Nilai-Nilai Pendidikan dari Qur’an Surat Hud Ayat 120 tentang Tujuan Kisah dalam Al-Qur’an
Abstract
Abstract. The Qur’an as a life guaidance for Muslims, there are some doctrine and education contains, such as knowledge about syari’ah, morals, fiqih and stories. The chaptres in the Qur’an that tells about the stories are so many compared with the champtres that tells about the low, and the story told inside the Qur’an is never fade away from one generation to another so that up until now the Qur’an is used as a guidance for life among the muslims, and today many teachers of islam and muslims in common are stand up for the rights of Islamic teachings and erase. The method used in this research is the analytic description that is focused on the problems that exist in the present, by collecting and interpreting the existing data in the present, by collecting and interpreting the existing data, then analysed. From this research, some conclusions are obtained: that the Qur’an has the purpose, and strengthen the Prophet Muhammad and prove the truth of the message brought by him. Educational values from Uithe purpose of the story in the Qur’an (1) the story in the Qur’an has the purpose to strengthen the heart, streangthen the faith to Allah SWT and as a warning to the believers (2) The story in the Al-Qur’an has ibrah, as a medium to understand mankind in carring out life
Keywords: Stories in the Al-Qur’an, Purpose of the Story, Hud verse 120
Â
Abstrak. Al-Qur’an merupakan Kitabullah yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad Saw untuk dijadikan pedoman hidup umat manusia, dan dalam Al-Qur’an terdapat beberapa pokok-pokok kandungan, di antaranya adalah aqidah, syari’ah, akhlak, fiqih dan kisah-kisah. Ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang membicaraakan mengenai kisah jauh lebih banyak di bandingkan dengan ayat yang membicarakan hukum, dan kisah dalam Al-Qur’an di ceritakan tak kenal oleh waktu maka Al-Qur’an itu dijadikan sebagai pedoman untuk hidup umat muslim, dan pada zaman sekarang banyak ulama-ulama dan umat muslim yang memperjuangkan hak-hak ajaran Islam dan menghilangkan kebatilan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi analitik, yaitu usaha yang tertuju pada masalah yang ada pada masa sekarang, dengan mengumpulkan dan menafsirkan data yang ada pada masa sekarang, kemudian dianalisi. Dari penelitian ini, diperoleh beberapa kesimpulan yaitu : bahwa Al-Qur’an memiliki tujuan kisah, semata-mata tujuan keagamaan, serta untuk mengokohkan Nabi Muhammad dan membuktikan kebenaran risalah yang dibawa olehnya. Nilai-nilai pendidikan tentang tujuan kisah dalam Al-Qur’an: (1)Kisah dalam Al-Qur’an memiliki tujuan untuk meneguhkan hati, mempertebal keimanan kepada Allah SWT dan sebagai peringatan untuk orang-orang yang beriman (2) Kisah dalam Al-Qur’an memiliki ibrah, sebagai media untuk memahamkan umat manusia dalam melaksanakan kehidupan
Kata kunci: Kisah dalam Al-Qur’an, Tujuan Kisah, Hud ayat 120
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Maraghi Mushthafa Ahmad, (1988), Tafsir Al-Maraghi, Semarang: Tohaputra Semarang
az-Zuhaili Wahbah, (2015), Tafsir Al-Munir Aqidah Syari’ah Manhaj (At-Taubah – Yusuf juz 11&12), Jakarta: Gema Insani
Ash-Shiddeqy Hasbi Muhammad Tengku, (2000), Tafsir Al-Qur’an Majid An-Nur, Semarang: PT Pustaka Rizki Putra
Al-Qattan Khalil Manna, (2013), Studi Ilmu-ilmu Qur’an, Bogor: PT Pustaka Litera Antar Nusa
Ashiddieqy Ash Hasbi, (1992), Sejarah Dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an/Tafsir, Jakarta: PT Bulan Bintang
Nunu, Nunung, (2016), Belajar Al-Qur’an Sambil Bermain, Bandung: Penerbit Marja
Sayyid Quthb, (2003), Fi Zhilalil Qur’an, Jakarta: Gema Insani Press
Sudiyono, (2009), Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT Rineka Cipta
Universitas Islam Bandung, (2016), Tafsir Al-Qur’an Juz XII, Bandung: Lemba Studi Islam dan Pengembangan Kepribadian.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9735