Implementasi Pembelajaran PAI Berbasis Kreatif Solution pada Sekolah Alam Insan Cemerlang di Katapang-Soreang Kab. Bandung (Studi Deskriptif pada Sisiwa Kelas Tiga)

Vivi Anggraini, Enoh Enoh Enoh, Ayi Sobarna

Abstract


SAIC merupakan sekolah alam yang bercita-cita untuk membangun sekolah unggulan, yang mendidik para siswanya dengan pendidikan yang membentuk karakter keislaman dan membekali para siswanya dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan hidup yang berguna bagi dirinya, masyarakat, negara dan agama Islam. Untuk mencapainya maka diadakanlah proses pembelajaran dengan menggunakan kreatif solution, guna menunjang partisipasi siswa dalam KBM. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran PAI berbasis kreatif solution pada siswa kelas III, dari awal perencanaannya hingga tindaklanjut dari kreatif solution. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekaan kualitatif. Hasil dari penelitian, yaitu; Konsep dasar pembelajaran berbasis kreatif solution yang dilaksanakan oleh guru yaitu guru harus memahami & mengetahui bahwasanya setiap anak memiliki gaya belajar, kemampuan yang berbeda-beda. Implementasi pembelajaran PAI berbasis kreatif solution berupa perencanaan, pelaksanaan hingga penilaian yang dilakukan pada saat proses pembelajaran maka dalam pelaksanaannya guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok sesuai dengan 3 gaya belajar yang terdiri dari: visual, auditori dan kinestetik. Hasil yang diperoleh dari pembelajaran PAI berbasis kreatif solution yaitu para siswa lebih berpartisipasi dalam KBM sehingga pembelajaran PAI menjadi lebih efektif. Tindak lanjut dari pembelajaran PAI berbasis kreatif solution terlihat dari berbagai kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh guru PAI setelah adanya proses evaluasi.

Keywords


Implementasi, PAI, Kreatif Solution, Visual, Auditori, Kinestetik, Pendekatan Kualitatif, deskriptif.

References


Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran . Bandung : Remaja Rosdakarya

Chatib, M. (2014). Sekolah anak-anak Juara (berbasis kecerdasan jamak dan pendidikan berkeadilan). Bandung : Kaifa.

Muhaimin. (2004). Paradigma Pendidikan Islam (upaya mengefektifkan pendidikan Agama Islam di Sekolah). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Rachmawati, y. (2010). strategi pengembangan kreativitas pada anak usia taman kanak-kanak. jakarta: kencana prenada media group.

Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru abad 21. Bandung: Alfabeta

Syukur, F. F. (2010). Menjadi Guru Dahsyat Guru yang Memikat (melalui pendekatan teknologi pikiran bawah sadar hypnoteaching dan NLP). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Tohirin. (2005). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Zain, S. B. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

http://makalahpendidikanislamlengkap.blogspot.co.id/2016/12/ayat-ayat-al-quran-tentang-metode.html

https://aprysilver.wordpress.com/2012/09/06/creative-problem-solving/




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7469