Hubungan antara Pola Asuh dan Islamic Parenting Orang Tua dari Keluarga Sejahtera I dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4 – 6 Tahun di Desa Raharja Tanjungsari

Wulan Andini, Erhamwilda Erhamwilda, Nurul Afrianti

Abstract


Abstract. The background that drives this research is to children's emotional social development is not optimal in accordance with early childhood development, so that will impact on, diversity of parenting styles and Islamic Parenting. The purpose of this study was to determine whether the parenting styles and Islamic Parenting from Keluarga Sejahtera I at Desa Raharja Tanjungsari suggest a link with the development social emotional of childrens 4 – 6 years. Variable in this research is parenting styles and Islamic Parenting is X variable, development social emotional of childrens 4 – 6 years is Y variable. This research uses kuantitatif research. Research method uses correlation method, data collection were taken using a questionnaire with a sample of 128 respondens. Questionnaire data processing, parenting styles that uses by parents from Keluarga Sejahtera I who have children 4 – 6 years at Desa Raharja Tanjungsari, almost a half respondens uses autoritative. A half respondences with childrens 4 – 5 years and almost a half  respondences with childrens 5 – 6 years uses Islamic Parenting. Almost all of respondences with childrens 4 – 6 years, their childrens has high category of social emotional development in  self awareness aspect, a sense of responsibility for self and others, and prosocial act.Based on the analysis of data, it was inferred that correlation coefficient between Islamic Parenting with childrens social emotional development 4 – 5 years, have not a significant relationship. However it has significant relationship to childrens 5 – 6 years. Correlation coefficient between parenting styles with childrens social emotional development of 4 – 6 years, have significant relationship. Thus it can be interpreted on Islamic Parenting has no influences to  childrens 4 – 5 years social emotional development. However it has influences to childrens 5 – 6 years and there is positively correlation between the parenting styles from Keluarga Sejahtera I at Desa Raharja Tanjungsari suggest a link with the social emotional development of childrens 4 – 6 years in 2019. Therefore, more often parents uses good parenting, it can be good influences for childrens social emotional development.

Keyword : parenting styles, Islamic Parenting, social emotional development, childrens 4 – 6 years.

 


Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya anak yang belum optimal dalam melakukan tugas perkembangan sosial emosional yang sesuai dengan usianya, keragaman pola asuh dan Islamic Parenting yang dilakukan orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh dan Islamic Parenting orang tua dari Keluarga Sejahtera I dengan perkembangan sosial emosional anak usia 4 – 6 tahun di Desa Raharja Tanjungsari. Variabel dalam penelitian ini yaitu pola asuh orang tua dan Islamic Parenting yang menjadi variabel X, perkembangan sosial emosional anak usia 4 – 6 tahun yang menjadi variabel Y. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian korelasional, teknik pengumpulan data melalui kuesioner dengan 128 responden. Adapun hasil pengolahan data kuesioner, pola asuh yang dimiliki oleh orang tua dari Keluarga Sejahtera I anak usia 4 – 6 tahun di Desa Raharja Tanjungsari, hampir setengahnya memiliki pola asuh otoritatif. Setengahnya responden orang tua anak usia 4 – 5 tahun dan hampir setengahnya orang tua anak usia 5 – 6 tahun melakukan Islamic Parenting. Hampir semua responden anak usia 4 – 6 tahun yang memiliki perkembangan sosial emosional tinggi pada aspek kesadaran diri, aspek rasa tanggung jawab untuk diri dan orang lain, dan aspek perilaku prososial. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan koefesien korelasi antara Islamic Parenting dengan perkembangan sosial emosional anak usia 4 – 5 tahun, tidak memiliki tingkat hubungan yang berarti. Namun memiliki tingkat hubungan yang cukup pada anak usia 5 – 6 tahun. Koefesien korelasi antara pola asuh dengan perkembangan sosial emosional anak usia 4 – 6 memiliki tingkat hubungan yang cukup berarti. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Islamic Parenting tidak berpengaruh terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 4 – 5 tahun. Namun memiliki berpengaruh terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5 – 6 tahun dan  terdapat hubungan positif antara pola asuh orang tua dari Keluarga Sejahtera I terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 4 – 6 tahun di Desa Raharja Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang tahun 2019. Oleh karena itu, semakin sering orang tua yang melakukan pengasuhan yang memberi pengaruh baik bagi anak akan semakin baik perkembangan sosial emosional anak.

Kata Kunci : pola asuh, Islamic Parenting, perkembangan sosial emosional, anak usia 4 – 6 tahun.


Keywords


pola asuh, Islamic Parenting, perkembangan sosial emosional, anak usia 4 – 6 tahun.

Full Text:

PDF

References


Masnipal. (2015). Bahan Ajar : Dasar Dasar Pendidikan Anak Usia Dini; Panduan Bagi Mahasiswa Calon Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Bandung : Universitas Islam Bandung.

Permendikbud nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

Rachman, M. Fauzi. (2014). Islamic Parenting. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Riati, dkk. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Guru PAUD Volume 4 Nomor 2 Agustus 2016. Serang : Universitas Pendidikan Indonesia.

Santrock, John W. (2011). Masa Perkembangan Anak. Jakarta : Salemba Humanika.

Soetjiningsih. (2012). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Suwaid, M. Nur Abdul Hafidzh. (2010). Prophetic Parenting : Cara Nabi SAW Mendidik Anak. Yogyakarta : Pro-U Media.

Wibowo, Agus. (2012). Pendidikan Karakter. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.




Flag Counter