Peningkatan Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Proyek, pada Anak Kelompok B TK IT Bina Insan Mulia

Diana Prihatin Ningsih, Enoh Nuroni, Asep Dudi Suhardini

Abstract


Abstract. This research is backgrounded by the presence of students in group B TK IT Bina Insan Mulia who have problems in responsible attitude. Among the sample positions of responsibility are the majority of the students when they finish the task or finish playing does not return the goods to the original place; the timeliness of school entry most of the students still arrive late on the grounds of oversleeping or lazy; in doing tasks that have been given educators, sometimes students do not finish it until due diligence bored or tired. This condition requires teachers to develop an atmosphere of learning in the classroom to keep it fun and create an appropriate environment for building children's knowledge so that children will be born in the learning motivation. This study aims to improve the attitude of the responsibilities of children aged 5-6 years in group B TK IT Bina Insan Mulia. This research method uses collaborative pattern class action research method, which is carried out for 3 cycles. The subjects of the study were B students of TK IT Bina Insan Mulia, which were 12 students. The research instrument used observation guidance in the form of checklist, anecdotal record, interview with teacher and documentation. Data analysis technique using mixed methode that is qualitative data and quantitative data. The results of this study indicate: (1) Attitudes of children of group B TK IT Bina Insan Mulia can be improved through the learning of project methods; (2) There is an increase in each cycle, in cycle I the slight increase seen, in the second cycle of improvement is clearly visible, most students can develop very well and in the third cycle of improvement is very visible almost all students have developed very well, although there are still a small number of students who are developing; (3) Increased in the child's responsible attitude through treatment in accordance with the learning method and the compiled RPPH. Based on the results of the research, the use of project methods improves the attitude of the child's responsibility in group B TK IT Bina Insan Mulia. The implication of this research is that the use of project method can be one of learning method of child responsibility attitude.

Keywords: Responsibility, Project Method.

 

Abstrak. Penelitian ini di latarbelakangi oleh keberadaan siswa di kelompok B TK IT Bina Insan Mulia yang mengalami masalah dalam sikap bertanggung jawab. Diantara contoh sikap tanggung jawab tersebut adalah sebagian besar siswa ketika selesai mengerjakan tugas atau selesai bermain tidak mengembalikan barang ketempat semula; ketepatan waktu masuk sekolah sebagian besar siswa masih datang terlambat dengan alasan kesiangan atau malas; dalam mengerjakan tugas yang telah diberikan pendidik, terkadang siswa tidak menyelesaikannya sampai tuntas disebabkan bosan atau lelah. Kondisi ini menuntut guru untuk mengembangkan suasana belajar di dalam kelas agar tetap menyenangkan dan menciptakan lingkungan yang sesuai untuk membangun pengetahuan anak sehingga akan lahir motivasi anak dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab anak usia 5 – 6 tahun di kelompok B TK IT Bina Insan Mulia. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas pola kolaboratif, yang dilaksanakan selama 3 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelompok B TK IT Bina Insan Mulia yang berjumlah 12 siswa. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi berupa ceklist, anecdotal record , wawancara dengan guru dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan mixed methode yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Sikap bertanggung jawab anak kelompok B TK IT Bina Insan Mulia dapat meningkat melalui pembelajaran metode proyek; (2) Terjadi peningkatan pada setiap siklusnya, pada siklus I adanya sedikit peningkatan yang terlihat, pada siklus II peningkatan sudah terlihat dengan jelas, sebagian besar siswa dapat berkembang sangat baik dan pada siklus III peningkatan sangat terlihat hampir seluruh siswa sudah berkembang sangat baik, meskipun masih ada sebagian kecil siswa yang mulai berkembang; (3) Terjadinya peningkatan dalam sikap bertanggung jawab anak melalui perlakuan sesuai dengan metode pembelajaran dan RPPH yang tersusun. Berdasarkan dari hasil penelitian, penggunaan metode proyek meningkatkan sikap tanggung jawab anak di kelompok B TK IT Bina Insan Mulia. Implikasi dari penelitian ini yaitu penggunaan metode proyek dapat menjadi salah satu metode pembelajaran sikap tanggung jawab anak.

Kata kunci: Sikap Tanggung Jawab, Metode Proyek.

Keywords


Sikap Tanggung Jawab, Metode Proyek

Full Text:

PDF

References


Ainiyah, S. (2014). Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Peran di Tkit Al-Muhajirin Sawangan Magelang. Skripsi pada FIP UNY Yogyakarta: tidak diterbitkan.

Azerrad, J. (2005). Membangun Masa Depan Anak. Bandung: Nusamedia dengan Nuansa.

Chaillé, C. dan Britain, L. (2003). The Young Child as Scientist A Constructivist Approach to Early Childhood Science Education (third ed.). Oregon: Paperback.

Christianti, M. (2011). “Pembelajaran Anak Usia Dini dengan Pendekatan Proyekâ€. Dinamika Pendidikan No. 02/TA. XVJJJ/September 2011, 127-135.

Hamalik, O. (1990). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni. (2014). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta

Knoll, M. (1997). “The Project Method: Its Vocational Education Origin and International Developmentâ€. Electronic Journal Spring 1997. 34, (3), 59-80.

Lie, A. dan Prasasti, S. (2004). 101 Cara Membina Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak (Usia balita sampai praremaja). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Masnipal. (2014). Dasar Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: UNISBA.

Musbikin, I. (2010). Buku Pintar Paud dalam Perspektif Islami. Yogyakarta: Laksana.

Rohyati. (2015). Peningkatan Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Proyek di Tk Tunas Ibu Kalasan. Skripsi pada FIP UNY Yogyakarta: tidak diterbitkan.

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Suhardjono. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11125

Flag Counter      Â