Implementasi Metode Qitada (Qiro’atu Tartil Bitadwir) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah pada Anak di TK Nurul Hidayah

Ade Sumarna

Abstract


Abstract. This study aims to know the Implementation Method of Qitada in Al-Qur'an Nurul Hidayah Kindergarten, in improving students' ability to read hijaiyah letters, using the qitada method using murottal songs as a learning tool when reading the hajaiyah letters and using interesting songs involves conveying the main points of his teachings with the motto of reciting with pleasure and reciting the Qur'an. This research uses descriptive analytic method by discussing qualitative. Namely describing the application of the qitada method in the learning process of the Koran. Based on research in Al-Quran Kindergarten Nurul hidayah before using the Qitada method using the old method, the Iqra method, but after the new method, the qitada method, children are more comfortable reciting the Koran and children read the Al-Quran faster.

Keywords: Implementation, Qitada Method, Hijaiyah letters.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui Implementasi Metode Qitada di TK Al Qur’an Nurul Hidayah, dalam meningkaktan kemampuan peserta didik didalam membaca huruf hijaiyah, dengan menggunakan metode qitada melalui lagu lagu murottal sebagai dasar pembelajaran pada setiap membaca huruf hajaiyah dan menggunakan lagu lagu yang menarik didalam penyampaian pokok pokok ajarannya dengan moto mengaji dengan senang dan senang mengaji. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Yaitu mendeskripsikan implementasi metode qitada pada proses pembelajaran Al-Quran. Pendekatan ini menurut  hasil penelitian di TK Al-Quran Nurul hidayah sebelum menggunakan metode Qitada menggunakan metode lama yaitu metode Iqra, namun setelah adanya metode baru yaitu metode qitada anak lebih senang mengaji dan anak lebih cepat membaca Al- Quran.

Kata Kunci : Implementasi, Metode Qitada, Huruf hijaiyah.


Keywords


Implementasi, Metode Qitada, Huruf hijaiyah.

Full Text:

PDF

References


Yulianto, A (2018), “65% masyarakat Indonesia Buta Huruf Al-Quran” republika. (Online). Diakses dari http://www.msn.com/berita nasional

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta : Balai Pustaka, 2002) Ed 3 Cet. 2 hlm. 633

PR Indonesia, (2007) Jakarta : sekertariat negara.

Sugino, (2013) metode penelitian kuantatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV

Moleong, lexy J, (2002). Metodologi penelitian pendidikan. Rosdakarya, Bandung

Abdurahman, (2004). Wawancara pendidikan islam. Khazanah filosofis & implementasi kurikulum, metologi & tantangan pendidikan moralitas. Global Pustaka, Jogjakarta

Arikunto, syharismi. (1993), prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta Jakarta.

Departemen Agama RI, (2006) Al-Quran dan terjemahaanya, CV Nala, dana, Jakarta.

Shoeharto, et,al, (1998). Kamus bahasa Indonesia terbaru, PT. dina indah, Surabaya

Usman, Muhammad Uzer,(2007). Guru professional, rosda karya, Bandung.

Uhbiyanti, Nur, (1998). Ilmu pendidikan Islam (IPI), CV. Pustaka Setia Bandung.

Suharji, (2019). Strategi pembelajaran. Grafindo litra hati, Yogjakarta.

Suparlan, Tanya Jawab Pengembangan Kurikulum dan Materi Pembelajaran. PT Bumi Aksara, Jakarta, 2011, h. 79.

Sawiwati, “Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas III SDN 3 Makarti Jaya Tentang Ciri-Ciri Makhluk Hidup Melalui Metode Demonstrasi”, Skripsi Sarjana Pendidikan, (Palembang: Perpustakaan UT, 2009), hlm. 4, t.d.

Sanjaya, Wina, (2010). Strategi pembelajran. Beroreantasi standar proses pendidikan, preanada media grup, cetakan ke 7, Jakarta

Kholid Ahmad, (2013). Metode Qitada2 cara mudah dan cepat belajar irama murotal al-quran, Bani Salim center, Bandung

____________, (2013). Metode Qitada3 cara mudah dan cepat belajar irama murotal al-quran, Bani Salim center, Bandung

Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. PT Rosda Karya Remaja, Jakarta, 2011, h. 150.

Nurhayati, E. (2017). Proceedings of the 2nd Annual coference on Islamic center early Childhood Education. Journal : pembelajran Al-Quran dengan metode Ijmaly untuk anak usia Dini, vol,8. Hlm, 20 doi https//journal.uny.ac.id

Mahmud Yunus , Kamus Arab Indonesia (Jakarta : Yayasan Penyelenggara Penafsiran Al Qur’an, 1973) hlm. 94

H Abdul Chaer, Al Qur’an dan Ilmu Tajdwid, (Jakarta : Rineka Cipta 2013), hlm. 12

H Tombak Alam, Ilmu Tajwid. (Jakarta : Hamzah, 2010), hlm 7

Faturahman, Pupuh, (2006). Strategi mewujudkan pembelajaran bermakna menjadi penanaman konsep umum dan konsep islami. PT. Refika Aditama, Bandung

Robert Steinbach, (2008) dalam hamijaya dkk.hlm15.

Estu Eka Budiutami. (2018). Jurnal, Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Dengan menggunakan Media Video “Huruf Huruf Hijaiyah Bersama Diva”bandung

Direktorat Jenderal Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Tahun 2013 Pedoman Kurikulum Taman Kanak-kanak Al Qur’an TKA/TKQ dan Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA/TKA),

Internet:

http://repository.upi.edu/833/6/T_ADPEN_009712_Chapter3.pdf

http://wahyono-saputro.blogspot.com/2011/06/skripsiupaya-guru-meningkatkan_21.html

https://eprints.uny.ac.id/16724/6/BAB%20II.pdf




Flag Counter