Manajemen Program Mutaba'ah Yaumiyah (Tahfidzul Qur'an) di Yayasan Baladil Huffaadz International Bandung

Ega Gunawan, Nan Rahminawati, Huriah Rachmah

Abstract


Abstract. This research is motivated by the importance of accommodating children to focus on memorizing the Qur'an for a longer time. In addition to memorizing activities, it is also controlled with the Mutaba'ah Yaumiyah book (daily evaluation) with a target of memorizing at least one juz a month. The purpose of this study is to examine documents, parties involved, targets, methods and steps in planning, steps in implementation, and evaluation in the Mutaba'ah Yaumiyah program, especially in memorizing the Qur'an. The method used in this study is a descriptive method with a qualitative approach. This research was conducted at the Baladil Huffaadz International Foundation, Bandung. The research technique used is in-depth interviews, observation and documentation. The subjects of this research are Foundation Leaders, Foundation Persons in Charge, Tahfidz Supervisors and Program Participants. Based on the processing of the data obtained from the research results, namely: 1. The planning of the Mutaba'ah Yaumiyah program involves the Foundation Leaders, Foundation Responsible Persons, and Tahfidz Supervisors obtaining planning documents, the steps in program planning begin with a working meeting conducted by the Foundation Leaders, Foundation Responsible Persons and Tahfidz supervisors regarding technical matters and things needed in the Mutaba'ah Yaumiyah program such as the existence of a mutaba'ah yaumiyah book and achievement books in facilitating the Mutaba'ah Yaumiyah program 2. The implementation of the Mutaba'ah Yaumiyah program is fully carried out by the tahfidz supervisor, especially in the learning process and the division of memorization targets in the implementation of learning. The process of memorizing ziyadah in class with a target of one page per day and filling in the mutaba'ah yaumiyah book (daily evaluation) 3. The evaluation of the Mutaba'ah Yaumiyah program goes through three stages, namely, the first daily evaluation through the achievement book of the participants' memorization target achievement and the Mutaba'ah Yaumiyah book (daily evaluation), The second weekly evaluation, namely in coaching tahfidz teachers every week which is delivered through notes or verbally by the supervisor to the Person in Charge of the Foundation. The third is the monthly evaluation of the recap of the rote target by the supervisor and submitted to the person in charge of the Foundation regarding the achievement of the one juz target with the assessment criteria, namely Mumtaz, Jayyid Jiddan, and Jayyid.

Keywords: Program Management, Mutaba'ah Yaumiyah, Tahfidzul Qur'an.

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya untuk mewadahi anak-anak agar fokus dalam menghafal al-Qur’an dengan waktu yang lebih lama. Selain kegiatan menghafal juga dikontrol dengan buku Mutaba’ah Yaumiyah (evaluasi harian) dengan target hafalan minimal satu juz dalam sebulan.  Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji, dokumen, pihak yang terlibat, target, metode dan langkah-langkah dalam perencanaan, langkah-langkah dalam pelaksanaan,  dan evaluasi dalam program Mutaba’ah Yaumiyah khususnya dalam menghafal al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Yayasan Baladil Huffaadz International Bandung. Teknik penelitian yang digunakan yaitu wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Pimpinan Yayasan, Penanggung Jawab Yayasan, Pembimbing Tahfidz dan Peserta Program. Berdasarkan pengolahan data yang diperoleh dari hasil penelitian yaitu: 1. Perencanaan program Mutaba’ah Yaumiyah melibatkan Pimpinan Yayasan, Penanggung Jawab Yayasan, dan Pembimbing Tahfidz memperoleh dokumen-dokumen perencanaan, langkah-langkah dalam perencanaan program diawali dengan adanya rapat kerja yang dilakukan oleh Pimpinan Yayasan, Penanggung Jawab Yayasan dan para pembimbing tahfidz mengenai teknis dan hal-hal yang dibutuhkan dalam program Mutaba’ah Yaumiyah seperti adanya buku mutaba’ah yaumiyah dan  buku prestasi dalam memfasilitasi program Mutaba’ah Yaumiyah. 2. Pelaksanaan program Mutaba’ah Yaumiyah sepenuhnya dilakukan oleh pembimbing tahfidz khususnya dalam proses pembelajaran dan pembagian target menghafal dalam pelaksanaan pembelajaran. Proses menghafal ziyadah di kelas dengan target satu halaman setengah perhari dan pengisian buku mutaba’ah yaumiyah (evaluasi harian) 3. Evaluasi program Mutaba’ah Yaumiyah melalui tiga tahapan yaitu, pertama evaluasi harian melalui buku prestasi pencapaian target hafalan peserta dan buku Mutaba’ah Yaumiyah (evaluasi harian), Kedua evaluasi mingguan yaitu dalam pembinaan guru tahfidz setiap pekan yang disampaikan melalui catatan maupun lisan oleh pembimbing kepada Penanggung Jawab Yayasan. Ketiga Evaluasi Bulanan rekap target hafalan oleh pembimbing dan disampaikan kepada penanggung jawab Yayasan mengenai pencapaian target satu juz dengan kriteria penilaian yaitu  Mumtaz, Jayyid Jiddan, dan Jayyid.

Kata Kunci: Manajemen Program, Mutaba’ah Yaumiyah, Tahfidzul Qur’an.


Keywords


Manajemen Program, Mutaba’ah Yaumiyah, Tahfidzul Qur’an.

Full Text:

PDF

References


Aditama, R. A. (2020). Pengantar Manajemen: Teori dan Aplikasi. Malang. AE Publishing.

Ariyadi, K. (2017). Metode Mutqin. CV. Media Cendekia Muslim.

Aziz, M. A. (2016). Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an Bagi Siswa di SD Islam As-Salam Malang.

Ferdinan. (2018). Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an (Studi Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Sulawesi Selatan .

Foster, B., & Sidharta, I. (2019). Dasar-Dasar Manajemen. Diandra Kreatif.

Hafidz, M. (2017). Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Ar-Riyadh 13 Ulu Palembang.

Hidayat, A. (2018). Muslim Zaman Now: Metode At-Taisir 30 Hari Hafal Al-Qur’an. Institut Quantum Akhyar.

Khoiriyah, N. (2016). Metode Menghafal Al-Qur’an (Studi Komparasi Pondok Pesantren Sabihul Huda Banyubiru dan Pondok Pesantren Nazzalal Furqon Salatiga. Pendidikan.

Latif, M., & Latief, S. (2018). Teori Manajemen Pendidikan. Kencana.

Lawati, S. R. (2018). Problematika Orang Tua dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan pada Anak di Desa Tanah Harapan Kecamatan Mukomuko Kabupaten Mukomuko.

Pananrangi, A. R. (2017). Manajemen Pendidikan. Celebes Media Perkasa.

Prasetyawan, R. (2016). Metode Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Wafa Palangkaraya.

Romadiyanti, B. (2021). Konsep Dasar Evaluasi Program Pelatihan: Inspirasi Kepenulisan dan Penelitian Bagi Widyaiswara. CV. Dandelion Pubisher.

Sarinah, & Mardalena. (2017). Pengantar Manajemen. CV Budi Utama.

Sucahyowati, H. (2017). Pengantar Manajemen. Wilis.

Syarifuddin, A. (2004). Mendidik anak: membaca, menulis dan mencintai Al-Quran. Gema Insani Press.

Umar Mukhtar. (2021). 65 Persen Muslim Indonesia tidak Bisa Baca Alquran | Republika Online. Republica.Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/qrg3fn366/65-persen-muslim-indonesia-tidak-bisa-baca-alquran

Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.29334