Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Al-Qur’an dengan Menggunakan Metode Yanbu’a di SMP Assalam Bandung

Widyastuti Widyastuti, Adang Muhammad Tsaury, Fitroh Hayati

Abstract


Abstract. The purpose of this study was to determine the planning, implementation, evaluation carried out by PAI teachers in learning to read the Qur'an using the Yanbu'a method and to find out the supporting and inhibiting factors faced by teachers in the implementation of learning to read the Qur'an using the method. Yanbu'a. This study uses a descriptive analytical method with a qualitative approach to examine the efforts of Islamic religious education teachers in improving reading the Qur'an using the online yanbu'a method at SMP Assalam Bandung. The research techniques used are interviews, observation and documentation studies. Based on data management, the research results obtained are: (1) learning planning carried out by PAI teachers by holding a plesment test at the time of new student admissions, making learning tools including; educational calendar, syllabus and learning implementation plan (RPP), holding Yanbu'a learning training for ustadz/teachers who will teach Yanbu'a. (2) the implementation of Yanbu'a learning is carried out using classical and individual learning methods. The implementation of this learning is carried out in 3 stages, namely; pre-instructional stage (preliminary activity), instructional stage (core activity) and, closing activity stage (3) there are 3 kinds of learning evaluations conducted by PAI teachers, namely; page increment test, random test, and volume increase test (4) supporting factors for PAI teachers' efforts to improve reading the Qur'an are the students' own interest, parental support, the existence of Yanbu'a books and complete facilities and infrastructure. The inhibiting factors for the ustad/teacher's efforts in improving reading the Qur'an are the students' lack of interest, the students being late in entering the classroom, and the unstable network.

Keywords: Islamic Religious Education, Al-Qur'an Learning, Yanbu'a Method.

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perancanaan, pelaksanaan, evaluasi yang dilakukan guru PAI dalam pembelajaran baca Al-Qur’an menggunakan metode Yanbu’a dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh guru dalam pelaksaan pembelajaran baca Al-Qur’an menggunakan metode Yanbu’a. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif untuk meneliti upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan membaca Al-Qur’an  menggunakan metode yanbu’a melalui daring di SMP Assalam Bandung. Adapun teknik penelitian yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Berdasarkan pengelolaan data, diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru PAI dengan cara mengadakan plesmentest pada saat penerimaan siswa baru, membuat perangkat pembelajaran diantaranya; kalender pendidikan, silabus dan rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP), mengadakan pelatihan pembelajaran Yanbu’a kepada ustadz/guru yang akan mengajar Yanbu’a. (2) pelaksanaan pembelajaran Yanbu’a dilakukan menggunakan metode pembelajaran secara klasikal dan individual. Pelaksanaan pembelejaran ini dilakukan beberapa 3 tahap yaitu; tahap pra intruksional (kegiatan pendahuluan), tahap intruksional (kegiatan inti) dan, tahap kegiatan penutup (3) evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru PAI ada 3 macam yaitu; ujian kenaikan halaman, ujian acak, dan ujian kenaikan jilid (4) faktor pendukung upaya guru PAI dalam meningkatkan membaca Al-Qur’an yaitu minat siswa sendiri, peran serta dukungan orangtua, adanya buku Yanbu’a dan lengkapnya sarana dan prasana. Faktor penghambat upaya ustad/guru dalam meningkatkan membaca Al-Qur’an yaitu tidak minat siswa sendiri, siswa telat masuk ke room class, dan jaringan yang tidak stabil.

Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Yanbu’a.

Keywords


Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Yanbu’a.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arwani, M. N. (2004). Thoriqoh Baca Tulis dan Menghafal Al-Qur'an Yanbu'a "Bimbingan Cara Mengajar". Kudus: Pondok Tahfidh Yanbu'ul Qur'an Kudus .

Halimatussa’diyah. (2020). Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam MUltikultural. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem . Jakarta: Bumi Aksara.

Harahap, S. B. (2020). Strategi Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Majid, A. (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution. (2011). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nasution. (2011). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nursobah, A. (2019). Perencanaan Pembelajaran MI/SD . Jawa Timur: Duta Media Publishing.

Wardan, K. (2019). Guru Sebagai Profesi . Yogyakarta: CV Budi Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.29338