Meningkatkan Kemampuan Membilang 1-20 melalui Kartu Gambar Bermodifikasi Dadu (Penelitian Tindakan Kelas Kelompok B2 di Ra Ypira Cijerah-Bandung)

Weindiani Weindiani, Erhamwilda Erhamwilda, Dewi Mulyani

Abstract


Abstract: Activity of increasing numeracy ability can be done in various ways such as through drawing cards that can be used to improve numeracy and numeracy skills that represent concrete objects, which can be easily used anywhere according to the theme to be conveyed. This study aims to improve the ability to spell 1-20 using dice-modified image card media in RA YPIRA B2 group. The results obtained were the results before using the dice modified image card media after using the dice modified image card media and then analyzed the numerical ability improvement of 1-20 after using dice modified image card media. This research is a Class Action Research where researchers are directly involved in the research process. The subjects of this study were students from B2 group, amounting to 16 children, consisting of 7 girls and 9 boys. Data collection techniques are carried out by means of observation, performance and documentation. Research instruments are checklist observation guidelines. Data analysis used in this study is descriptive qualitative with percentages. The results showed the ability of numeracy in children of RA RA YPIRA group before using dice modified image card media from 16 children, there were only 42.57% of children who achieved the success indicators in sufficient criteria. The implementation of learning to improve the ability to spell 1-20 in children in group B2 is carried out in 2 cycles, in each cycle consists of two meetings, an effective step in this study in increasing the ability to spell 1-20, namely: (1) Change the classical implementation techniques, (2) Providing rewards with success stickers, (3) Card size changed to 20 × 20 cm, (4) Absence by way of numeracy, (5) adding activities imitating movements, (6) drawing cards made according to the number of groups of children. Ability improvement said 1-20 children in group B2 after using dice-modified gamabar card media, this was evidenced from the results achieved in Cycle I of 16 children reaching 58.25% with good criteria, in Cycle II of 16 children reached 84.53% with excellent criteria, the ability to spell 1-20 in children in B2 groups increases with the indicators of success that 80% researchers want to achieve

Keywords: Early Childhood Education, Spelling Ability, Dice Modified Picture Card.

 

Abstrak: Kegiatan Peningkatan kemampuan membilang dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti melalui kartu gambar yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membilang dan berhitung yang mewakili benda konkrit, yang dapat dengan mudah digunakan dimana saja sesuai dengan tema yang ingin disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membilang 1-20 menggunakan media kartu gambar yang bermodifikasi dadu di kelompok B2 RA YPIRA. Hasil yang didapat merupakan hasil dari sebelum menggunakan media kartu gambar bermodifikasi dadu dengan setelah menggunakan media kartu gambar bermodifikasi dadu dan kemudian dianalisis peningkatan kemampuan membilang 1-20 setelah menggunakan media kartu gambar bermodifikasi dadu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dimana peneliti terlibat secara langsung dalam proses penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B2 yang berjumlah 16 anak, yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, unjuk kerja dan dokumentasi. Instrument penilitian yakni pedoman observasi checklist. Analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan membilang pada anak kelompok B2 RA YPIRA sebelum menggunakan media kartu gambar bermodifikasi dadu dari 16 anak, hanya terdapat 42,57% anak yang mencapai indikator keberhasilan dalam kriteria cukup. Pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membilang 1-20 pada anak kelompok B2 dilaksanakan dalam 2 Siklus, pada setiap Siklus terdiri 2 kali pertemuan, langkah yang efektif dalam penelitian ini dalam meningkatkan kemampuan membilang 1-20 yaitu : (1) Mengubah teknik pelaksanaan secara klasikal, (2) Memberikan reward dengan sticker keberhasilan, (3) Ukuran kartu dirubah menjadi 20×20 cm, (4) Absen dengan cara membilang, (5) menambahkan kegiatan meniru gerakan, (6) kartu gambar dibuat sesuai dengan jumlah kelompok anak. Peningkatan kemampuan membilang 1-20 anak kelompok B2 setelah menggunakan media kartu gamabar bermodifikasi dadu, hal ini dibuktikan dari hasil yang dicapai pada Siklus I dari 16 anak mencapai 58,25% dengan kriteria baik, pada Siklus II dari 16 anak mencapai 84,53% dengan kriteria baik sekali, kemampuan membilang 1-20 pada anak kelompok B2 meningkat dengan indikator keberhasilan yang ingin dicapai oleh peneliti 80%

Kata kunci: Pendidikan Anak Usia Dini, Kemampuan Membilang, Kartu Gambar Bermodifikasi Dadu.

Keywords


Pendidikan Anak Usia Dini, Kemampuan Membilang, Kartu Gambar Bermodifikasi Dadu

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran Ed. Revisi,-cetak 20. Jakarta: Rajawali Pers.

Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Kurikulum TK dan RA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sudono, Anggani. (2000). Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Grasindo.

Sujiono, Yuliani Nuani, dkk. (2012). Modul Ed-1 Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Surana, Dedih. (2017). Modul Islam Disiplin Ilmu PAUD. Universitas Islam Bandung.

Suryana, Dadan, Mahyudin, Nenny. (2013). Modul Ed-1 Dasar-dasar Pendidikan TK. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Yuliani, Nurani Sujiono, dkk. (2012). Modul Ed-1 Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12522

Flag Counter      Â