Analisis terhadap Implementasi Pendidikan Inklusif di PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung

Anita Sari Anwar, Masnipal Marhun, Arif Hakim

Abstract


Abstract : This research aims to provide an overview of the implementation of inclusive education in PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung which includes planning, implementation, and evaluation inclusive education. The implementation of inclusive education in PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung developed guidelines for inclusive PAUD implementation from the Ministry of Education and Culture Republik Indonesia (Kemendikbud RI). PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung is one of the pilot inclusive education for early childhood in Bandung.

This research uses descriptive methods to describe the actual and appropriate implementation of early childhood inclusive in PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung. The subjects of this research were headmaster, teachers, therapists, and parents. Data collection techniques in this research are observation, interviews, and documentation studies. The results of data collection were analyzed qualitatively.

The results of the research describe that implementation is related planning, implementation, and evaluation inclusive education in PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung refers to the guidelines for the implementation of inclusive education from the Ministry of Education and Culture (Kemendikbud RI). Inclusive education planning implemented by  PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung includes guidelines for implementation, guidelines for implementing standards, new student recruitment system, planning individual programs planning (PPI), regular program planning, mainstreaming inclusive education system, and involving expert teams or team teaching. The implementation of inclusive in PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung uses full regular classroom services, pull-out treatment class services, therapy services in schools and therapeutic services at home. Evaluation of inclusive education implemented in PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung a process asssesment of children’s learning outcomes, recording data reporting, and evaluation of inclusive programs that are conducted regularly, namely daily, weekly, quarterly, and semester.

 

Key word : Early Childhood Education, Inclusive, Integrated.

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran terhadap implementasi pendidikan inklusif di PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pendidikan inklusif. Implementasi pendidikan inklusif di PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung mengembangkan panduan penyelenggaraan PAUD inklusif dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI). PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung merupakan salah satu pendidikan inklusif percontohan bagi anak usia dini yang berada di kota Bandung.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan tentang implementasi pendidikan inklusif anak usia dini secara aktual dan sesuai yang ada di PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, terapis dan orang tua. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari pengumpulan data dianalisis secara deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menggambarkan bahwa implementasi terkait perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan inklusif di PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung mengacu pada panduan penyelenggaraan PAUD Inklusif dari Kemendikbud RI. Perencanaan pendidikan inklusif yang diimplementasikan oleh PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung meliputi pedoman penyelenggaraan, pedoman standar penyelenggaraan, sistem penerimaan peserta didik baru, perencanaan Program Pembelajaran Individual (PPI), perencanaan program reguler, sistem pendidikan inklusif mainstreaming, serta melibatkan tim ahli. Pelaksanaan pendidikan inklusif yang diimplementasikan di PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung menggunakan layanan kelas reguler penuh, layanan kelas pull-out treatment, layanan terapi di sekolah dan layanan terapi di rumah. Evaluasi pendidikan inklusif yang diimplementasikan di PAUD Terpadu Kasih Bunda Bandung yaitu penilaian proses hasil belajar anak, pencatatan pelaporan data, serta evaluasi program inklusif yang dilakukan secara berkala yakni harian, mingguan , triwulan dan semester.

 

Kata kunci : Pendidikan Anak Usia Dini, Inklusif, Terpadu.


Keywords


Pendidikan Anak Usia Dini, Inklusif, Terpadu

Full Text:

PDF

References


Dapa, Aldjon, Dkk. (2007). Manajemen Pendidikan Inklusif. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Ketenagaan.

Depdiknas. (2004). Pedoman dan Penyelenggaraa Pendidikan Terpadu/Inklusi. Dit PLB, Ditjen Dikdasmen. Depdiknas Jakarta.

Depdiknas. (2007). Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jakarta: Depdiknas.

Kemendikbud. (2011). Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif (Sesuai Permendiknas No 70 Tahun 2009). Direkorat PPK-LK Pendidikan Dasar. Jakarta.

Kustawan. (2016). Manajemen Pendidikan Inklusif (Kiat Sukses Mengelola Pendidikan Inklusif Di Sekolah Umum & Kejuruan). Cetakan Ke-3. Bandung: Luxima.

Masnipal. (2013). Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional (Pijakan Mahasiswa, Guru, dan Pengelola TK/RA/KB/TPA). Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12014

Flag Counter      Â