Implikasi Pendidikan dari QS. Ar-Rahman Ayat 1-4 terhadap Upaya Pembentukan Generasi Qur’ani

Lisna Yuliani, Sobar Alghozal

Abstract


Abstract. Reading the Qur'an and understanding it at this time is very rarely done by young children as the next generation to continue to preserve the Qur'an in which the Qur'an is a guide in human life, especially Muslims. The Qur'an is the Word of Allah who is revealed to the Prophet Muhammad through the angel Gabriel. The generation itself is a human who lives at the same time together, and the formation is education or human coaching. Here the formation is to make the Qur'anic generation. With the foundations of education, especially Islamic education will be the generation of Qur'ani generation. The reality that reinforces the background of the problem becomes the starting point of research content QS.Ar-Rahman verses 1-4 and the phenomenon that occurs at this time there is linkage with education of the Qur'an and the importance of the generation of Qur'ani generation. The starting point leads the research with the title of thesis: Educational implications of QS.Ar-Rahman verses 1-4 on the effort of forming Qur'an generation. The purpose of this study is to find out the opinions of the commentators about QS. Ar-Rahman: 1-4, as well as the essence contained therein, so that from this essence and opinion emerged the formation of Qur'anic generation by strengthened by the opinion of educational experts who didalmnya is the foundations of supportive education in the effort of forming Qur'an generation . The method used in this thesis is descriptive method of analysis. The point is to approach the problem by describing in advance as the initial picture and then after that in the analysis with educational theories. Based on the result of the research, it can be concluded that: In the formation of Qur'anic generation not only formed by itself but didalmnya there are goals, ways, factors that influence, and effort in forming the generation itself. The formation of the Qur'anic generation which didalmnya a lot of things to do in shaping it. So the Qur'anic generation is a guided generation and lives in its daily life based on the content of the Qur'an which is done by method or tool, the method used as a tool in this formation is through exemplary, habituation, execution, advice, attention, testament. In addition, the factors that influence it are environmental factors, in the environment there are family environments, schools and communities. The effort in shaping the Qur'anic generation is through the planned and well-planned effort of beginning the generation of Qur'ani, the participants of the Qur'anic generation and the material to be conveyed in the generation of Qur'ani generation.
Keywords: Al-Qur’an, Qur’anic Generation, Ar-Rahman verses 1-4.


Abstrak. Membaca Al-Qur’an dan memahaminya pada saat ini sangat jarang dilakukan oleh anak-anak muda sebagai generasi penerus untuk terus melestarikan Al-Qur’an yang mana Al-Qur’an ini sebagai pedoman dalam kehidupan manusia khususnya umat Islam. Al-Qur’an adalah kalam Allah Swt yang diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui malaikat Jibril. Generasi itu sendiri ialah manusia yang hidup pada masa nya secara bersama-sama, dan pembentukan ialah pendidikan atau pembinaan manusia. Disini pembentukan itu agar menjadikan generasi yang Qur’ani. Dengan landasan-landasan pendidikan khususnya pendidikan Islam maka akan terbentuknya generasi Qur’ani. Realitas tersebut yang memperkuat latar belakang masalah menjadi titik tolak penelitian isi QS.Ar-Rahman ayat 1-4 serta fenomena yang terjadi pada saat ini ada keterkaitan dengan pendidikan Al-Qur’an dan pentingnya pembentukan generasi Qur’ani. Titik tolak tersebut mengarahkan penelitian dengan judul skripsi: Implikasi pendidikan dari QS.Ar-Rahman ayat 1-4 terhadap upaya pembentukan generasi Qur’ani. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat para mufasir mengenai QS. Ar-Rahman :1-4, serta esensi yang terkandung didalamnya, sehingga dari esensi dan pendapat ini muncul cara pembentukan generasi Qur’ani dengan dikuatkan oleh pendapat para ahli pendidikan yang didalmnya yaitu landasan-landasan pendidikan yang mendukung dalam upaya pembentukan generasi Qur’ani. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif analisis. Maksudnya pendekatan masalah dengan menguraikan terlebih dahulu sebagaimana gambaran awal kemudian setelah itu di analisis dengan teori-teori pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: Dalam uapaya pembentukan generasi Qur’ani tidak hanya membentuk dengan sendirinya tetapi didalmnya ada tujuan, cara, faktor yang mempengaruhi, dan upaya dalam membentuk generasi itu sendiri. Pembentukan generasi Qur’ani yang didalmnya banyak sekali hal-hal yang harus dilakukan dalam membentuknya. Jadi generasi Qur’ani adalah generasi yang berpedoman dan melakukan kehidupan dalam kesehariannya berdasarkan isi Al-Qur’an yang dilakukan dengan metode atau alat, metode yang digunakan sebagai alat dalam pembentukan ini ialah melalui keteladanan, pembiasaan, pelaksanaan, nasihat, perhatian, wasiat. Selain itu faktor yang mempengaruhinya adalah faktor lingkungan, dalam lingkungan ada lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Upaya dalam membentuk generasi Qur’ani adalah melalui upaya yang terencana dan tersusun rapih dari mulai pembentuk generasi Qur’ani, peserta pembentukan generasi Qur’ani dan materi yang akan disampaikan dalam pemebentukan generasi Qur’ani.
Kata Kunci: Al-Qur’an, Generasi Qur’ani, Ar-Rahman ayat 1-4.


Keywords


Al-Qur’an, Generasi Qur’ani, Ar-Rahman ayat 1-4.

Full Text:

PDF

References


Muchtar Adam, Anna Rosdiana. (Tt). Membina Generasi Qur’ani. Bandung: Makrifat Media Utama.

Soegarda Poerbakawatja dan H.A.H Harahap. (1982). Ensiklopedi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.

Sri Minarti. (2013). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.

Zuhairini,dkk. (2004). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9753