Persepsi Orang Tua Siswa Terhadap Pembelajaran Membaca, Menulis dan Berhitung di Taman Kanak-Kanak

Siti Supiah, Masnipal Marhun, Dewi Mulyani

Abstract


Abstract. This study aims to obtain a picture of students 'parents' perceptions of learning to read, write and count in kindergarten in Kutanagara and Girimakmur villages. This research uses descriptive analysis methods, data collection techniques using questionnaires and data processing by editing, coding, scoring, tabulation, and percentage. The results of the study illustrate that: 1) parents' knowledge of learning to read, write and count in kindergarten is good and in accordance with the stages of development and learning concepts for early childhood with a percentage of 83.9%;2) the majority of parents disagree with the prohibition of learning to read, write and count in kindergarten with a percentage of 63.6%; 3) the majority of parents agree to the existence of learning to read, write and count in kindergarten with a percentage of 76.74%; 4) the actions of parents so that their children can read, write and attend kindergarten with a percentage of 74.7%; and 6) there are differences in perceptions among students' parents about learning to read, write and count in the Kutanagara Village Kindergarten and Girimakmur Village.

Keywords: Perception, Reading, Writing and Counting

 

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang persepsi orang tua siswa terhadap pembelajaran membaca, menulis dan berhitung di Taman Kanak-kanak Desa Kutanagara dan Desa Girimakmur. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengolahan data dengan cara editing, Coding, skoring, tabulation, dan persentase. Hasil penelitian menggambarkan bahwa: 1) pengetahuan orang tua terhadap pembelajaran membaca, menulis dan berhitung di TK sudah baik dan sesuai dengan tahapan perkembangan maupun konsep belajar untuk anak usia dini dengan persentase 83,9%; 2) sebagian besar orang tua kurang setuju terhadap larangan pembelajaran membaca, menulis dan berhitung di TK dengan persentase 63,6%; 3) sebagian besar orang tua setuju terhadap adanya pembelajaran membaca, menulis dan berhitung di TK dengan persentase 76,74%; 4) adanya tindakan orang tua agar anaknya bisa membaca, menulis dan berhitug di TK dengan persentase 74,7%; dan 6) adanya perbedaan persepsi antar orang tua siswa terhadap pembelajaran membaca, menulis dan berhitung di TK Desa Kutanagara dan Desa Girimakmur.

Kata kunci: Persepsi, Membaca, Menulis, dan Berhitung.


Keywords


Persepsi, Membaca, Menulis, dan Berhitung.

Full Text:

PDF

References


Kuntarto, Eko. (2013).Pedoman Pembelajaran Calistung. Jambi: Depdikbud. Modul Kuliah(diakses: Sabtu, 29 Desember 2018)

Morisson, G.S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Masnipal. (2018). Menjadi Guru PAUD Profesional. Bandung: PT Remaja Posdakarya. Pratiwi. (2015). Pembelajaran Calistung Bagi Anak Usia Dini Antara Manfaat Akademik

Dan Resiko Menghambat Kecerdasan Mental Anak . Yogyakarta. (diakses: kamis, 8 November 2018).

Yus, dkk. (2017). Persefsi Orang Tua Dan Guru Tentang Bermain Dan Belajar Anak Usia Dini . JURNAL TEMATIK Volume 6 No. 4. (diakses: kamis, 8 November 2018)

Walgito, bimo. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: C.V. Andi Offset. Morisson, G.S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks. Masnipal dan Hakim. (2018). Perbedaan Pendapat Pembelajaran Prabaca, Pratulis, Dan

Prahitung Bagi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.

, No. 1 (diakses: Kamis, 3 Januari 2019)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18863

Flag Counter      Â