Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf melalui Permainan Bola Huruf Anak Kelompok B di Kelompok Bermain Sinar Kenanga

Entin Wartini, Enoh Nuroni, Dewi Mulyani

Abstract


Abstract.The aim of this research is to improve the ability to recognize early literacy through letter ball games.This research is a classroom action research conducted in the Sinar Kenanga Play Group, in Sekepeer Kota Bandung in November and December 2019 in two cycles. Each cycle has three meetings. The research was carried out by introducing early literacy with a ball of letters game. The subjects in this study were children of group B in kenang ray kenanga, totaling 10 children consisting of 6 boys and 4 girls.This research is a collaborative study between researchers and class teachers, data on children's early literacy abilities are collected through observation guidelines, data on early literacy learning through letter ball games are collected through observation sheets and data field notes are analyzed in a descriptive qualitative mannerThe research data was taken using observation and documentation techniques, the research instrument used an observation sheet the ability to recognize initial literacy was used to record quantitative data in the form of student learning outcomes before, during and after research.The results of the study in the first cycle of children who have not developed one child (10%), children who began to develop three children (30%), children who develop according to expectations as many as four people (40%) and children who develop very well as many as two people (20%), whereas in cycle II children who have not had dampness become absent, one child starts to develop (10%), children develop according to the expectations of one person (10%) and children who develop very well eight people (80%)The results showed that the media of ball letters carried out in two cycles proved to be able to improve the ability to recognize the initial literacy of group B students in Kober Sinar Kobera, it was seen from an increase in each cycle

Keywords: Letter ball, recognize letters, Early Childhood

Abstrak.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui permainan bola huruf. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di Kelompok Bermain Sinar Kenanga, di Sekepeer Kota Bandung pada bulan Nopember dan Desember  2019 dalam dua siklus. Tiap siklus  tiga kali pertemuan. Penelitian dilakukan dengan mengenalkan huruf dengan permainan bola huruf. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di kober sinar kenanga yang berjumlah 10 orang anak yang terdiri dari 6 orang anak laki-laki dan 4 orang anak perempuan. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas, data kemampuan mengenal anak dikumpulkan melalui pedoman observasi, data pembelajaran pengenalan huruf melalui permainan bola huruf dikumpulkan melalui lembar observasi dan catatan lapangan data dianalisis secara deskriptif kualitatif Data penelitian diambil menggunakan teknik observasi dan dokumentasi, instrumen penelitian menggunakan  lembar observasi kemampuan mengenal huruf digunakan untuk mencatat data kuantitatif berupa hasil belajar siswa sebelum, sewaktu dan sesudah penelitian.Hasil penelitian pada siklus I anak yang belum berkembang satu orang anak (10%) , anak yang mulai berkembang tiga orang anak (30%), anak yang berkembang sesuai harapan sebanyak empat orang (40%) dan anak yang berkembang sangat baik sebanyak dua orang (20%), sedangkan pada siklus II anak yang belum berkembang menjadi tidak ada, anak yang mulai berkembang satu orang (10%), anak berkembang sesuai harapan satu orang (10%) dan anak yang berkembang sangat baik delapan orang (80%)Hasil penelitian menunjukkan bahwa media bola huruf yang dilaksanakan dalam dua siklus terbukti dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf siswa kelompok B di kober Sinar Kenanga, hal tersebut terlihat dari adanya peningkatan pada tiap siklusnya

Kata Kunci : Bola huruf,  mengenal huruf, Anak Usia Dini.


Keywords


Bola huruf, mengenal huruf, Anak Usia Dini.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Himpaudi. (2015) Suplemen Materi Seminar Nasional Kurukulum Pendididikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Sportorium UMY.

Masnipal ( 2018) Menjadi Guru Paud Profesional . Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Nubriana, Dhienni, dkk. (2008) Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta. Universitas Terbuka.

Tarigan,H.G. (2008), Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19547

Flag Counter      Â