Pengelolaan Pembelajaran Qiraatul Kutub secara Daring di MA Persis Tarogong

Gina Safitri, Asep Dudi Suhardini, Eko Subiantoro

Abstract


Abstract. This research was motivated by the shift of the face-to-face learning system to online due to the covid-19 pandemic. At first glance, online learning looks so easy, when both teachers and students have mobile devices, learning will be easy to do. But in fact there are shortcomings or obstacles in its implementation, especially for practical learning such as Qiraatul Kutub. The purpose of this study was to determine the process of teaching teachers in planning, implementing and evaluating, the obstacles faced in teaching and the success factors for learning Qiraatul Kutub online at Islamic Senior High School PERSIS  Tarogong. The research techniques used are observation, interviews, questionnaires, and documentation. The subjects of this study were the Qiraatul Kutub supervisors and students. Based on the processing of data obtained from research results, the efforts made by school institutions in dealing with changes in learning models in several ways, namely: conducting training for teachers to use platforms on the internet, school institutions having CCTV applications that are used to monitor participants students in learning/exams, school institutions make special studios for the manufacture of teaching materials, there is a new pattern in learning, namely by uploading material to YouTube. As well as attendance list attendance is done by sending voice messages including reading texts.

Keywords: Learning Management, Qiraatul Kutub, Online Learning

Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi dengan beralihnya sistem pembelajaran tatap muka menjadi daring yang diakibatkan oleh  pandemi covid-19. Sekilas pembelajaran yang dilakukan secara daring terlihat begitu mudah, ketika guru maupun peserta didik memiliki alat gawai/handphone maka pembelajaran akan mudah untuk  dilakukan. Tetapi faktanya ada saja kekurangan ataupun kendala dalam pelaksanaannya, terlebih untuk pembelajaran yang bersifat praktek seperti Qiraatul Kutub. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses guru mengajar dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi, kendala yang dihadapi dalam mengajar dan faktor keberhasilan pembelajaran  Qiraatul Kutub secara daring di MA Persis Tarogong. Teknik penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Para pembimbing Qiraatul Kutub dan Peserta Didik. Berdasarkan pengolahan data yang diperoleh dari hasil penelitian, upaya-upaya yang dilakukan oleh lembaga sekolah dalam menghadapi perubahan model pembelajaran dengan beberapa cara, yaitu: mengadakan pelatihan bagi guru untuk penggunaan platform yang ada di internet, lembaga sekolah memiliki cctv aplikasi yang digunakan untuk mengawasi peserta didik dalam belajar/ujian,  lembaga sekolah membuat studio khusus untuk pembuatan materi ajar, ada pola baru dalam pembelajaran yaitu dengan mengunggah materi kedalam YouTube. Serta absensi daftar hadir dilakukan dengan cara mengirimkan pesan suara ters naskah bacaan.

Kata Kunci: Pengelolaan Pembelajaran, Qiraatul Kutub, Pembelajaran Daring


Keywords


Pengelolaan Pembelajaran, Qiraatul Kutub, Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


J, O. (2013). Evaluasi Bauran Promosi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Claine. Journal of Chemical Information and Modeling, 1689-1699.

Oliver, J. (2013). Evaluasi Bauran Promosi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Claine. Journal of Chemical Information and Modeling, 1689-1699.

Sahidin. (2015). metode penelitian bab III. Biomass Chem Eng, 40-68.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.29890