Farisi

Full Text:

PDF

References


Ariyanti. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. UMP, 1.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Fadillah, M. (2014). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, dan Menyenangkan. Jakarta: Kencana.

Guslinda. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini (Vol. 64). Surabaya: CV. Jakad Publishing.

Masnipal. (2013). Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Nugraha, Ali. 2008. Pengembangan Pembeajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Bandung. JILSI Foundation.

Pahlewi. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Sains Melalui Penerapan Metode Eksperimen Pada Proses Pelarutan Pada Anak Kelompok B5 Pada Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu. Ilmiah Potensia, 2.

PAI, T. D. (2016). Bunga Rampai Penelitian dalam Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: CV Budi Utama.




Flag Counter