Pengelolaan Pembelajaran Tahfidz Al Quran dengan Metode Tikrar di Kelas X SMA IT Fithrah Insani Kab.Bandung Barat

Syifa Hayatunnisa Permana, Nan Rahminawati, Eko Surbiantoro

Abstract


SMA IT Fithrah Insani merupakan satuan pendidikan yang dikelola oleh Yayasan Fithrah Insani. Sekolah tersebut memiliki program unggulan yaitu Tahfidz Al Quran. Pada pembelajaran Tahfidz Al Quran, siswa ditargetkan dapat menghafal minimal 1 juz dalam empat semester dan menjadi persyaratan kelulusan siswa. Metode yang digunakan dalam penerapan program pembelajaran Tahfidz Al Quran yaitu metode tikrar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran Tahfidz Al Quran dengan Metode Tikrar yang dilakukan oleh guru tahfidz Al Quran di kelas X SMA IT Fithrah Insani Kab. Bandung Barat. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik penelitian yang digunakan yaitu wawancara, observasi, studi dokumentasi dan angket. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah dua orang guru tahfidz Al Quran dan 38 orang siswa kelas X. Berdasarkan pengolahan data, diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) perencanaan yang dilakukan oleh guru yaitu dibuat dalam dokumen rencama program tahunan, program semester, silabus dan target turunan tahfidz Al Quran. (2) Pelaksanaan pembelajaran tahfidz Al Quran dengan metode tikrar yaitu; siswa diberikan target hafalan, setiap siswa menghafal mandiri dengan cara mengulang membaca ayat yang sedang dihafal minimal 20 kali pengulangan, setelah siswa dapat hafal maka tasmi kepada guru tahfidz Al Quran. (3)Penilaian pembelajaran tahfidz Al Quran di mulai dari penilaian proses belajar, penilaian hasil belajar melalui ulangan harian, ujian tengah semester, ujian akhir semester dan sidang tahfidz Al Quran.


Fithrah Insani Islamic High School is a part of educational unit which is managed by Fithrah Insani Institution. In Tahfidz Al Quran learning, students are targeted to memorize at least 1 juz in four semesters and it is one of graduation requirements. Method used in Tahfidz Al Quran learning in Fithrah Insani High School is Tikrar Method. The purposes of this research were to know planning, implementation and assessment of Tahfidz Al Quran learning that use Tikrar Method. Method used in this research was descriptive method with qualitative approach and techniques used in this research were interviews, observation, documentation study and questionnaire. Subjects of this research were two Tahfidz Al Quran teachers and 38 students of class X. Based on data processing, result showed that: (1) plans done by teachers are made in document of annual program, semester program, syllabus and derivative target of Tahfidz Al Quran (2) Implementation of Tikrar Method in Tahfidz Al Quran learning are as follows: students are given targeted ayah to memorize, every student memorizes the targeted ayah independently by repeating the ayah that students read at least 20 times repeating, after students have  memorized it, they have to do tasmi (recitation) to Tahfidz Al Quran teacher. (3) Learning assessment of Tahfidz Al Quran consists of assessment of learning process, assessment of learning outcomes by assessing daily test, middle test as well as final test and assessment session of Tahfidz Al Quran.


Keywords


Tahfidz Al Quran Learning, Tikrar Method, Fithrah Insani Islamic High School

References


Al Qasim, Abdul Muhsin. 2007. Cara Praktis Menghafal Al Quran. Indonesia: Maktab Dakwah Dan Bimbingan Jaliyat Rabwah

Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda.

Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

, 2012. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Rosda Karya

Rahminawati, Nan. 2015. Diktat Kuliah Manajemen Pendidikan Sekolah. Bandung.

Sa’dulloh. 2008. 9 Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an, Jakarta, Gema Insani.

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Sugianto, Ilham Agus. 2004. Kiat Praktis Menghfal Al Quran. Bandung: Mujahid Press

Bahri, Syaiful dan Aswan Zain. (2010). Strategi BelajarStrategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5784