Analisis Terhadap Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan Sekolah Gratis (Studi Deskriptif di Madrasah Aliyah Karya Madani Cipeundeuy Bandung Barat )

Wulan Nurul Azizah, Erhamwilda Erhamwilda Erhamwilda, Fitroh Hayati

Abstract


Madrasah Aliyah Karya Madani merupakan salah satu sekolah gratis, dimana seluruh siswa tidak diwajibkan untuk membayar biaya pendidikan dengan harapan para siswa tetap bisa mengenyam pendidikan tanpa terhalang oleh biaya.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan faktor penghambat dan pendukung pembiayaan pendidikan sekolah gratis di Madrasah Aliyah Karya Madani. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah perencanaan pembiayaan pendidikan di Madrasah Aliyah Karya Madani sama dengan perencanaan pembiayaan di sekolah lain yaitu mengacu pada RAPBS/M, kegiatan tetap berjalan meskipun tidak ada dana. Sumber pembiayaan Madrasah Aliyah Karya madani yaitu BOS, infak dari masyarakat dan bantuan siswa miskin untuk pribadi siswa. Strategi yang dilakukan oleh Madrasah Aliyah Karya Madani untuk mencari dana yaitu  mempromosikan madrasah lewat dakwah karena pembina yayasan merupakan seorang DAI. Pelaksanaan pembiayaan mengalir sesuai dengan prosedur yang berlaku, yaitu mengacu pada RAPBS/M. Evaluasi yang dilakukan berupa pengawasan yang dilakukan terhadap anggaran, sarana prasarana, kas dan rencana pendapatan dan pengeluaran. Pewangasan dilakukan pada awal tahun ajaran, saat kegiatan berlangsung dan akhir tahun ajaran. Faktor penghambat pembiayaan ketika dana BOS belum turun. Faktor pendukung pembiayaan yaitu yayasan selalu mendukung dalam pembiayaan, adanya dana BOS dan infak dari masyarakat.


Keywords


pembiayaan pendidikan, sekolah gratis

References


Darmawan, Deni. (2015). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

E-book: Michael Norton, Menggalang Dana: Penuntun bagi Lembaga Swadaya Masyarakat dan Organisasi Sukarela di Negara-Negara Selatan, (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2002) hlm. 56-57.

Fattah, Nanang. (2004). Ekonomi Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Harsono. (2007). Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan. Yogjakarta: Pustaka

Book Publisher.

Mulyono. (2010). Konsep Pembiayaan Pendidikan. Yogayakarta: Ar-Ruzz Media.

_______. (2016). Konsep Pembiayaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Mustari, M. (2015). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.