Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Mengikuti Program Muhadharah terhadap Motivasi dalam Mempelajari Islam di SMAN 1 MARGAASIH Kabupaten Bandung

Tiara Lidia Kani, Enoh Nuroni, Muhammad Imam Pamungkas

Abstract


Abstract. One school that gives special attention to Islamic religious education through an extracurricular program is SMAN 1 Margaasih. Muhadharah program at SMAN 1 Margaasih carried to meet the needs of students in the form of containers to develop student potential and provides understanding about Islam. Muhadharah program that motivates studying Islam is tahfidz, tahsin, and dakwah. The approach used in this research is the quantitative approach. The research method used in this research is exposed facto which is correlational that is looking for a relationship between two variables named X and Y using simple statistic method. Based on data analysis conducted by researcher using correlation analysis Rank Spearman got a result, that: There is a strong relationship between student activeness in following a program of muhadharah towards student motivation in studying Islam. The correlation coefficient value obtained is 0.781 with a positive direction. The positive coefficient shows a positive relationship between two variables, the mean is, if the activeness rises then the motivation also goes up, if the motivation goes up the activity also goes up. Activity affects motivation significantly seen from significant value (<0.05). Statistically, the significant value (<0.05) becomes a reference that data can be accounted, because the errors contained in the calculation of data is very small.

Keywords: Activity, Motivation, Learning, Muhadharah

Abstrak. Salah satu sekolah yang memberikan perhatian khusus pada pendidikan agama Islam melalui program ekstrakurikuler adalah SMAN 1 Margaasih. Program muhadharah di SMAN 1 Margaasih diusung untuk memenuhi kebutuhan siswa berupa wadah untuk mengembangkan potensi siswa dan memberikan pemahaman seputar Islam. Program muhadharah yang memberikan motivasi dalam mempelajari Islam adalah tahfidz, tahsin, dan dakwah.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah expost facto yang bersifat korelasional yaitu mencari hubungan antar dua variabel yaitu X dan Y yang menggunakan metode statistika sederhana. Berdasarkan analisis data yang dilakukan peneliti menggunakan analisis korelasi Rank Spearman didapatkan hasil, bahwa: Ada hubungan yang kuat antara keaktifan siswa dalam mengikuti program muhadharah terhadap motivasi siswa dalam mempelajari Islam.  Nilai koefisien korelasi yang didapatkan sebesar 0.781 dengan arah positif. Koefisien yang positif menunjukan hubungan yang positif antara dua variabel, artinya jika keaktifan naik maka motivasi juga ikut naik, apabila motivasi naik maka keaktifan pun ikut naik. Keaktifan mempengaruhi motivasi secara signifikan dilihat dari nilai signifikansi (<0.05). Secara statistik, nilai signifikansi (<0.05) menjadi acuan bahwa data dapat dipertanggungjawabkan, sebab kesalahan yang terdapat dalam perhitungan data sangat kecil sekali.

Kata Kunci: Keaktifan, Motivasi, Pembelajaran, Muhadharah


Keywords


Keaktifan, Motivasi, Pembelajaran, Muhadharah

Full Text:

PDF

References


Adi, Isbandi Rukminto. (2005). Psikologi Sosial dan Ilmu Kesejahteraan Sosial. Jakarta: Grafindo Persada.

Almunawir, Ahmad Warson. (1984). Kamus Al-Munawir: Arab-Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Progresif.

Arief, Armani. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Dalyono. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Munir. (2006). Metode Dakwah. Jakarta: Fajar Interpratama offset.

Sagala, Syaiful. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Grafindo.

Soleh. (1999). Kamus Al-Asri: Kamus Kontemporer. Yogyakarta: Multi Karya Grafika.

Sou'yb, Joesoef. (1996). Agama- Agama Besar di Dunia. Jakarta: PT. Al Husna Zikra.

Sriyono. (1992). Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: (Almunawir, Ahmad Warson, 1984)Rineka Cipta.

Sukmadinata. (2003). Landasan Psikologi Proses. Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun Kamus. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka,

Uno, Hamzah B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Yahya, Muhammad Wildan. (2004). Jurnal Komunikasi Mediator. Bandung: FIKOM-UNISBA.

Yunus, Mahmud. (1990). Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung.