Pengajaran Pendidikan Karakter Menggunakan Media Boneka Sri di PAUD Bina Insani Kelompok Tk B Tanjungpandan, Belitung

Husna Azifah, Enoh Enoh, Asep Dudi Suhardini

Abstract


Abstract. This research is motivated by describing the application of character education planting using Sri dolls in Paud Bina Insani in one kindergarten group B. This study aims to (1) Know the planning of character education planting using sri doll media, (2) Know the implementation of character teaching using Sri doll media, (3) To find out the evaluation of character learning in teaching characters using Sri doll media.This research is a qualitative descriptive study . The subjects of this study were principals and educators of TK B in Paud Bina Insani. This data Data is collected through observation, interviews, and documentation studies. ulan Technical data analysis used is data collection, data education, data presentation, and conclusion of Triangulation conclusions conducted by explaining the validity of the data using source triangulation and methods.Based on the results of the study that (1) Planning for planting character education can be found in the curriculum, annual programs, rppm, and rpph. (2) The implementation of character teaching using sri doll media can be seen from rpph in the opening activities. (3) Evaluation of character learning using Sri puppet media can be seen in children's daily development notes, records of children's weekly development reports, assessment of classroom conversation instruments, anecdotal notes , masterpiece. From these activities can be found the existence of character education which is the creation of the school's goal of making children into generations of Islamic characters including creativity, enthusiasm, confidence, religious values, enthusiasm, insight, practicing independence, loving the environment, orderly.

Keywords : Media Sri Dolls, Early Childhood, Character Teaching

 

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mendeskripsikan penerapan penanaman pendidikan karakter menggunakan boneka Sri di Paud Bina insani di salah satu kelompok TK B.  Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perencanaan penanaman pendidikan karakter menggunakan media boneka sri, (2) Mengetahui pelaksanaan pengajaran karakter menggunakan media boneka Sri, (3) Untuk mengetahui evaluasi pembelajaran karakter dalam pengajaran karakter menggunakan media boneka Sri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif . Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan pendidik TK B di Paud Bina Insani. Data ini Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. ulan Teknis analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Triangulasi yang dilakukan dengan menjelaskan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian bahwa (1) Perencanaan penanaman pendidikan karakter dapat ditemukan di Kurikulum, program tahunan, rppm, dan rpph. (2) Pelaksanaan pengajaran karakter menggunakan media boneka sri dapat dilihat dari rpph di kegiatan pembukaa, (3) Evaluasi pembalajaran karakter menggunakan media boneka Sri dapat dilihat di catatan perkembangan harian anak, catatan laproan perkembangan mingguan anak, penliaian instrument percakapan di kelas, catatan anekdot, hasil karya. Dari kegiataan tersebut dapat ditemukan adanya pendidikan karakter yaitu terciptanya tujuan sekolah yaitu menjadikan anak menjadi generasi berkarakter islami meliputi kreatif, semangat, rasa percaya diri, nilai religious, semangat, berwawasan, melatih kemandirian, mencintai lingkungan, tertib.

Kata kunci: Media Boneka Sri, Anak Usia Dini, Pengajaran Karakter.


Keywords


Media Boneka Sri, Anak Usia Dini, Pengajaran Karakter.

Full Text:

PDF

References


Bredecamp, (2007), Psikologi perkembangan, Jakarta selatan: Laksana

Dhiene Nurbiana, dkk, 2008, Metode Pengembangan Bahasa, Jakarta: Universitas Terbuka.

Hidayatullah Ahamd, (2007), Ensklopedia Pendidikan Islam, Yogyakarta: B first.

Hildayani rini, Psikologi Perkembangan Anak (2007), Jakarta: Erlangga

Lickona Thomas,(2012), Educating for character mendidik untuk membentuk karakter, Jakarta: Pt bumi aksara.

Masnipal, (2015), Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini; Panduan bagi Mahasiswa Calon Guru & Pengelola Paud Profesional, Bandung: Prodi PG-PAUD Dakultas Tarbiyah & Keguruan Universitas Islam Bandung.

Masnipal, (2018), Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nugraha Ali, (2009), Kurikulum dan Bahan Belajar Tk, Jakarta: Universitas Terbuka.

Novan Ardy Wilyani & Barnawi. (2012). Format PAUD konsep, karakteristik, & Implemntasi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Pidarta Made, (2007), landasan kependidikan, Jakarta: rineka cipta.

Suwarno Wiji, (2008), judul dasar-dasar ilmu pendidikan, Jogjakarta: Ar-ruz media.

Sulianto Joko. (2014). Profil cerita anak dan media menggunakan boneka tangan dalam metode bercerita berkarakter untuk siswa SD. Mimbar Sekolah Dasar. 1 (2): hal. 113-122.

Sugiyono (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18055

Flag Counter      Â