Efektivitas Metode Cordobana untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas V di SDN 2 Sudimampir Bandung Barat Tahun Akademik 2016/2017

Haditsa Qur'ani Nurhakim, Aep Saepudin, Alhamuddin Alhamuddin

Abstract


Abstrak. Kemampuan membaca Al-Qur’an secara fasih (benar) merupakan hal mendasar yang harus dimiliki setiap muslim. Rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di sekolah dasar dipengaruhi oleh metode dan cara mengajar guru dan motivasi siswa yang rendah . Oleh karena itu, melalui penerapan metode cordobana diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode cordobana. Penelitian ini dilakukan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sudimampir dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan wilcoxon dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode cordobana mampu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa secara signifikan. Rekomendasi kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lebih lanjut dan komprehensif tentang tema meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an.

Abstract. The Ability of reading Quran accurately is fundamental for everyone Muslims. The lack of ability in reading Quran of elementary school students is affected by in appropriate teachers' teaching methods and students’ low motivation. Therefore, by using the Cordobana methods is expected to improve students’ ability in reading Qur'an. This research aims to know the improvement of students’ ability in reading Qur'an by using Cordobana methods. This research was conducted at the fifth grade of State Elementary School 2 Sudimampir Bandung Barat by using a quantitative approach with quasi experimental methods. Data was collected through interviews, observation, test and documentation. The data were analyzed by using wilcoxon with SPSS 22. The results of analysis indicated that the implementation of Cordobana method were able to improve students' ability in reading Qur'an significantly. It’s suggested to next researchers to do further investigation related to this topic more deeply and comprehensively.     


Keywords


Reading, the Qur’an, Cordobana method, Ability

References


Alhamuddin, A., dan Bukhori, B. (2016). The Effect of Multiple Intelligence-Based Instruction on Critical Thinking of Full Day Islamic Elementary Schools Students. Ta'dib, 21(1), 31-40.

Chaer, A. (2014). Perkenalan Awal Dengan Al-Qur’an. Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, S. (2005). Guru dan anak didik dalam interaktif edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Fathin,A.A. (2014). Belajar Membaca Al-Qur’an sistem 3 hari Metode Cordobana. Bandung: Cordoba

Imana, Y. (2008). Sudah baik dan benarkah bacaan Al-Qur’anku. Bandung: Khazanah Intelektual

Khon, A.M. (2013). Praktikum Qira’at Keanehan Bacaan Al-Qur’an Qira’at Ahsim dari Hafash. Jakarta: AMZAH

Ramayulis. (2005). Metodologi Pendidikan Agama Islam, cet. Ke-IV, Jakarta: Kalam Mulia

Syarifuddin, A. (2004). Mendidik anak, membaca, menulis, dan mencintai Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani Press.

Saepudin, A., & Marlina, A. (2013). The Effects Of Institution Service Quality On Student Satisfaction Of Smpn 3 Cibadak, Sukabumi. International Journal of Scientific & Technology Research, 2(3), 162-172.