Pendidikan Multikultural Perspektif Al-Qur’an Surah Al-Hujurat Ayat 11-13

Sa'bah Chamidil Anam, Alhamuddin Alhamuddin, Khambali Khambali

Abstract


Abstrack. The objectives of this study are: 1). Knowing the views of the commentators regarding al-Qur'an surah al-Hujurat verses 11-13. 2). Knowing the essence of multicultural education contained in the al-Qur'an surah al-Hujurat verses 11-13. 3). Knowing the concept of multicultural education in the perspective of al-Qur'an surah al-Hujurat verses 11-13. 4) know the values of multicultural education contained in al-Qur'an surah al-Hujurat verses 11-13. The method used in this research is qualitative research, namely research by means of descriptions in the form of words and language in a special natural context and by utilizing various scientific methods to provide explanations or interpretations through library research methods. The results of this study inform that multicultural education is education based on diversity. Differences in ethnicity, race, religion, to differences in economic and social class, all have the right to get their rights as humans, God's most perfect creature. All are entitled to the same respect and honor. Because the Koran has explained that only people fear the most noble with Him. Allah always commands to always gather unity, because all humans are brothers, therefore humans are prohibited from doing bad things that cause division. Then Allah explained the basic principles of social relationships to all humans. The multicultural values contained in the three verses are: prohibition of making fun of, prohibition of prejudice, prohibition of cheating or gossiping, establishing brotherhood and peace between fellow Muslims, recognizing equality (egalitarian), and the value of tolerance and harmony. In its realization, multicultural education can be presented in the form of learning materials.  Keywords: Concept, Education, Multicultural

Keywords: Concept, Education, Multicultural

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Mengetahui pandangan mufassir mengenai al-Qur’an surah al-Hujurat ayat 11-13. 2). Mengetahui esensi Pendidikan multicultural yang terkandung dalam al-Qur’an surah al-Hujurat ayat 11-13. 3). Mengetahui konsep pendidikan multikultural perspektif al-Qur’an surah al-Hujurat ayat 11-13. 4) Mengetahui nilai-nilai pendidikan multikultural yang terkandung dalam Alquran dan Alquran Bagian 11-13. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu deskripsi dideskripsikan dalam bentuk teks dan bahasa dalam konteks alamiah khusus, dan berbagai metode ilmiah digunakan untuk memberikan penjelasan atau penafsiran melalui metode penelitian pustaka (library research). Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa pendidikan multicultural merupakan pendidikan yang berbasis keanekaragaman. Perbedaan suku, ras, agama, sampai kepada perbedaan kelas ekonomi dan sosial, semuanya berhak mendapatkan hak-haknya sebagai manusia, makhluk Allah paling sempurna. Semuanya berhak mendapatkan penghormatan dan penghargaan yang sama. Karena al-Qur’an telah menjelaskan bahwa hanya orang-orang bertakwalah yang paling mulia di sisi-Nya. Allah senantiasa memerintahkan untuk selalu menghimpun persatuan, karena semua manusia merupakan saudara, oleh sebab itu manusia dilarang untuk melakukan hal-hal buruk yang mengakibatkan perpecahan. Kemudian Allah menjelaskan prinsip dasar hubungan bersosial kepada seluruh manusia. Nilai-nilai multikultural yang terkandung dalam tiga ayat tersebut adalah: larangan mengolok-olok, larangan berburuk sangka, larangan mengghibah atau menggunjing, menjalin persaudaraan dan perdamaian antara sesama muslim, mengakui persamaan derajat (egaliter), serta nilai toleransi dan kerukunan. Dalam perwujudannya, pendidikan multikultural dapat disajikan dalam bentuk materi pembelajaran. Kata Kunci: Konsep, Pendidikan, Multikultural

Kata Kunci: Konsep, Pendidikan, Multikultural

 

Keywords


Konsep, Pendidikan, Multikultural

Full Text:

PDF

References


Al Munawar, Agil, S. (2005) Aktualisasi Nilai-nilai Qur‟ani dalam Sistem Pendidikan Islam. Ciputat: Ciputat Press.

Arifudin, I. (2007) ‘Urgensi Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah’, JURNAL PEMIKIRAN ALTERNATIF PENDIDIKAN, 12(2), pp. 1–9.

H.A.R Tilaar (2004) Multikulturalisme: Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Traansformasi Pendidikan,. Jakarta: Grasindo.

Kementrian Agama (2011) Al-Qur’an dan Tafsirnya. Jakarta: Widya Cahaya.

Khoirul Mahfud (2016) Pendidikan Multikultural. Cetakan VI. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Khoirul Mahfud. (2014) Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kuswaya Wihardit (2010) ‘Pendidikan Multikultural: Suatu Konsep, Pendekatan Dan Solusi’, Jurnal Pendidikan, 11(2), pp. 96–105. doi: 10.33830/jp.v11i2.561.2010.

Maslikhah (2005) Quo Vadis Pendidikan Multikultural: Rekonstruksi Sistem Pendidikan Berbasis Kebangsaan. Surabaya: STAIN Salatiga.

Ribut Tulus Rahayu, Jayusman, I. S. (2016) ‘Konflik Cina-Jawa di Kota Pekalongan Tahun 1995’, Journal of Indonesian History, 5(1), pp. 35–42.

Rif’atul Mahfudhoh, M. Y. A. (2015) ‘Multikulturalisme Pesantren di antara Pendidikan Tradisional dan Modern, Religi:Jurnal Studi Islam, 6(April), pp. 100–129.

Santi, F. (2016) ‘Konsep Pendidikan Multikultural Dalam Pendidikan Islam’, Turast: Jurnal Penelitian & Pengabdian, 4(1), pp. 35–48.

Wahyudi, A. (2017) ‘Strategi Pengembangan Pendidikan multikultural di Indonesia’, Jurnal Elementary, 3, pp. 53–60.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.26206