Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Indra Suhendra, Enoh Enoh, Adang M. Tsaury

Abstract


Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat vital bagi pembentukan karakter sebuah peradaban dan kemajuan yang mengiringinya. Tanpa pendidikan, sebuah bangsa atau masyarakat tidak akan pernah mendapatkan kemajuannya sehingga menjadi bangsa atau masyarakat yang kurang atau bahkan tidak beradab. Karena itu, sebuah peradaban yang memberdayakan akan lahir dari suatu pola pendidikan dalam skala luas yang tepat guna dan efektif bagi konteks dan mampu menjawab segala tantangan zaman. Dunia pendidikan mempertunjukan bahwa peran seorang guru turut menentukan tingkat keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan itu sendiri. Hal ini mengingat pentingnya peran guru yang merupakan pelaksanaan utama dalam proses pendidikan dan mengajar di sekolah. Oleh karena itu upaya yang mengarah kepada pengembangan dan peningkatan kompetensi guru mutlak diperlukan, agar pengetahuan, sikap dan keterampilan guru dalam mengajar senantiasa berkembang sesuai dengan tuntutan kemajuan zaman. Profesionalisme guru tidak akan ada atau berjalan mulus tanpa adanya usaha-usaha yang dilakukan oleh kepala sekolah, sebab salah satu di antara cara guru agar bisa menjadi guru profesional adalah dengan adanya upaya-upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam rangka meningkatkan mutu guru. Hal ini sangat cocok sekali, karena kepala sekolah merupakan orang yang akan menjadikan sekolah itu menjadi maju, di samping dia juga harus mmperhatikan hal ihwal guru terutama dalam hal profesionalisme guru tersebut. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka penulis tertarik untuk mengangkat judul “Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Rangka Peningkatan Mutu Belajar Mengajarâ€

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam melaksanakan program meningkatkan kompetensi profesional guru pendidikan Agama Islam dalam rangka peingkatan mutu belajar mengajar di SD N se-Desa Mandala mekar; 2) Bagaimana kepala sekolah memonitoring program meningkatkan kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam dalam rangka peningkatan mutu belajar mengajar di SDN se-Desa Mandalamekar; 3) Faktor apa saja yang menjadi kendala kepala sekolah dalam melaksanakan program meningkatkan kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam dalam rangka peningkatan mutu belajar mengajar di SDN se-Desa Mandalamekar; 4) Bagaimana solusi kepala sekolah dalam mengatasi kendala program meningkatkan kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam dalam rangka peningkatan mutu belajar mengajar di SDN se-Desa Mandalamekar.

Penelitian ini merupakan penelitian studi deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah,guru dan komite sekolah SD Negri di Desa Mandalamekar Bandung. Tempat penelitian dilakukan di SD Negri yang berada di kawasan Desa Mandalamekar Bandung yaitu SD Negri Panyandaan I, SD Negri Panyandaan II, SD Negri Cibanteng. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, teknik observasi dan studi dokumentasi.

hasil penelitian menunjukan bahwa: Upaya yang dilakukan Kepala Sekolah SD Negeri di Desa Mandalamekar Bandung yaitu: a. mengikutsertakan guru dalam diklat; b. menyediakan fasilitas yang dibutuhkan guru dalam proses pembelajaran seperti komputer;c. memantau guru saat pembelajaran berlangsung dan secara berkala berkeliling melihat ke kelas; d. memberikan keleluasaan kepada guru untuk memilih metode yang tepat; e. menyediakan presensi dan mengecek secara berkala; f. melakukan berkomunikasi baik sharing maupun diskusi sesama guru; g. memberikan motivasi, arahan dan contoh kepada guru; h. memberikan teguran kepada guru yang kurang disiplin baik secara umum dalam rapat briefing maupun dengan memanggil guru; i. kepala sekolah terbuka dan memberikan teladan kepada guru baik dalam hal kedisiplinan maupun dalam berkomunikasi; j. Kepala sekolah memonitoring kepala sekolah dengan evaluasi formatif dan sumatif; k. Kendala yang di hadapai kepala sekolah yaitu kurangnya sarana prasarana, kurangnya pemahaman tentang IPTEK, kurangnya jiwa profesional guru; l. Mempasilitasi kebutuhan sekolah dan melakukan pembinaan kemampuan guru.

 

Education is the important thing for culture character shaping and its development. Without education, a nation or society never had their development that cause them becoming uncultured nation. Therefore, a deceiving culture will come from the right, large, and effective education pattern that can be a solution for all periode challenge. Education world showed that the role of teacher determines the successfull level to attain that education goals. It is the important role of teacher that is the main implementer in teaching and learning at the school. There’s need an effort in improvement and development teacher competence in order to improvement teacher’s knowledge, attitude, and skill in accordance demands progress. Teacher professionalism won’t working good without principal efforts, because a professional teacher made by an efforts from principal in order to improving teacher quality. This is the right things because the principal is a person that has power to made an improvement at a school, especially about the teacher professionalism. According to that background, the research entitled  “The Principal Effort in Improving the Competence of Professional Islamic Education Teacher toward Improving The Quality of Teaching and Learning â€. The aims of the research are to find out: 1) What’s principal effort in improvements professional competence of Islamic education teacher in order to improving teaching and learning quality in SD N Mandala Mekar Village; 2)How is the principal monitoring that program?; 3) What’s the obstacle factors in that program?; 4) What’s principal solution when facing the obstacles in improvements programs?. The research used descriptive studies. The Subject of the research are principal, teacher, and school committee at SD Negri di Desa Mandalamekar Bandung. The place of the research at SD Negri that is in Mandalamekar Village Bandung area, there are SD Negri Panyandaan I, SD Negri Panyandaan II, SD Negri Cibanteng. The collecting data technique used are interview technique, observation technique, and documentation studies. The result of the research showed that: efforts that principal of SD Negeri in Mandalamekar Bandung village did are: a. included the teacher into teacher training; b. provided the facilities that supporting teacher in teaching and learning activity such as computer; c. teacher monitoring during teaching and learning activity in the class; d. gave extended to teacher to chosen their method; e. provided a presence and checking; f. establish the good communication such as sharing or discussion with teacher; g. gave the motivation, directory, and role to the teacher; h. gave a warning to indiscipline teachers in the briefing or directly; i. open inded principal and gave a good role to the teacher in the discipline or communication; j. monitoring by formative and sumative evaluation; k. the obstacle are less of school equipment, less knowledge about IPTEK, unprofessionalsm teacher; l. facilitate the school needed and build the teacher skills.


Keywords


principal efforts, professional competence teacher

References


Dr.Melmawat, meningkatkan kinerja kepala sekolah/madrasah melalui managerial skills, rineka cipta. Jakart,. 2014

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Rajawali Pers. 2002

Alma, Buchari, Guru Profesional, Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta. 2009

Naim, Ngainun, Menjadi Guru Inspiratif Memberdayakan Dan Mengubah Jalan Hidup Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2011

Undang-undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005

Usman, M. Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2006




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3792