Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Majelis Ta'lim Salman Institut Teknologi Bandung

Andi Zaidan Muammar Qasmal

Abstract


Majelis ta’lim adalah bagian dari pendidikan Islam non formal. Kebanyakan majelis ta’lim berupa kajian atau ceramah dan sasaarannya  orangtua. Majelis ta’lim Salman memiliki kekhasan dalam pelaksanaan pembelajaran PAI yaitu memiliki program-program yang khas dan sasarannya kepada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran PAI. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan yang dilakukan oleh majelis ta’lim Salman, melaksanakan musyawarah terlebih dahulu untuk memilih kepengurusan yang akan merencanakan kegiatan-kegiatan oleh divisi pengembangan potensi peserta Qur’ani dan divisi pelayanan umat; (2) Pelaksanaannya majelis ta’lim Salman memiliki tiga program: majelis ta’lim tahsin centre dan malam bina iman dan taqwa ashabul qur’an program divisi pengembangan potensi peserta Qur’ani dan majelis ta’lim Qur’an tafsir program divisi pelayanan umat; (3) Evaluasi yang dilaksanakan oleh majelis ta’lim Salman, mengevaluasi program yang berjalan, beserta SDM yang berada dalam kepengurusan majelis ta’lim Salman. Evaluasi dilaksanakan tiga bulan sekali oleh kordinator umum yang berkordinasi dengan majelis pertimbangan organisasi dan pengawasan syariah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, menyampaikan saran terkait pembelajaran di majelis ta’lim Salman yaitu dalam pembelajaran PAI di program majelis ta’lim tahsin centre perlu adanya buku panduan agar memudahkan peserta dalam kegiatan pembelajaran.


Keywords


Manajemen, Pembelajaran, Majelis Ta'lim

References


Abdul Qadir Al Bakriy S. (1983). Al-Qur’an dan Pembinaan Insan. Bandung: Al-Ma’rif

A.W. Munawir. (1997). Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Bandung: PustakaProgressif

Djaelani, B. (2013). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat. Widya: Jurnal Ilmiah, 1(2): 100.

Majid, A. (2012). Belajar dan Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Rajarosdakarya.

Marzuki, S. (2012. Pendidikan Non Formal. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Ramayulis. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sauri, S. (2010). Meretas Pendidikan Nilai. Bandung: CV Armico

Sudjana. (2010). Manajemen Program Pendidikan . Bandung: Falah

Usman, H. (2002). Manajemen: teori, praktik & riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8401