Penggunaan Laci Bilangan dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan untuk Kelompok A di PAUD Al Amin

Anisa Amalia Safitri, Enoh Nuroni, Nurul Afrianti

Abstract


Abstract : This research aims to improve the ability to recognize the number concept in Group A Paud Al Amin Lagadar Margaasih Village by using a number drawer media. This research uses collaborative classroom action research methods. The subjects in this research were 18 Paud Al Amin Group A children aged 4-5 years, consisting of 10 girls and 8 boys. Data collection techniques using a check list shaped observation sheet. Data analysis techniques were carried out in a qualitative descriptive manner. The criterion for the success of this study is the average percentage of the ability to recognize the concept of number A children in the number ≥85. The results of this research showed that the average ability to spell children increased to 93.66%. The ability of children to recognize the concept of numbers using number drawer media in the Pre-cycle gained an average percentage of 31.00%, increased in Cycle I to 46.88%, then increased again in Cycle II by 70.22%, and increased again on Cycle III by obtaining an average percentage of 93.66%, so as to achieve the desired success criteria. Principles that are carried out to improve the ability to recognize number concepts in Group A children are; (1) Teachers prepare media drawer numbers, number cards, numeric cards and concrete objects; (2) The teacher prepares students; (3) Teachers introduce and explain media to children; (4) The teacher gives game instructions; (5) The teacher divides children into two groups, each group consists of 9 children; (6) Children are given the opportunity to connect objects with the same number or with the symbol number using a number drawer in front of the class to show the ability to recognize the number concept using the number drawer media.

 

Keywords: Early Childhood Education, Concept of Numbers, Drawer of Numbers.

 

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada Kelompok A Paud Al Amin Desa Lagadar Margaasih dengan menggunakan media laci bilangan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah 18 anak Kelompok A  Paud Al Amin dengan usia 4-5 tahun, yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 8 anak laki-laki Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi berbentuk check list. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini yaitu rata-rata persentase kemampuan mengenal konsep bilangan anak Kelompok A sebesar ≥85. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata kemampuan membilang anak meningkat menjadi 93,66%. Kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan menggunakan media laci bilangan pada Prasiklus memperoleh rata-rata persentase sebesar 31,00% , meningkat pada Siklus I menjadi 46,88%, kemudian meningkat kembali pada Siklus II sebesar 70,22%, dan meningkat kembali pada Siklus III dengan memperoleh rata-rata persentase sebesar 93,66%, sehinga mencapai kriteria keberhasilan yang diinginkan. Prinsip-prinsip yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak Kelompok A adalah: (1) Guru menyiapkan media laci  bilangan, kartu bilangan, kartu angka dan benda kongkrit; (2) Guru menyiapkan peserta didik; (3) Guru mengenalkan dan menjelaskan media pada anak; (4) Guru memberikan instruksi permainan; (5) Guru membagi anak dalam dua kelompok, setiap kelompok terdiri dari 9 anak; (6) Anak diberi kesempatan untuk menghubungkan benda dengan jumlah yang sama atau dengan lambang bilangannya menggunakan laci bilangan di depan kelas untuk menunjukkan kemampuan mengenal konsep bilangan menggunakan media laci bilangan.


Kata kunci: Pendidikan Anak Usia Dini, Konsep Bilangan, Laci Bilangan.


Keywords


Pendidikan Anak Usia Dini, Konsep Bilangan, Laci Bilangan

Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi. Suhardjono. & Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Hariwijaya. 2002 . Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: PT. Gramedia

Izzaty, dkk. 2008 . Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Jawati, Ramaikis. 2013. Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak MelaluiPermainan Ludo Geometri Di Paud Habibul Ummi II. Padang : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. Vol. 1, No.1:263-265.

Kemendiknas. 2010. Kurikulum Taman Kanak-Kanak (Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak). Jakarta : Kementrian Pendidikan Nasional.

Masnipal. (2013). Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional (Pijakan Mahasiswa, Guru, dan Pengelola TK/RA/KB/TPA). Jakarta: Gramedia.

Mudjito. A.K. 2007. Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah. Direktorat Pembinaan Taman Kanak-Kanak Dan Sekolah Dasar.

Mutiah Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana

Susanto Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Sriningsih, Nining. 2008. Pembelajaran Matematika Terpadu Untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11932

Flag Counter      Â