Pemanfaatan Bahan Bekas dan Bahan Alam Sebagai Media dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Anak Usia Dini

Fitri Khaerul Nisa, Masnipal Masnipal, Adang M Tsaury

Abstract


Abstract. This study aims to provide an overview of the use of used materials and natural materials as a medium of learning in improving the quality of early childhood learning (a study of teachers at Galenia Daycare and Preschool Bandung) to find out about the policy of foundations, used materials and natural materials used, the way the teacher utilizes, its effect on student learning outcomes. This research uses descriptive method which is to get a picture of the use of used materials and natural materials as a medium in improving the quality of early childhood learning. So that the research studied will be described as the results of the questionnaire and the observations of researchers in the field as it is without providing any treatment. The subjects in this study were the teachers at Galenia Daycare and Preschool Bandung. Data collection techniques using questionnaires, interviews, and observations. The results of the data collection were analyzed descriptively. The results of the study illustrate that the resulting conclusion is very good this is explained as follows: (1) the policy of the Galenia foundation regarding the use of used and natural materials there is just that there is no written policy (2)in the use of used materials and natural materials used by the teacher turns out to have a lot of used materials and natural materials used (3) how to utilize used materials and natural materials teachers already know how to use them (4) the effect of the use of used materials and natural materials as a medium for children's learning outcomes was quite very big influence on student learning outcomes.

Keywords: Used and natural materials, quality of learning, early childhood

 

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pemanfaatan bahan bekas dan bahan alam sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran anak usia dini (studi terhadap guru-guru di Galenia Daycare and Preschool Bandung) untuk mengetahui mengenai Kebijakan yayasan, bahan bekas dan bahan alam yang digunakan, cara guru memanfaatkan, pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu untuk memperoleh gambaran tentang pemanfaatan bahan bekas dan bahan alam sebagai media dalam meningkatkan kualitas pembelajaran anak usia dini. Sehingga penelitian yang diteliti akan di deskripsikan sebagaimana dari hasil kuesioner dan  hasil pengamatan  peneliti di lapangan apa adanya tanpa memberikan treatment apapun. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru di Galenia Daycare and Preschool Bandung. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi. Hasil dari pengumpulan data tersebut dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menggambarkan bahwa menghasilkan kesimpulan sangat baik hal ini di jelaskan sebagai berikut: (1)  kebijakan dari yayasan Galenia mengenai pemanfaatan bahan bekas dan alam itu ada hanya saja tidak ada kebijakan secara tertulisnya (2) dalam penggunaan bahan bekas dan bahan alam yang digunakan oleh guru ternyata sudah banyak sekali bahan bekas dan bahan alam yang digunakannya (3) cara memanfaatkan bahan bekas dan bahan alam guru sudah tahu bagaimana cara memanfaatkannya (4) pengaruhnya pemanfaatan bahan bekas dan bahan alam sebagai media terhadap hasil belajar anak ternyata cukup sangat besar pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Bahan bekas dan alam, kualitas pembelajaran, anak usia dini

 


Keywords


Bahan bekas dan alam, kualitas pembelajaran, anak usia dinI

Full Text:

PDF

References


Damayanti, Anissa & Palupi, Warananingtias. 2016. Meningkatkan Perilaku Peduli Lingkungan Anak Melalui Pemanfaatan Barang Bekas (RECYCLE) Pada Anak Kelompok B. Jurnal.

Rohani. 2017. Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Bahan Bekas. Jurnal Vol. 05, No. 02 Juli-Desember 2017

Fauziah, Nadia. 2013. Penggunaan Media Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI –Vol 8, No.1, Juni

Maemunah, Siti. 2015. Kreativitas Guru PAUD Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Bahan Alam. Jurnal Vol: XXII, No. 3, Oktober 2015

Gurnito. 2016. Peningkatan Kualitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter (JIPK)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.17624

Flag Counter      Â