Pengelolaan Program Lima Pilar Pengamalan Nilai-Nilai Agama dan Budaya Bangsa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 7 Bandung.

Muhammad Yogi Rizal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan program lima pilar pengamalan nilai-nilai agama dan budaya bangsa di SMKN 7 bandung. (2) pelaksanaan program lima pilar pengamalan nilai-nilai agama dan budaya bangsa di SMKN 7 bandung. (3) pengawasan program lima pilar pengamalan nilai-nilai agama dan budaya bangsa di SMKN 7 bandung. (4) faktor- faktor pendukung dan penghambat program lima pilar pengamalan nilai-nilai agama dan budaya bangsa di SMKN 7 bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Penelitian dilaksanakan di SMKN 7 Bandung. teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan deskripsi sebagai berikut: (1) perencanaan program lima pilar pengamalan nilai-nilai agama dan budaya bangsa di SMKN 7 bandung dilakukan dengan merencanakan konten program yang mencangkup tujuan program,sarana dan prasarana, personil dan perencanaan pembiayaan. Keempat komponen tersebut direncanakan dengan menganalisis masing-masing kebutuhan dengan musyawarah oleh kepala sekolah dengan melibatkan Waka Bid. Kesiswaan dan guru bidang Agama. (2) pelaksanaan kegiatan pengorganisasian dan pengarahan dalam program lima pilar pengamalan nilai-nilai agama dan budaya bangsa di SMKN 7 bandung ditinjau dari tahap perencanaan, diantaranya meliputi kegiatan yang dilaksanakan di dalam kelas atau di luar kelas dan kegiatan harian maupun bulanan. (3) saat ini, pengawasan yang dilakukan pada program lima pilar pengamalan nilai-nilai agama dan budaya bangsa di SMKN 7 bandung masih di lakukan oleh kepala sekolah secara langsung dikarenakan belum adanya struktur organisasi yang focus pada program ini. (4) faktor-faktor pendukung dan penghambat untuk program ini banyak terdapat pada internal sekolah diantaranya guru dan murid. Saran untuk peneliti selanjtnya agar lebih memperdalam lagi penelitian dalam bidang ini.


Keywords


Pengelolaan, Nilai-Nilai Agama, Budaya Bangsa

References


Daryanto S.S. 1997. Kamus Bahasa Indonesia Lengkap. Surabaya: Apollo.

Adisasmita, Rahardjo, 2011, Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Keempat, 2008, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Daradjat. Z. (1992). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta. Balai pustaka.

Madjid, NurcholishDaryanto S.S. 1997. Kamus Bahasa Indonesia Lengkap. Surabaya: Apollo.

Adisasmita, Rahardjo, 2011, Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Keempat, 2008, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Daradjat. Z. (1992). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta. Balai pustaka.

Madjid, Nurcholish. 2000. Islam Agama Peradaban: Membangun Makna dan Relevansi Doktrin Islam Dalam Sejarah. Paramadina. Jakarta.

Koentjaraningrat. 2000. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sastrohadiwiryo, Siswanto. 2009. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Bandung :

Bumi Aksara.

. 2000. Islam Agama Peradaban: Membangun Makna dan Relevansi Doktrin Islam Dalam Sejarah. Paramadina. Jakarta.

Koentjaraningrat. 2000. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sastrohadiwiryo, Siswanto. 2009. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Bandung :

Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8468