Pengelolaan Pembelajaran Al-Qur’an dengan Menggunakan Metode Ummi (Studi Kasus pada Siswa SDIT Itqan Bandung)

Dea Yuriska, U. Saifuddin ASM, Asep Dudi Suhardini

Abstract


Kemampuan membaca Al-Qur’an secara tartil merupakan bagian terpenting dalam pendidikan Islam. Dalam hal ini, Pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Itqan Bandung adalah perubahan kognitif dan afektif melalui proses belajar berdasarkan nilai-nilai Al-Qur’an. Kemampuan siswa SDIT Itqan Bandung dalam membaca Al-Qur’an sudah baik, tetapi tingkat konsentrasi siswa dalam belajar masih rendah. Oleh karena itu, melalui metode Ummi, proses pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Itqan Bandung diharapkan dapat menjadikan siswa mampu membaca Al-Qur’an secara tartil dan berakhlakul karimah. Dari fenomena tersebut, maka penulis menyusun rumusan masalah ke dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut: Bagaimana perencanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Ummi di SDIT Itqan Bandung? Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Ummi di SDIT Itqan Bandung? Bagaimana penilaian pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Ummi di SDIT Itqan Bandung? Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, kemudian analisa data dilakukan melalui pendekatan kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran Al-Qur’an metode Ummi dibuat dalam bentuk tulisan, tetapi perencanaan tersebut belum berupa dokumen tertulis. Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an metode Ummi memberikan pengaruh perubahan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an dan sikap siswa dalam belajar Al-Qur’an baik yang bersifat positif atau negatif. Penilaian pembelajaran Al-Qur’an metode Ummi merupakan bentuk evaluasi yang dilakukan para guru untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menguasai ilmu tajwid yang mendasar misalnya mad thabi’i, dan lain sebagainya. 

 

The ability to read the Qur'an with tartil is an important part in Islamic education. In this case, learning the Qur'an in SDIT Itqan Bandung is the change in cognitive and affective through  a learning process based on the values of the Qur'an. The ability of the students SDIT Itqan Bandung in reading the Qur'an is good, but the level of concentration of students in learning is  still low. Therefore, through the method of Ummi, the process of learning the Qur'an in SDIT Itqan Bandung expected to make students able to read the Qur'an with tartil and has a noble behavior. Of the phenomenon, the authors formulate the problem in the form of questions as follows: How does planning for learning the Quran by using method Ummi in SDIT Itqan Bandung? How is the implementation of learning the Quran by using the method Ummi in SDIT Itqan Bandung? How is assessment of learning the Quran by using the method Ummi in SDIT Itqan Bandung? The method used is descriptive and techniques of data collection by interview, observation and documentation, then the data analysis is done through a qualitative approach. The conclusion of this study is Quran learning plan with Ummi method made in writing, but those plans have not been in the form of a written document. Implementation of learning the Quran by Ummi methods influence change students' skills in reading the Qur'an and the attitude of the students in learning the Qur'an whether they are positive or negative. Assessment of learning Quran with Ummi method is a form of evaluation by teachers to determine students' ability to master the science underlying tajwid eg thabi'i mad, and so forth.


Keywords


Ummi Method, Tartil, Changes in Cognitive and Affective

References


Ahmad, Muhammad Abdul Qadir. 2008. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Rineka Cipta.

An-Nahlawi, Abdurrahman. 1989. Prinsip dan Metode Pendidikan Islam. Bandung: Diponegoro

Hakiim, Lukmanul. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Itqan Islamic School. PSB Online. Tersedia: http://www.psb.sekolahitqan.sch.id

Syarifuddin, Ahmad. 2004. Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani Press.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2014. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Imtima

Ummi Foundation. 2007. Modul Sertifikasi Guru Al Qur’an Metode Ummi. Surabaya.

Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6170