Analisis Pengelolaan Program Pembinaan Keagamaan Terhadap Pasien Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung
Abstract
Rumah Sakit Islam adalah sebagai salah satu lembaga dalam bidang layanankesehatan yang khas (Keagamaan) memiliki tugas untuk mengimplementasikan syariat Islam dalam berbagai layanannya. Salah satu layanannya adalah pembinaan keagamaan Islam yang berlandaskan Al-Qur’an dan hadist Nabi SAW.Programpembinaan keagamaan pada pasien di rumah sakit Islam melalui bimbingan rohani, sebagai salah satu bentuk pendidikan agama Islam yang dilakukan di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung (RSMB) dengan tujuan untuk meningkatkan keimanan seseorang kepada Allah SWT dalam mempercepat kesembuhanpasien. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi untuk memecahkan masalah dan memaparkan apa adanya tentang hasil dari penelitian.Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian wawancara, observasi dan studi dokumentasi yaitu (1) perencanaan program bimbingan rohani pada pasien Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung terdiri dari: menentukan pembagian tugas Pembina rohani, bahwa tupoksi (tugas pokok dan fungsi) dan uraian tugas-tugas pembina rohani berdasarkan status kepegawaian.(2)langkah-langkah pelaksanaan bimbingan rohani sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung. Metode yang dipakai metode lisan atau langsung. Materi yang dberikan berupa akidah, akhlak, ibadah dan doa. (3) pengawasan langsung dan pengawasan tidak langsung. Â
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Brantas (2009) Dasar – Dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta
http://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/view/206
Rahminawati,Nan (2015). Manajemen Pendidikan. Diktat Bahan Ajar
Aat Syafaat (2008). Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Kenakalan Remaja (Juvenile Delinguency), Jakarta: Rajawali Perss.
T. Hani Handoko (2001), Pengantar Manajemen. Yogyakarta: BPFE
Usman Nurdin (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Bandung:Alfabeta
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7169