Efektivitas Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Metode Make A Match dalam Mengenal Malaikat dan Tugasnya

Mochamad Rahmatulloh Syaeful Islam

Abstract


Pengajaran bertujuan untuk mencapai hasil belajar yang maksimal melalui berbagai pendekatan yang sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Menurut Oemar Hamalik (2006:30) hasil belajar adalah bila seseorang telah belajar akan terjadi perubahan tingkah laku pada orang tersebut, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu, dan dari tidak mengerti menjadi mengerti. Banyak kalangan pelajar menganggap bahwa belajar adalah aktivitas yang tidak menyenangkan, duduk berjam-jam dengan mencurahkan perhatian dan pikiran pada suatu pokok bahasan, baik yang sedang disampaikan guru maupun yang sedang dihadapi di  meja belajar. Kegiatan itu hampir selalu dirasakan membosankan daripada upaya aktif untuk memperdalam ilmu.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode Make a Match dalam mengenal Malaikat dan Tugasnya di kelas IV SD Negeri Lembang 11, (2) Aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode Make a Match di  kelas IV  SD Negeri  11  Lembang  dalam mengenal Malaikat dan Tugasnya, dan (3) Efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran PAI melalui metode Make a Match di kelas IV SD Negeri 11 Lembang dalam mengenal Malaikat dan Tugasnya.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif análisis dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes dan studi dokumentasi. Sampel atau yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV yang berjumlah 30 siswa.

Berdasarkan hasil penelitian, data yang diperoleh antara lain: (1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode Make a Match dalam mengenal Malaikat dan Tugasnya di kelas IV SD Negeri 11 Lembang yaitu dengan merancang perencanaan tertulis berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan kompetensi Dasar (KD) memahami makna iman kepada Malaikat-Malaikat Alloh SWT yang dimulai dengan siklus 1 sampai dengan siklus 3 sesuai dengan kemampuan siswa dan hasil belajarnya dapat meningkat serta mencapai tujuan yang diharapkan dengan mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) serta membuat perangkat pembelajaran berupa: (a) Soal tes awal (pre test) yang digunakan untuk mengetahui kemampuan awal yang siswa miliki, (b) Buku paket Pendidikan Agama Islam yang digunakan sebagai alat untuk latihan siswa  pada setiap selesai pembelajaran, (c) Soal tes akhir (post test) yang digunakan untuk mengetahui kemampuan akhir siswa setelah melakukan dan mengikuti proses pembelajaran yang dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung, (d) Lembar observasi kemampuan siswa yang dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung. (2) Aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode Make a Match di  kelas IV  SD Negeri  11  Lembang  dalam mengenal Malaikat dan Tugasnya dilaksanakan dalam 3 siklus yang mengacu kepada RPP yang telah disusun oleh peneliti untuk menghasilkan peningkatan kemampuan dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, dan (3) Efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran PAI melalui metode Make a Match di kelas IV SD Negeri 11 Lembang dalam mengenal Malaikat dan Tugasnya menjadi lebih efektif. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang meningkat pada setiap siklusnya, yaitu pada siklus 1 hasil belajar siswa masih teergolong rendah dengan perolehan nilai rata-rata 65, pada siklus 2 hasil belajar siswa meningkat dengan perolehan nilai rata-rata 74 dan pada siklus 3 meningkat dengan perolehan nilai rata-rata 80 dari 30 siswa.  


Keywords


Efektivitas Pembelajaran, Metode Make a Match dan Pendidikan Agama Islam

References


Hamalik, Oemar. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Lorna Curran. (1994). Metode Pembelajaran Make a Match. Jakarta: Pustaka Belajar

Mirnawati. (2010). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Tgt (Team Games Tournament) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Di Smp Negeri 18 Malang. Skripsi. Fakultas Ekonomi UM.

Rusman. (2011). Model- Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6952