Analisis Pengelolaan Program Pembinaan Muallaf di Pusat Dakwah Islam Jawa Barat

Aldi Noer Firman, Dedih Surana, Asep Dudi S

Abstract


Muallaf  adalah seorang hamba Allah yang baru masuk Islam. Pada saat masuk Islam,Tidak mudah bagi muallaf mendalami ajaran agama Islam secara otodidak. Maka perlu diadakan sebuah pembinaan bagi muallaf agar keimanan muallaf terbina. Oleh karena itu Pusat Dakwah Islam Jawa Barat mengadakan program pembinaan muallaf, bertujuan untuk membantu muallaf dalam meningkatkan pengetahuan keislaman dan keimanan muallaf supaya menjadi seorang muslim yang kaffah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa program pembinaan terdiri dari dua tahapan yaitu proses ikrar syahadat dan pembinaan muallaf. Peserta muallaf terdiri dari 30 orang. Staff pembimbing berjumlah lima orang. Materi yang dipelajari terdiri dari Aqidah, syari’ah, akhlak, dan bacaan Iqra atau Al-Qur’an. Program pembinaan muallaf dilaksanakan setiap hari rabu dan sabtu di mesjid, ruang multimedia, sekretariatan DKM Pusat Dakwah Islam Jawa Barat. Pelaksanaan kegiatan ini menggunakan metode personal approach, ceramah, Talaqqi, diskusi dan konsultasi. Evaluasi terhadap pelaksanaan program pembinaan muallaf ini bahwasannya dalam perencanaan sudah sesuai dengan ketentuan, namun dalam pelaksanaannya kurang efektif. Hal ini disebabkan muallaf tidak intens dalam mengikuti program pembinaan muallaf. Dampak program terhadap muallaf, muallaf bertambah pengetahuannya tentang ajaran agama Islam, keimanannya menjadi istiqomah dan mendapatkan komunitas baru.


Keywords


Pengelolaan, Program, Pembinaan, Muallaf.

References


Ali Imron. (2013). Proses Manajemen tingkat satuan pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Kania Eka Putri. (2016). Pengelolaan Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an Dengan Sistem Halaqah. Skirpsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam bandung : Tidak di terbitkan.

Kementrian Agama RI. (2012) Materi Bimbingan Muallaf Pada Muslim Pemula (Muallaf). Jakarta: Direktorat Penerangan Agama Islam.

M. Abdul Mujieb Mabruri Tholhah Syafi’ah AM. (2010). Kamus Istilah Fiqih. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Mangunhardjana. (1986). Pembinaan Arti dan Metodenya. Yogyakarta : Kanisius.

Meity Taqdir Qodratilah. (2011). Kamus Bahasa Indonesia Untuk Pelajar. Jakarta Timur : Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa jalan Daksinapati Barat IV.

Sudjana, Djudju. 2008. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zakiah Drajat. (1970). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.