Efektivitas Metode Cordobana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Al-Qur’an (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X-E di SMA Sumatra 40 Bandung)

Maroha Salae, Erhamwilda Erhamwilda Erhamwilda, Adang Tsauri

Abstract


Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam. Umat Islam harus mampu membaca dan memahami kandungan Al-Qur’an. Kegiatan membaca Al-Qur’an dapat ditemukan dalam berbagai kegiatan dan dengan berbagai metode membaca Al-Qur’an. Salah satu metode yang berkembang saat ini adalah Metode Cordobana. Peneliti menggunakan di SMA Sumatra 40. Hal ini diharapkan agar siswa SMA tersebut bisa membaca dan mengkaji al-Qur’an. Adapun pertanyaan sebagai peneliti ingin dijawab (1). Bagaimana kondisi awal kemampuan siswa kelas X-E dalam membaca Al-Qur'an sebelum diberikan Metode Cordobana? (2). Bagaimana kondisi akhir kemampuan siswa kelas X-E dalam membaca al-Qur’an setelah diberikan Metode Cordobana? (3). Apakah penggunaan Metode Cordobana dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas X-E dalam membaca Al-Qur’an? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi awal dan kondisi akhir kemampuan siswa kelas X-E dalam membaca al-Qur'an sebelum dan setelah  diberikan Metode Cordobana. Metode peneliti yang digunakan yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas dengan Colaboratif. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil penelitian yaitu: (1).Kondisi awal Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas guru mata pelajaran al-Qur’an menggunakan metode ceramah. (2) Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan sebanyak tiga siklus dan pelaksanaananya sesuai dengan perancanaan yang diwujudkan dalam bentuk (RPP) yang telah dirancang dan disusun oleh peneliti, dan Metode Cordobana selalau tercermin pada setiap siklus dalam Penlitian Tindakan kelas (PTK) ini. (3). Hasil pembelajaran membaca al-Qur’an dengan Metode Cordobana menunjukan peningkatan pada kemampuan membaca pada siswa.


Keywords


Efektivitas belajar membaca Al-Qur’an.

References


Al-Qattan, Manna Khalil. (2013). Studi Ilmu-Ilmu Qur’an. Bogor: Pustaka litera AntarNusa.

Arief Armai, (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengambangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bandung: Rineka Cipta.

Darajat, Zakiah. (1987). Islam Untuk Disiplin Ilmu Pendidikan, Jakarta: Bulan Bintang,

Djamarah, Bahri Syaiful. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathin. (2014). Metode Cordobaba Sistem Tiga Hari. Bandung.

Kunandar. (2010). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Raja Grafindo Persada. L.G.N.S.

Ridwan Abdullah, (2013). Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta

Suharsimi. Dkk, (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyono Dan Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran “Teori Dan Konsep Dasar”. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Wiraatmadja, Rochiati. (2006). Metode penelitian tindakan kelas: untuk meningkatkan kinerja guru dan dosen. Bandung: UPI Remaja Rosdakarya.