Pengembangan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Tradisional Bakiak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Banjarsari Ciamis

Runi Syaffarida, Dedih Surana, Asep Dudi Suhardini

Abstract


Abstract. This research is motivated by the traditional learning of clogs on early childhood social emotional abilities of the phenomenon of children's social emotional behavior that has not developed optimally. The formulation of the problems of this study are (1) how to plan learning clogs traditional games on the development of children's social emotional abilities in TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Banjarsari, (2) how the implementation of traditional clogs learning games for the development of early childhood social emotional abilities, (3) how to evaluate the effect of traditional clogs learning on the development of early childhood social emotional abilities.This study uses a qualitative approach. The subjects of this study were principals and educators and students at TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Banjarsari. Data collection is done by using observation, interview, and documentation study techniques. Technical data processing used is data collection, data reduction, data presentation and withdrawal of findings. Triangulation is done to explain the validity of the data by using source triangulation and methods.Based on the results of the study that: (1) the planning of learning clogs traditional games on the social emotional abilities of children in TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Banjarsari was carried out well using annual programs, semester programs, rppm and rpph (2) the implementation of clogs traditional learning on social skills children's emotional consists of opening activities, core activities and closing activities, (3) evaluation of the influence of learning clogs traditional games on children's social emotional abilities using assessment techniques namely anecdotal notes and checklist techniques. From this activity it was found that the development of children's social emotional abilities such as cooperation, responsibility, compliance with regulations.

Keywords: traditional clogs games, social emotional, early childhood

 

Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran tradisional bakiak terhadap kemampuan sosial emosional anak usia dini adanya fenomena perilaku sosial emosional anak yang belum berkembang dengan optimal. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) bagaimana perencanaan pembelajaran permainan tradisional bakiak terhadap pengembangan kemampuan sosial emosional anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Banjarsari, (2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran permainan tradisional bakiak terhadap pengembangan kemampuan sosial emosional anak usia dini, (3) bagaimana evaluasi pengaruh pembelajaran permainan tradisional bakiak terhadap pengembangan kemampuan sosial emosional anak usia dini.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan pendidik dan peserta didik di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Banjarsari. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknis pengolahan data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan temuan. Triangulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) perencanaan pembelajaran permainan tradisional bakiak terhadap kemampuan sosial emosional anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Banjarsari dilaksanakan dengan baik dengan menggunakan program tahunan, program semester, rppm dan rpph (2) pelaksanaan pembelajaran permainan tradisional bakiak terhadap kemampuan sosial emosional anak terdiri dari kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup, (3) evaluasi pengaruh pembelajaran permainan tradisional bakiak terhadap kemampuan sosial emosional anak menggunakan teknik penilaian yaitu catatan anekdot dan teknik ceklis. Dari kegiatan tersebut ditemukan adanya pengembangan kemampuan sosial emosional anak seperti kerjasama, bertanggung jawab, taat pada peraturan.

Kata kunci: permainan tradisional bakiak, anak u sosial emosional, anak usia dini


Keywords


permainan tradisional bakiak, anak u sosial emosional, anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Ayudia, Rizky. (2017). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Mellaui Bercerita Di Kelompok B.1 RA AL-Ulya Bandar Lampung. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hurlock, E.B. (2012). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentan Kehidupan. Jakarta: Erlangga

Muhammad, Fadillah. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Novan Ardy Wiyani & Barnawi. (2012). Format PAUD Konsep, Karakteristik, & Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Soekanto, S. (2009). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press

Sujarno. (2010). Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Permainan Tradisional Di Kabupaten Cilacap. Jurnal Partrawidya (Vol.11, No. 1) Hlm.145-147

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Pernada Group

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional




Flag Counter