Implikasi Pendidikan dari Al-Qur’an Surat Fushshilat Ayat 33-35 Terhadap Tugas dan Tanggung Jawab Guru

Nia Nuraeni

Abstract


Al-Quran sumber pedoman hidup  yang menjadi  rujukan dari  pendidikan. Tugas guru bukan hanya mengajar, mendidik melatih saja tetapi   guru harus memiliki  juga kepribadian-kepribadian yang terdapat dalam Al-Quran. Diharapkan  dapat  menjadi  teladan bagi anak didiknya sehingga anak didik ini menjadi manusia yang berakhlakul karimah. Tujuan Penelitian ini adalah Ingin Mengetahui:  (1) Pendapat para mufasir dan esensi Al-Qur’an Surat Fushshilat ayat 33-35.(2)Implikasi pendidikan dari Al-Qur’an Surat Fushshilat ayat 33-35 dan Pendapat para pakar tentang tugas dan tanggung jawab guru. Kegiatan penelitian ini dilakukan dengan cara mengkaji secara mendalam berbagai tafsir dan buku yang berhubungan dengan pokok masalah penelitian. Hasil penelitian ini adalah  kandungan Al-Al-Qur’an Surat Fushshilat ayat 33- 35 Yaitu  seorang guru harus melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya. dengan esensi (1) Harus ikhlas dalam beramal. (2) Terdapat pengaruh dan perbedaan antara kebaikan dengan keburukan  (3)Akhlak mulia ini hanya ada pada orang yang mampu bersabar. Adapun Implikasi pendidikan : (1) Anak didik selalu melihat orang yang mendidiknya sebagai panutan. Maka guru harus memiliki akhlak yang baik. (2) Sifat-sifat yang harus dimiliki oleh guru agar tugas utama guru  berjalan dengan baik adalah sebagai berikut : (a)Pendidik harus Lemah Lembut. (b)Pendidik harus Bersifat Penyayang.(c) Pendidik harus Mampu sabar dan Pemaaf.


Keywords


Pendidikan, tugas, tanggung jawab, guru

References


Djamarah, Syaiful bahri. 2014.Guru dan Anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Al-Abrasyi, Muhammad Athiyah. 1979. Al-Tarbiyyah al-Islâmiyyah, ter. Bustami AGami dan Djohar Bahry, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. Cet. IV; Jakarta: Bulan Bintang..

Undang-undang RI No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Departemen Agama R.I .2010. Al-Al-Qur’an dan Terjemahnya. Semarang: Toha Putra.