Analisis Program Pembinaan Keagamaan bagi Anak Juara Penerima Beasiswa Ceria Rumah Zakat di Cimahi Utara

Hasni Nurlaela, Enoh Enoh Enoh, Eko Surbiantoro

Abstract


Rumah Zakat adalah salah satu lembaga zakat yang peduli dengan persoalan pendidikan bagi anak yang kurang mampu, yaitu dengan memberikan solusi melalui programnya pembinaan dan penyaluran beasiswa ceria. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawacara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian diperoleh beberapa kesimpulan yaitu: (1) latar belakang diadakan program pembinaan keagamaan yaitu Rumah Zakat memberikan solusi kepada anak yang kurang mampu dan berprestasi yang bertujuan agar menjadi generasi muda yang berakhlak mulia serta berprestasi (2) program pembinaan keagamaan dilaksanakan 1 bulan 2 kali meliputi kegiatan indoor dan outdoor dengan menggunakan 2 pola pembinaan yaitu sesi pos to pos dan sesi klasikal. Materi pembinaan adalah Al-Qur’an, Sejarah, Akidah, Ibadah dan Akhlak. Metode yang digunakan adalah diskusi, tanya jawab, pembiasaan. Media yang digunakan berupa buku pemantau shalat, kliping, pohon impian. Evaluasi yang dilakukan adalah ujian tulis dan ujian praktek (3) hasil dari program pembinaan keagamaan dilihat dari perkembangan capaian shalat, hafalan al-qur’an dan doa anak yaitu mengalami perkembangan disetiap aspeknya (4) faktor pendukung selama proses pembinaan adalah tujuan dari program pembinaan, subjek, materi dan metode pembinaan sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya minat anak usia SMA dalam mengikuti pembinaan.


Keywords


pembinaan keagamaan, penerima beasiswa

References


Amin. (2010). Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah.

Hariyanto. (2004). Direktori Beasiswa Pendidikan Dasar, Menengah, dan Tinggi Dalam Luar Negeri. Jakarta.

Nasih, A. M. (2009). Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Refika Adimata.

Nata, A. (2005). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Gaya Media Pratama.

Qomar, M. (2015). Dimensi Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Rahminawati, N. (2015). Diktat Mata Kuliah Manajemen Pendidikan Sekolah. Bandung.

Shaleh, A. R. (2005). Pendidikan Agama & Pembangunan Watak Bangsa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Syafaat, A. (2008). Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Kenakalan Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Umar, B. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah