Konsep Ilmu menurut Imam Al-Ghazali dan Implikasinya terhadap Etika dalam Menuntut Ilmu

Asep Ahmad Sobari, Sobar Al-Ghazal, Asep Dudi Suhardini

Abstract


Abstrak. Al-Ghazali sebagai cendikiawan muslim yang perjalanan intelektualnya berujung pada pengkajian tasawuf setelah sekian lama ia berjuang untuk mendapatkan kebenaran yang hakiki. Hasil dari perjuangannya tersebut, akhirnya ia merancang sebuah konsep ilmu berdasarkan pemahaman tasawufnya yang dibangun atas dasar wahyu. Sebab pada masa itu kebanyakan ragam pemikiran ilmu yang berkembang dikaji berdasarkan rasio. Dari rekam jejaknya selama menempuh pendidikan ia selalu memperhatikan nilai-nilai akhlak sehingga pada ujung perjalanan intelektualnya ia telah mendapatkan berbagai pelajarannya pada masa uzlahnya. Dari perilaku uzlahnya banyak sekali nilai etika yang ditanamkan dalam menempuh pembelajaran dan perenungan hingga akhirnya ia mencapai pada titik terang kebenaran. Berdasarkan rekam jejak dan pemikiranya, telah mendukung adanya penelitian dengan masalah “Bagaimana Implikasi Konsep Ilmu Imam Al-Ghazali terhadap Etika Menuntut Ilmu? Peneliti menggunakan metode studi kepustakaan dengan menggunakan teknik penelitian book survey. Analisis yang digunakan menggunakan analysis content. Konklusi penelitiannya adalah konsep ilmu al-Ghazali mempunyai implikasi terhadap etika dalam menuntut ilmu, yaitu: (1) Etika murid terhadap dirinya, dimana seorang murid harus bisa menempatkan dan memantaskan dirinya untuk menuntut ilmu; (2) Etika murid terhadap gurunya, merupakan suatu penghormatan seorang murid terhadap guru sebagai orang yang dipilih untuk membimbing dalam menuntut ilmu; (3) Etika murid terhadap ilmunya, yang mana seorang murid harus bisa memanfaatkan ilmunya dan mengamalkannya dengan cara tidak merendahkan ilmu yang dia miliki maupun ilmu yang belum dia miliki.


Keywords


Ilmu; Etika; Menuntut

References


Abdullah, Yatimin, (2007)., Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Qur’an., Jakarta: Amzah

Al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad, (1999), Adab Beruzlah, terj. Muhammad Al-Baqir, Bandung: Karisma

Al-Ghazali, Imam Abu Hamid, t.t., Minhaj Al-‘Abidin, ed. Mamud Musthafa Al-Halawi, Beirut: Dar Al-Kutub

Al-Ghazali, Imam, (1964)., Mi’yar Al-‘Ilm, ed. Sulaiman Dunya, Mesir: Dar Al-Ma’arif

__________, (1964)., Mizan Al-‘Amal, ed. Sulaiman Dunya, Mesir: Darul Ma’arif

__________, (1964)., Misykah Al-Anwar, ed. Abu Al-‘Ali ‘Afifi, Tursina: Maktabah Al- ‘Arabiyyah

__________, t.t., Ihya’ ‘Ulum Ad-Din, Jilid I, Semarang: Thaha Putera

__________, (2012), Minhajul ‘Abidin, ed. Abul Hiyadh Surabaya: Mutiara Ilmu

__________, (2008), Rasa’il Al-Ghazali, Jilid I, terj. Kamran A. Irsyad, Jakarta: Diadit Media

__________, (2008), Rasa’il Al-Ghazali, Jilid II, terj. Kamran A. Irsyad, Jakarta: Diadit Media

__________, (1963), Ihya’ ‘Ulumuddin, Jilid I ed. Malik Karim Amrullah, Jakarta

__________, (2011), Ihya’ ‘Ulumuddin, Jilid I, terj. Purwanto, Bandung: Marja

__________, (2011), Ihya’ ‘Ulumuddin, Jilid III, terj. Purwanto, Bandung: Marja

Anwar, Saeful, (2007), Filsafat Ilmu Al-Ghazali, Bandung: Pustaka Setia

Asy’ari, Hasyim, 1415 H, Adab Al-‘Alim wa Al-Muta’allim, Jombang: Maktabah Al-Turtsi Al- Islami

Az-Zarnuji, Syeikh, (2009), Ta’lim Al-Muta’allim, terj. Abdul Kadir Al-Jufri, Surabaya: Mutiara Ilmu

Bakhtiar, Amsal, (2016), Filsafat Ilmu, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Departemen Agama, (2009), Terjemah Al-Qur’an Al-Karim, Bandung: Sygma

Effendi, Rahmat, (2013)., Memperbaiki Gonjang-Ganjing Akhlak Bangsa., Bandung: Pustaka Al-Fikriis

Husaini, Adian, (2013), Filsafat Ilmu Perspektif Barat Dan Islam, Jakarta: Gema Insani

Iqbal, Abu Muhammad, (2013), Konsep Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan, Madiun: Jaya Star Nine

Kandu, Amirullah, (2010), Ensiklopedi Dunia Islam, Bandung: Pustaka Setia

Muhammad, Abu Hamid, (2002)., Ar-Risalah Al-Laduniyyah, Yogyakarta: Pustaka Sufi

Muhdlar, Ahmad Juhdi, t.t., Kamus Al-‘Ashr, Cet VIII, Yogyakarta: Multi Karya Grafika

Qodratillah, Meity Taqdir, (2011)., Kamus Bahasa Indonesia untuk Pelajar., Jakarta: BadanPengembangan Dan Pembinaan Bahasa

Sahar, Ahmad, (2003), Pandangan Al-Ghazali Dan Emile Durkheim Tentang Pendidikan Moral Dalam Masyarakat Modern, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga

Sarwono, (2006), Metodepenelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Yogyakarta: Graha Ilmu

Sugiyono, (2015), Metode Penelitian Kombinasi, Bandung: Alfabeta

Sukur, (2011), Ilmu Ladunni dalam Perspektif Al-Ghazali, Riau: UIN Sultan Syarif Kasim

Syafi’i, Imam, (2000), Konsep Ilmu Pengetahuan dalam Al-Qur’an, Yogyakarta: UII Press

Tafsir, Ahmad, (2004), Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6981