Analisis Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Demonstrasi

Dini Ratnasari, Asep Dudi Suhardini, Ikin Asikin

Abstract


Kemampuan membaca Al-Qur’an secara fasih (benar) adalah bagian terpenting dalam pendidikan Islam. Dalam hal ini, Pembelajaran Al-Qur’an khususnya di SMA PGII I Kota Bandung adalah proses perubahan kognitif, afektif dan psikomotor melalui proses belajar yang berdasarkan pada nilai-nilai Al-Qur’an. Namun demikian, kemampuan siswa SMA PGII I dalam membaca Al- Qur’an masih belum sesuai harapan. Oleh karena itu, melalui metode demonstrasi, proses pembelajaran Al Quran di SMA PGII I diharapkan dapat menjadikan siswa mampu membaca Al-Qur’an dengan hukum tajwid dan makharijul khuruf yang baik dan benar.  Dari fenomena tersebut, maka penulis menyusun rumusan masalah ke dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut : Bagaimana perencanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode demonstrasi di SMA PGII I Bandung ? Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode demonstrasi di SMA PGII I Bandung?  bagaimana evaluasi pembelajaran Al-Qur’an metode demonstrasi di SMA PGII I Bandung?

Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah deskriptif analitis dengan meneliti pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an melalui metode demonstrasi di SMA PGII I. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan pembagian angket dan studi dokumentasi, kemudian analisa data dilakukan melalui pendekatan kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode demonstrasi di SMA PGII I Bandung hal ini dilakukan dengan dibuat dalam bentuk tulisan yang jelas, sehingga dapat diketahui kelebihan dan kekurangannya. Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode demonstrasi di SMA PGII I Bandung memberikan pengaruh perubahan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an di SMA PGII I Kota Bandung baik yang bersifat positif atau negatif. Evaluasi pembelajaran Al-Qur’an dengan metode pembelajaran Al-Qur’an dengan metode demonstrasi di SMA PGII I Bandung merupakan bentuk evaluasi yang dilakukan para guru untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menguasi ilmu-ilmu tajwid yang mendasar misalnya tentang madthabi’i dan lain sebagainya. 

 

Ability to read Qur'an fluently (right) is the most important part in Islamic education. In this case, learning Qur'an, especially in PGII I Senior High School Bandung is the process of changing the cognitive, affective and psychomotor through a learning process based on the values of Qur'an. Nevertheless, the ability of PGII I students in reading Qur'an is not as good as expected. Therefore, through the demonstration method, the process of learning the Koran at PGII I Senior High School Bandung expected to make students are able to read Qur'an with Tajweed and Makharijul Lhuruf Law in good and right. Based from the phenomenon, the author is formulating the problem into the form of the following questions: How does planning for learning Quran with the demonstration method in PGII I Senior High School Bandung? How is the implementation of learning Qur’an with the demonstration method in PGII I Senior High School Bandung? How is the evaluation of learning Qur’an with demonstration method in PGII I Senior High School Bandung? The method used in the preparation of this research is descriptive analysis by examining the implementation of learning Qur'an through the demonstration method in PGII I Senior High School Bandung. The techniques of data collection are using the observation, interviews and the distribution of questionnaires and documentation, and data analysis is using approach qualitative. The conclusion of this study is the learning plan Qur'an with the demonstration method in PGII I Senior High School Bandung is need made in clear written form, so that we can know the pros and cons. The implementation of learning Quran with the demonstration method in PGII I Senior High School Bandung is influencing the changes in the student's ability to read Qur'an in PGII I Senior High School Bandung whether positive or negative. The evaluation of learning Quran with The Quran learning methods with demonstration method in PGII I Senior High School Bandung is a form of evaluation by teachers to determine students' skills in mastering the Tajwid fundamental example Madthabi'i, etc.


Keywords


Process Of Changing The Cognitive, Affective and Psychomotor.

References


Majid, Abdul. 2005.Perencanaan Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya : Bandung

. 2007. Perencanaan Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya : Bandung

. 2012. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.. PT Remaja Rosdakarya : Bandung

. 2013. Strategi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya : Bandung

. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya : Bandung

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group

. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group

Tarigan, Henri Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inofatif Progresif. Jakarta: Kencana

Faridl, Miftah dan Syaihabudin, Agus. 1989. Al-Qur’an Sumber Hukum Islam yang Pertama. Bandung: Pustaka




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3874