Penggunaan Model Pembelajaran Permainan Kartu Huruf untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Cahaya Ibu Kota Bandung

Wini Febriani, Huriah Rachmah, Adang M Tsaury

Abstract


Abstract. The purpose of this study was to determine the effect of using letter card games to improve the literacy skills of early 5-6 years children in Early Childhood Education (PAUD) CahayaIbu, the capital city of Bandung.This research uses quasi experimental method. The type of quasi-experimental method used is to use the design “Posttest Only Control Design” that is there are two groups selected, the experimental group and the control group. The population of the research is all children of Early Childhood Education as many as 30 peoples. The sample in this research was the smartclass which consisted of 15 children. The data analysis technique uses the t-test, because the two samples test where relatively small, the normality and homogenity tests were not carried out so the direct data analysis used the t-test.Based on the results of the research and discussion conducted, it was concluded that the use of the letter card learning model influences the literacy skills of early 5-6 years children in Early Childhood Education (PAUD) Cahaya Ibu the capital city of Bandung.

Keywords : Literacy Skills, Letter Card Games, Learning models

 

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan kartu huruf dalam meningkatakan keterampilan literasi anak usia dini 5-6 tahun di PAUD Cahaya Ibu Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Adapun jenis metode quasi eksperimen yang digunakan adalah menggunakan rancangan Posttest-Only Control Designyaitu terdapat dua kelompok yang dipilih, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh anak PAUD Cahaya Ibu sebanyak 30 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas Smartclass yang terdiri dari 15 anak. Teknik analisis datanya menggunakan uji t, karena dua sampel yang diuji relative kecil maka uji normalitas dan homogenitas tidak dilakukan sehingga analisis data langsung menggunakan uji t. Hasil penelitian membuktikan ada pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kartu huruf berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan literasi anak usia dini usia 5-6 tahun di PAUD Cahaya Ibu Kota Bandung.

Kata Kunci :Keterampilan Literasi, Permainan kartu huruf, Model Pembelajaran


Keywords


Keterampilan Literasi, Permainan kartu huruf, Model Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Andang Ismail. (2006). Education Games. Yogyakarta: Pilar Media.

Anderson, R.C. (1972). Languange skills in Elementary Education. New York:Macmillan Publishing Co, Inc

Anggani Sudono. (2000). Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: PT Grasindo.

Arif S. Sadiman dkk (2006). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Edisi Revisi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhar, Arsyad. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo persada.

Cleary, Linda Miller dan Michael D. Linn. (1993). Linguistic for Teachers. New York: Mc Graw-Hill.

Depdiknas. (2003). Standar Kompetensi Bahasa dan sastra Indonesia SD. Jakarta;Depdikbud.

Masnipal.(2018).Menjadi Guru PAUD Profesional : PT Remaja Rosdakarya.

Sobarna, Ayi.(2010).Efektivitas Metode Storytelling Bermedia Boneka untuk Pengembangan Kemampuan Berkomunikasi.MIMBAR.UNISBA

Sugiyono.(2017).Metode Penelitian Pendidikan:ALFABETA, cv.

Sujiono, Yuliani Nurani. (2013).Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta: PT.Index.

Ajeng Puspita Dewandari. (2011). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Pemanfaatan Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B1 Taman Kanak- kanak Aisyah Bustanul Athfal Tengahan Minggir Sleman. Skripsi. Yogyakarta: FIP UNY

Akhiryanti F.(2018).Meningkatkan Ekoliterasi Anak Melalui Strategi Gardenbased Learning di Taman Kanak-Kanak: skripsi PGPAUD UPI.

Arif Darnies (2014) Pengaruh Penggunaan Media Kartu terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I SDN 10 Lubuk Buaya Padang. Jurnal Al-Ta’lim (Jilid 21 Nomor 1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Padang

Astuti, Sri (2015) Penggunaan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Ditkintan Komara Kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Jilid 7 Nomor 1). Universitas Pendidikan Indonesia

Daroah. (2013). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita dengan Media Audio Visual Di Kelompok B1 RA Perwanida 02 Slawi. Skripsi. Pendidikan Guru Paud. Universitas Negeri Semarang

Endah, Tri B (2014). Penggunaan Permainan Kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B RA Muslimat NU. Yogyakarta

Isnaini, Prina (2015) Pengaruh Alat Permainan Edukatif Filling Word Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Anak Kelompok B Tk Aba Ngabean I Tempel. Artikel Jurnal Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Kharizmi, Muhammad (2015) Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jurnal Pendidikan Dasar (Jilid 2 Nomor 2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Almuslim.

Mulia, Revi (2018) Pengaruh Aktivitas Permainan Memancing Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Simbol Huruf Anak Usia 4-5 Tahun. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung.

Nur Inten, dksk (2016),“Literasi Dini Melalui Teknik Bernyanyi”.

Pentiernitesari, Eka. tt. Pengaruh Metode Bercerita dengan Media Gambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Di RA Raudhatul Islamiyah Kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Pendidikan Guru PAUD. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi.

Safitri, Dwi Irma (2018) Pengaruh Bermain Flashcard Dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak Kanak Surya Bahari Lampung Timur. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Saomah, Aas. Implikasi Teori Belajar Terhadap Pendidikan Literasi.

Sarlik, Arizqa Yasirli (2019) Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Awal Di kelas A Taman Kanak-Kanak (TK) Wijaya Kusuma Taman Sidoarjo. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Trisniawati (2014) Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok B1 TK ABA Ketanggungan Wirobrajan Yogyakarta. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Tutik, Nurhidayah dan Nurul Khotimah.(2014). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode Demonstrasi Dengan Media Kartu Huruf Pada Anak Kelompok A Ra Bustanul Ulum Sumberkarang DlangguMojokerto. Jurnal (Jilid 3 Nomor 3). Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Surabaya.

Utami, Delfi Citra (2017) Pengaruh Penggunaan Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung.

Wahyuni, Dian Sri.(2018). Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Perilaku Prososial Anak Kelas B Di Ra Halimah Assa’diyah Buntaran Tulungagung.Skripsi . Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islaim Negeri Tulungagung




Flag Counter