Penerapan Metode Magic Memory dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an di Unit SMP Labschool PULPEN Soreang Kabupaten Bandung

Puad Parhat, Ikin Asikin, Muhamad Imam Pamungkas

Abstract


Abstract. The Qur'an is the main source of Islamic teachings, as guidance, guidelines, and lessons for people who believe and practice it. One of the ways to practice it is by memorizing it. Then we all know that one of the challenges in the process of memorizing Al-Qur'an is keeping the memorization that has been memorized so that it is always awake from forgetting. One of the methods to keep memorizing the Al-Qur'an which is unique and developed today is the Magic Memory method, which offers a solution to keeping memorized Al-Qur'an memorized into an easy, fast and fun activity. Based on this phenomenon, the problems in this study are formulated as follows: (1) How to plan the application of the Magic Memory method in maintaining the memorization of the Al-Qur'an (2) What are the steps for applying the Magic Memory method in maintaining the memorization of the Qur'an (3) What are the supporting and inhibiting factors for the application of the Magic Memory method. This study uses a qualitative method. The research was conducted at the SMP Labschool Soreang Unit, Bandung Regency. The subjects in this study were one PULPEN director, one school principal, one Tahfidz teacher, one student / santri. The collection technique uses interviews, observation and documentation. Data analysis techniques include: data collection, data reduction, data presentation and conclusion / verification. The results showed that as follows: (1) Planning for the application of the Magic Memory method has been made by the school and teachers quite well by making the target achievement and the scheduled time (2) The steps for implementing the Magic Memory method are memorizing the names and meanings of letters and the number the verses, memorize the sound of the verse with their own memorization style, tie the memorization that has been deposited with Magic Mnemonic and Magic Number memory techniques and muraja'ah (repeat) memorization per page with the AMMA pattern (Beginning-Forward-Backward-Random) (3) Factors Supporting the application of the Magic Memory method is the enthusiasm and support of parents of students / students, special training in the Magic Memory method for Tahfidz teachers and students / students, Tahfidz teachers who have completed memorizing 30 Juz, intensive guidance of Ustadz / ustadzah in the dorms, guidebooks / Magic Memory method pocket book, and adequate facilities. While the inhibiting factors are the various students' abilities in reading Al-Qur'an, the readiness of students in applying the Magic Memory method, and the administration of education power.

Keywords: Planning, Magic Memory, Maintaining the memorization of Al-Qur'an.

Abstrak. Al-Qur’an merupakan sumber utama ajaran Islam, menjadi petunjuk, pedoman, serta pelajaran bagi orang yang mempercayai dan mengamalkannya. Salah satu di antara cara untuk mengamalkannya yaitu dengan cara menghafalnya. Kemudian kita ketahui bersama bahwa salah satu tantanggan dalam proses menghafal Al-Qur’an adalah menjaga hafalan yang telah dihafalkan agar senantiasa terjaga dari lupa. Salah satu metode untuk menjaga hafalan Al-Qur’an yang unik dan berkembang saat ini adalah metode Magic Memory menawarkan solusi menjaga hafalan Al-Qur’an yang sudah dihafal menjadi aktivitas yang mudah, cepat dan menyenangkan. Berdasarkan pada fenomena tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana perencanaan dalam penerapan metode Magic Memory dalam menjaga hafalan Al-Qur’an (2) Bagaimana langkah-langkah penerapan metode Magic Memory dalam menjaga hafalan Al-Qur’an (3) Apa faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Magic Memory. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian dilakukan di Unit SMP Labschool Soreang Kabupaten Bandung. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang Direktur PULPEN, satu orang Kepala Sekolah, satu orang Guru Tahfidz, satu orang siswa/santri. Teknik pengumpulan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagai berikut: (1) Perencanaan penerapan metode Magic Memory telah dibuat oleh pihak Sekolah dan Guru dengan cukup baik dengan membuat target capaian dan waktu yang telah dijadwalkan (2) Langkah penerapan metode Magic Memory adalah menghafal nama dan arti surat serta jumlah ayatnya, menghafal bunyi ayat dengan gaya menghafal masing-masing, mengikat hafalan yang sudah disetorkan dengan teknik memori Magic Mnemonic dan Magic Number dan muraja’ah (mengulang) hafalan perhalaman dengan pola AMMA (Awal-Maju-Mundur-Acak) (3) Faktor pendukung penerapan metode Magic Memory adalah adanya sikap antusias dan dukungan orang tua siswa/santri, pelatihan khusus metode Magic Memory untuk Guru Tahfidz dan siswa/santri, Guru Tahfidz yang sudah menyelesaikan hafalan 30 Juz, Bimbingan intensif Ustadz/ustadzah di asrama, Buku panduan/ buku saku metode Magic Memory, dan Fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah bermacam-macam kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an, kesiapan siswa dalam penerapan metode Magic Memory, dan administrasi ketenaga pendidikan.

Kata kunci: Perencanaan, Magic Memory, Menjaga hafalan Al-Qur’an.

 

Keywords


Perencanaan, Magic Memory, Menjaga hafalan Al-Qur’an.

Full Text:

PDF

References


Al-Adnani, A. A. & A. F. 2018. NEGERI-NEGERI PENGHAFAL AL-QUR’AN. Al-Wafi Publishing.

Badan Pengembangan dan Pembinaan bahasa Kemendikbud RI. (2016). Kamus Bahasa Indonesia Daring. 28 Oktober. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/menjaga

Wijaya, E. K. (2016). Magic Memory For Muslim. Pulpen Publishing.

Zain, B. J. . dan S. M. (1996). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Pustaka Sinar Harapan.

Zahra, A. M. & I. (2017). Implementasi Metode STIFIn Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qr’an Di Rumah Qur’an STIFIn Paiton Probolinggo. Pendidikan Agama Islam, 5, 4. http://jurnalpai.uinsby.ac.id/index.php/jurnalpai/article/view/108




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.26181