Analisis Peran Komite Madrasah sebagai Badan Pengawas dalam Meningkatkan Mutu Pengelolaan Pendidikan di MI Al-Barokah

Saniyyatus Sa'diyyah, Nan Rahminawati, Aep Saepudin

Abstract


Komite madrasah adalah sebagai suatu badan yang mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu, pemerataan dan efesiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan, badan ini bersifat mandiri dengan memberikan pertimbangan, arahan, dan dukungan tenaga, serta pengawasan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan. Komite madrasah sebagai badan pengawas berarti ada beberapa indikator kerja yang mesti dilakukan oleh komite madrasah, sesuai dengan pengertian pengawas adalah proses pengamatan dari pelaksanaan seluruh kegiatan untuk menjamin semua pekerjaan yang sedang dilakukan berjalan sesuai rencana yang telah ditentukan sebelumnya. Tujuan adanya pengawasan yaitu membantu, membina pihak sekolah agar lebih memahami tujuan pendidikan yang sebenarnya dan mencapai tujuan sekolah.Untuk meningkatkan mutu pendidikan maka perlu usaha-usaha yang ditempuh melalui peningkatan ukuran prestasi akademik melalui Ujian Nasional atau yang menyangkut kompetensi dan pengetahuan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan peran komite madrasah sebagai badan pengawas dalam meningkatkan mutu pengelolaan pendidikan di MI Al-Barokah, melaui (1) kontrol terhadap perencanaan program madrasah, yang meliputi pengawasan terhadap kebijakan madrasah, menilai kualitas kebijakan perencanaan program madrasah. (2) kontrol terhadap pelaksanaan program madrasah, meliputi kontrol terhadap organisasi madrasa, kontrol terhadap penjadwalan program madrasah (3) kontrol terhadap output pendidikan meliputi penilaian hasil Ujian Nasional, kontrol terhadap angka bertahan di MI Al-Barokah.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Analisis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi lapangan (pengamatan), dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kontrol terhadap perencanaan program sekolah dilaksanaan secara langsung dengan mengikutu rapat tahunan yaitu tahun ajaran baru, namun pada saat pelaksanaan program konite madrasah hanya mengawasi dan menilai melalui laporan secara tertulis. (2) Adapun kontrol terhadap output pendidikan di MI Al-Barokah yaitu lebih kepada perbaikan hasil nilai Ujian Nasional dengan memfasilitasi belajar tambahan di madrasah dan mengadakan pelatihan-pelatihan soal sebelum pelaksanaan Ujian Nasional berlangsung serta menonjolkan prestasi akademik di MI Al-Barokah, hal ini dilakukan demi tercapainya visi, misi dan tujuan madrasah. (3) Stabilnya angka bertahan jumlah siswa di MI Al-Barokah menunjukan kestabilan dalam proses pembelajaran 

 

Madrasah committee is an organization that accommodate the participation of society in improving a quality, distributing and effecientcy education management in institution education, this organization is independence by giving a considerity, directory, and support, also the controlling activity.Madrasah committee as a supervision organization have a several working indicators, suitable with the definition of supervisor, a monitoring process for all activity to guarantee all the activity works  suitable with the aims or the planning before. The aims of the research are to helped and built the school in order to attain the main goals of education. To improving the education quality there’s need an efforts through academic achievement through national exam or related with kognitive. The aims of the research are to find out the committee role as a supervision organization in order to improving education quality, through (1) Controlling the planning of madrasah programs as follows, monitoring madrasah policy, and the quaality of madrasah policy. (2) Controlling toward the execution of madrasah programs such as, controlling at madrasah institution, madrasah program schedule (3) Controlling toward out put school result, including the score of national exam, Controlling toward the number of students in MI Al-Barokah. The research used descriptive analysis method by qualitative approach. The data collecting technique used are interview, observation, and documentation study. The result of the research showed: (1) The controlling of madrasah programme planning execute directly on years assembly, the new term, by monitoring and scoring in written form. (2) controlling the out put education result in MI Al-Barokah by improving the result of national exam through facilitate the extended learning schedule and presence the trainings for national exam and also focus on academic achievement to attain the goals of madrasah  (3) keep the stability of students number in MI Al-Barokah.  


Keywords


Madrasah, Madrasah Commitee, Education Quality Mutu Pendidikan

References


Alya, Qonita, 2011, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: PT Indah jaya a.

Depdiknas. 2001. Partisipasi Masyarakat. Jakarta : Depdikbud. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 044/U/2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah. Soenarya, Endang 2000.

Suharsi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Daryanto,HM. 2013. Administrasi dan Manajemen Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ametembun, N.A, 1981, Supervisi Pendidikan, Penuntun Bagi Para Penilik, Guru, Kepala Sekolah, Pengawas, Bandung: Suri

Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rieneka Cipta, 2000.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2014.

Fattah Nanang, Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah, Bandung: CV. Pustaka Bani Quraisy, 2003.

Soekanto, Soejono. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. 2005. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sukirno, Pedoman Kerja Komite Sekolah, Yogyakarta: Pustaka Widyatama , 2006.

Suryabrata Sumadi, Metodologi Penelitian, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002)

George R. Terry dan Leslie W. Rue, Dasar-Dasar Manajemen, (Jakarta: Bumi aksara, 2003), Cet.VIII, hlm.1.

S. Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Rieneka Cipta, 2000), Cet.II, hlm.. 158.

Yusuf, Enoch. (1992). Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Coombs, Philip H. (1982). Apakah perencanaan pendidikan itu (terjemahan Istiwidayanti). Jakarta: Bharatara Karya Aksara

Child, J. (1972). Organization structure and strategis of control: a reflication of the aston study,

Suharsini, Arikunto. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Nurdin. Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Alfabeta.

Darman Hermawan, Sukarti Nasihin. (2009). Bahan Ajar Pengawasan Pendidikan. Bandung: Universitas Pendiidkan Indonesia.

Makmur. 2011, Efektivitas Kebijakan Kelembagaan Pengawasan. Bandung: PT Refika Aditama

Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah. (2011). Hasil Akreditasi Sekolah dan Madrasah Tahun 2011

Herujito Yayat, M. 2001. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: PT Grasindo.

Jihad A. dan Haris A. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Majid A. 2009. Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hasbullah. 2006, Otonomi Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo.

Sutarsih, Cicih. 2015, Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Alfabeta.

http://www.kompasiana.com/ndull/fungsi-controlling-pengendalian-pengawasan-dalam-manajemen-pendidikan_54f79c3ea33311601c8b4590




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3991