Implikasi dari Al-Qur’an Surat Ibrahim Ayat 24-26 tentang Metode Perumpamaan Terhadap Pembelajaran Aqidah

Wulan Cindriani, Aep Saepudin, Ikin Asikin

Abstract


Al-Qur’an merupakan dasar dari berbagai ilmu pengetahuan dan dijadikan sebagai pedoman dalam pembelajaran. Sepertihalnya diungkapkan didalamnya berbagai macam metode yang digunakan untuk memberikan pengetahuan serta pemahaman kepada manusia. Sebagaimana yang terkandung dalam Al-Qur’an surat Ibrahim ayat 24 -26 mengenai salah satu metode yang diungkapkan yaitu metode perumpamaan. Penelitian ini menggunakan metode deskripftif dengan teknik pengumpulan data studi literatur. Kegiatan penelitian ini dilakukan dengan cara mengkaji secara mendalam berbagai tafsir dan buku-buku yang berhubungan dengan pokok masalah penelitian. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan yaitu : Allah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik yang di ibaratkan seperti orang mukmin yang mempunyai keimanan yang kokoh, yang selalu memberikan manfaat bagi orang lain. Allah membuat perumpamaan kalimat yang buruk seperti pohon yang buruk yang diumpamakan sebagai orang kafir, yang dirinya sendiri tidak berguna bagi orang lain. Metode Perumpamaan Al-Qur’an adalah memperlihatkan sesuatu yang hanya ada dalam pikiran (abstrak) dengan  sesuatu yang dapat dilihat (kongkrit) yang mengacu pada kesan dan perasaan terhadap apa yang dikandungnya.


Keywords


Q.S Ibrahim ayat 24-26, metode Perumpamaan, pembelajaran Aqidah

References


Al-Jauziah, Ibnu. Qoyim. (1993). Al-Amstal Fil Qur'anul Karim.

Anonim . (2003) Undang-Undang no 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Darajat, Zakiyah. (2009). Ilmu Pendidikan Islam. jakarta : Bumi Aksara.

Ismail, M. B. (1991). Dirasat Fi Ulum Al-Qur'an . Kairo: Dar Al-Manar.

Majid, Abdul. (2009). Perencanaaan Pembelajaran : Mengembangkan Standar Kopetensi Guru. bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7638