Program Kegiatan Coking Class untuk Anak Usia Dini di Kelas Koki Cilik Jakarta

Anisa Nurhapita, Enoh Enoh, Dinar Nur Inten

Abstract


Abstract. his research is motivated by the findings of a problem related to one of the activities of early childhood namely Cooking Class activities whose cooking activities but in the process of these activities still lack children directly in each process from beginning to end. Even though this cooking activity is an appropriate vehicle for early childhood because it is able to foster and enhance children's learning experience directly. At the same time, this activity is able to build children's creativity, introduce food, process food, blend colors, and even train the child's fine motor skills, through the movements of cutting, squeezing, shaping and printing. according to theories about early childhood, the world of children is playing. Play is a learning tool for children. Through play children learn to think, imagine, socialize, speak and develop emotional or moral. In addition there are still many adults who already understand about healthy food patterns but still often buy junk food. This is because since childhood, the majority of children in Indonesia have not been introduced to the concept of healthy food. The research aims to: 1) determine the benefits of cooking class activities for aspects of early childhood development, 2) obtain an overview of cooking class activities programs for early childhood, especially in terms of planning, implementation, evaluation. This research is a descriptive method research with a qualitative approach. The subjects of this research are the Co-Founders, Facilitators and parties involved in the Cooking Class activities in the Jakarta Little Chef Class. The results of the research are related to the cooking class activities program for young children in the Little Chef Class. Data is collected through interviews, observations and documentation studies. From the results of the study it can be concluded that: if it is reviewed in terms of the planning, implementation and evaluation of Cooking Class program activities for Early Childhood carried out in the Little Chef Class can improve aspects of early childhood development especially the development of fine motor children.

Keywords: Early Childhood Activities, Cooking Class, aspects of child development


Abstrak. Penelitian ini dilatar  belakangi oleh temuan masalah yang berkaitan dengan salah satu kegiatan anak usia dini yaitu kegiatan Cooking Class yang kegiatannya memasak namun dalam proses kegiatannya tersebut masih kurang melibatkan anak secara langsung dalam setiap prosesnya dari awal hingga akhir. Padahal kegiatan memasak ini merupakan wahana yang tepat untuk anak usia dini karena mampu menumbuhkan dan meningkatkan pengalaman belajar anak secara langsung. Pada saat yang sama, aktivitas ini mampu membangun kreativitas anak, mengenalkan bahan makanan, mengolah makanan, perpaduan warna, bahkan melatih motoric halus anak, melalui gerakan memotong, meremas, membentuk dan mencetak. menurut teori tentang anak usia dini, dunia anak adalah bermain. Bermain merupakan alat belajar bagi anak. Melalui bermain anak belajar berpikir, berimajinasi, bersosialisasi, berbahasa dan mengembangkan emosional atau moralnya. Selain itu masih banyak orang dewasa yang sudah paham tentang pola makanan sehat namun masih sering membeli junk food. Hal ini disebabkan karena sejak kecil, mayoritas anak-anak di Indonesia tidak dikenalkan dengan konsep makanan yang sehat. Penelitian bertujuan untuk: 1) mengetahui manfaat kegiatan cooking class bagi aspek perkembangan anak usia dini ,2) memperoleh gambaran program kegiatan cooking class bagi anak usia dini terutama dari segi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun Subjek penelitian ini adalah Co-Founder, Fasilitator dan pihak yang terlibat dalam kegiatan Cooking Class di Kelas Koki Cilik Jakarta. Hasil penelitan berkaitan dengan program kegiatan cooking class bagi anak usia dini di Kelas Koki Cilik. Data dikumpulkan melalui proses wawancara, observsi dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian  dapat disimpulkan bahwa: jika di tinjau dari segi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi progrram kegiatan Cooking Class bagi anak Usia Dini yang dilakukan di Kelas Koki Cilik dapat meningkatkan aspek perkembangan anak usia dini terutama perkembangan motorik halus anak.

Kata Kunci: Kegiatan Anak Usia dini, Cooking Class, aspek perkembangan anak


Keywords


Kegiatan Anak Usia dini, Cooking Class, aspek perkembangan anak

Full Text:

PDF

References


Adalila, S. (2010). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini. [Online]. Diakses dari http://sadidadallila.wordpress.com.

Amijaja, A (2007). Fun and Mind Stimulating Things To Do With Your Kids 2-6 Years. Jakarta : Elex Media Komputindo

Aspi, J. (2010). Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia dan Target Capaian PAUD. [online]. Diakses dari http://www.tunasbangsaku-tk/.

Habibie, Putri. 2018. My Little Home Cook. Jakarta: Demedia

Sonoma, Wiliam.2006. Sweet Treats. San Fancisco : Weldon Owen

Masnipal. 2018. Menjadi Guru PAUD Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Wiyani, A. Novan, 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Penerbit Gava Media

Brich, G.G, Cameron, A.C, Spencer, M. (1997). Food Science. U.K : Pregamon International Library.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ke Tiga. Jakarta. Balai Pustaka.

Dirjen PAUDNI. (2013). Pentingnya Edukasi Gizi Sejak Dini. Jakarta. [Online]. Diakses dari http://www.paudni.kemendikbud.go.id/berita/1829.hlm.26

Sujiono, Bambang, dkk. 2005. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka

Sujiono, Bambang, dkk. 2007. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka

Primarasa, Seri Memasak Femina, 2010, Cooking with Kids, Jakarta: Gaya Favorit Press

Sri Wahyuni, Sean Marta, dkk. 2018. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Kegiatan Cooking Class AnakUsia 5- 6 Tahun di TK Melati Pekanbaru. Pekanbaru : Unversitas Lancang Kuning. “Sebuah Jurnal Pendidikan AnakUsia Dini, Vol 2, No 1, Oktober 2018. Diakses dari http://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/download/2005/1246/




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18896

Flag Counter      Â