ANALISIS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI BERBASIS MULTIMEDIA (STUDI DESKRIPTIF PADA KELAS X MIA-1 DI SMAN 1 BALE ENDAH)

Yulianty Rizky Suparlan

Abstract


Situasi belajar yang efektif dan kondusif tentunya dapat tergantung pada bagaimana cara guru mengelola dan mengcreate dengan segala inovasi dan kreativitas guru itu sendiri. Pembelajaran PAI berbasis multimedia merupakan sebuah gebrakan baru dalam dunia pendidikan, karena dalam pembelajaran ini guru menjadi lebih interaktif dan siswa lebih responsif.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut dan mendorong perubahan pada sistem pendidikan di Indonesia, salah satunya dengan pembaharuan beberapa kali kurikulum, hingga yang terakhir menjadi kurikulum 2013. Dalam kurikulum 2013, pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan pendekatan saintifik, yaitu aktivitas yang disebut 5M; 1) mengamati, 2) menanya, 3) mengumpulkan informasi, 4) mengasosiasi, 5) mengomunikasikan hasil. Untuk menciptakan seluruh proses pembelajaran yang aktif dan melibatkan seluruh potensi siswa berdasarkan 5 M tersebut, tentunya guru harus mampu menggunakan media pembelajaran (M. Hosnan, 2014: 31).

Bila diamati fenomena saat ini, tidak sedikit guru dalam pembelajaran di kelas belum menggunakan media dan masih menggunakan sistem pembelajaran konvesional. Maka dari itu dengan kurikulum 2013 guru dituntut untuk mampu mengoperasikan multimedia pembelajaran.

Pemanfaatan multimedia pembelajaran atas pertimbangan di era digital saat ini dunia pendidikan harus mampu bersaing di  bidang teknologi, tuntutan kurikulum 2013, agar siswa tidak jenuh, dan menciptakan efektivitas pembelajaran. Dewasa ini banyak siswa telah melek teknologi. Maka, guru harus dapat mengisi peluang tersebut dengan melibatkan multimedia dalam pembelajaran. Maka SMAN 1 Bale Endah adalah salah satu sekolah yang pembelajarannya menggunakan multimedia, yang ditunjuk langsung oleh Dirjen Dikdasmen terutama pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang dapat menggugah ghirah belajar, keaktifan dan meningkatkan hasil belajar siswa, selain itu guru PAI dan Budi Pekerti yang telah beberapa kali menjuarai lomba kreativitas multimedia pembelajaran. Berdasarkan kondisi tersebut, maka penulis tertarik untuk dapat meneliti lebih dalam mengenai “Analisis Pengelolaan Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Berbasis Multimedia (Studi Deskriptif Pada Kelas X MIA-1 SMAN 1 Bale Endahâ€.


Keywords


PAI BERBASIS MULTIMEDIA

References


Arifin, Zainal. Penelitian Pendidikan, Metode dan Paradigma Baru. 2011. PT. Remaja Rosda Karya. Bandung.

Akbar, Sa’dun. Instrumen Perangkat Pembelajaran. 2013. PT. Remaja Rosda Karya. Bandung

Arikunto, Suharsimi. Pengelolaan Kelas dan Siswa-Sebuah Pendekatan Evaluatif. 1996. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta

Buku Guru : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. 2014. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta

Hosnan, Dr. M. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21, Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. 2014. Ghalia Indonesia. Bogor.

J. Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. 2009. PT Remaja Rosdakarya. Bandung

Madjid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran. 2007. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

_____________. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 2012. PT Remaja Rosdakarya. Bandung

Rusman, dkk. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. 2012. PT Raja Grafindo Persada; Jakarta.

Sadiman, Arif S dkk. Media pendidikan. 2012. PT Raja Grafindo Persada; Jakarta.

Sanjaya, Wina. Media Komunikasi Pembelajaran. 2012. Prenada Media Group. Jakarta.

Zuriah, Nurul. 2008. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. PT Bumi Aksara. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.847