Pengelolaan Metode Tilawati dalam Program Tazkiyat Al-Qolb untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di Madrasah Aliyah Al-Istiqomah Cijerah Bandung

Hasna Atiah, Nan Rahminawati, Aep Saepudin

Abstract


Abstract. The Qur'an is the great word of Allah and is the guide of life by all Muslims. Reading the Qur'an can not be origin because it can lead to errors of meaning and meaning of the Qur'an. However, the people of Indonesia with the majority of followers of Islam are still many who can not read the Qur'an. Indonesian Central Bureau of Statistics 2015 informs that 54% of the Muslim population in Indonesia is blind reading the Qur'an. Madrasah Aliyah Al-Istiqomah Cijerah Bandung seeks to provide learning to read Al-Qur'an using tilawati method in Tazkiyat Al-Qolb program. The research method used in this research is descriptive analytic with qualitative approach. The results of this study indicate that: (1) Planning of tilawati method in Tazkiyat Al-Qolb program is equipped with annual program, semester program, syllabus and RPP. (2) The implementation of the method of tilawati in Tazkiyat Al-Qolb program is held every saturday in tahaji (level one), mu'alam (level two) and murottal (level three) at 08.00-10.25. (3) Assessment of tilawati method in Tazkiyat Al-Qolb program is done through process stages and results on face-to-face in class, mid semester assessment (PTS) and final evaluation of semester (PAS).

Keywords: Management, Reading Al-Qur'an, Tazkiyat Al-Qolb Program, Tilawati Method.

Abstrak. Al-Qur’an merupakah firman Allah yang agung dan dijadikan pedoman hidup oleh seluruh kaum muslim. Membaca Al-Qur’an  tidak boleh asal karena dapat menimbulkan penyalahan arti dan makna Al-Qur’an. Namun, masyarakat Indonesia dengan mayoritas pemeluk agama Islam masih banyak yang belum bisa membaca Al-Qur’an. Badan Pusat Statistik Indonesia tahun 2015 menginformasikan bahwa 54% dari populasi umat Islam di Indonesia buta membaca Al-Qur’an. Madrasah Aliyah Al-Istiqomah Cijerah Bandung berupaya memberikan pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode tilawati dalam program  Tazkiyat Al-Qolb. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan metode tilawati dalam program Tazkiyat Al-Qolb dilengkapi dengan program tahunan, program semester, silabus dan RPP. (2) Pelaksanaan metode tilawati dalam program Tazkiyat Al-Qolb dilaksanakan setiap hari sabtu di kelas tahaji (tingkat satu), mu’alam (tingkat dua) dan murottal (tingkat tiga) pada pukul 08.00-10.25.  (3) Penilaian metode tilawati dalam program Tazkiyat Al-Qolb dilaksanakan melalui tahap proses dan hasil pada tatap muka di kelas, penilaian tengah semester (PTS) dan penilaian akhir semester (PAS).

Kata Kunci : Pengelolaan, Membaca Al-Qur’an, Program Tazkiyat Al-Qolb, Metode tilawati.


Keywords


Pengelolaan, Membaca Al-Qur’an, Program Tazkiyat Al-Qolb, Metode tilawati

Full Text:

PDF

References


Abdurrahim, Hasan. 2010. Strategi Pembelajaran Al-Qur`an Metode Tilawati. Surabaya: Pesantren Al-Qur`an Nurul Falah

Afifuddin. 2015. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: IKAPI

Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasana. 2011. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rahminawati, Nan. 2016. Bahan Ajar Manajemen Pendidikan. Bandung: Unisba

Sani, Abdullah Ridwan. 2015. Penjaminan Mutu Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Iman, S. 1997. Manajemen Proyek dari Konseptual sampai Operasional. Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9689