Analisis Program dalam Mengimplentasikan Visi dan Misi di MAN 1 Kota Bandung

Risna Citra Ramadhani, Adliyah Ali, Ayi Sobarna

Abstract


Abstract. Talking about creating the qualified especially education, it can not be separated from vision and mission of the institution itself. The more stronger it vision and mission can produce the qualified of its human resources. The purposes of these research are (1) management planning to get its vision and mission (2) management implementation in order to get the vision and mission (3) the result of the vision and mission achievement. (4) the pro and contra factors in implementing its vision and mission. This researches use study descriptive method with the qualitative approachment. The result of research found by researchers is to know in detail every activity undertaken to achieve its vision and mission. The conclusion of this research is the role of management program in implementing vision and mission has a role as a guidance in making decision and became the foundation for running the education which the aim are gaining the vision and mission of Islamic school. Begin from planning, implementing, and evaluating has already done effectively, eventhough there are many problems and obstacles in management side for extracurricular activity’s place. To create the qualified education it can not be separated from the education vision and mission made by the school organizers. Good cooperation of all citizens of the school in management activities will be able to be realized and achieve optimal educational goals.

Keywords : Management, management program, vision and mission.

Abstrak. Berbicara tentang menciptakan pendidikan yang bermutu maka tak lepas dari visi dan misi dari lembaga pendidikan itu sendiri. Semakin kuat visi dan misinya maka akan semakin berkualitas juga sumber daya manusia yang dihasilkan. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Kota Bandung adalah untuk mengetahui (1) perencanaan pengelolaan dalam mencapai visi dan misinya (2) pelaksanaan pengelolaan agar visi dan misinya bisa tercapai (3) hasil pencapaian keberhasilan visi dan misi tersebut (4) faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan visi dan misinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengggunakan studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang ditemukan oleh peneliti adalah mengetahui dengan rinci setiap kegiatan yang dilakukan untuk mencapai visi dan misinya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peranan pengelolaan program dalam mengaplikasikan visi dan misi MAN 1 Kota Bandung yaitu pengelolaan program memiliki peran sebagai pedoman dalam membuat keputusan dan menjadi dasar untuk menjalankan pendidikan yang muaranya adalah pencapaian visi dan misi madrasah. Mulai dari perencanan, pelaksanaan dan pengevaluasian sudah berjalan dengan efektif, walaupun masih ada kekurangan dan hambatan dari segi pengelolaan untuk tempat kegiatan ekstrakurikuler. Untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas maka tak lepas dari visi dan misi yang dibuat oleh pihak penyelenggara sekolah. Kerjasama yang baik dari seluruh warga sekolah dalam kegiatan manajemen akan mampu terealisasi dan mencapai tujuan pendidikan yang optimal.

Kata Kunci: Pengololaan, pengelolaan program, visi dan misi.

Keywords


Pengololaan, pengelolaan program, visi dan misi.

Full Text:

PDF

References


Afifuddin. 2015. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: IKAPI

Ilahi, M. M. (2009). Manajemen Dakwah. Jakarta: Prenada Media Group.

Karna Sobahi, h. &. (2010). Manajemen Pendidikan. Bandung: CV Cakra.

Manulang, M. (1996). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Muhaimin, S. S. (2009). Manajemen Pendidikan Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Pidarta, M. (2004). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Prof. Dr. H.E. Mulyasa, M. (2015). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rahminawati, Nan. 2016. Bahan Ajar Manajemen Pendidikan. Bandung: Unisba

Saefullah. 2014. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Cv Pustaka Setia.

Sobarna, A. (2017). Management Character Education in Kindergarten. Indonesian Journal of Early Childhood , 9.

Sani, Abdullah Ridwan. 2015. Penjaminan Mutu Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Terry, G. R. (1993). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9544