Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Sosial di Masyarakat yang Terkandung dalam Q.S Al-Hujurat Ayat 9-10

Kansya Fauziyyah Islam, Adang Muhammad Tsaury

Abstract


Abstract. The behavior of someone who behaves in public life can lead that person to become a person who is loved or hated. If you look at the current phenomenon, there are still many cases that deviate from social values in society. Moral education is the basis for all humans in carrying out life. Morals teaches to have good character in relation to Allah Almighty and in social life in society. This study aims to find out, 1) The opinion of the commentators about QS Al-Hujurat verses 9-10, 2) The essence contained in QS Al-Hujurat verses 9-10, 3) Opinions of experts about social morality education in society, 4) The values of social morality education are contained in QS Al-Hujurat 9-10. This research uses the library research method, by collecting data or materials relating to this research which are taken from library sources, then analyzed. The values of social moral education in the community from QS Al-Hujurat verses 9-10, namely, 1) Establishing brotherhood among fellow believers so that they live in peace, peace and prosperity, and remain in the way of Allah, 2) Be fair in carrying out good deeds in oneself themselves, society, and family to become human beings who are trusted by others, 3) Fellow humans must not insult, humiliate, and persecute each other because that is an act that is forbidden by Allah and is haram, 4) Remain fearful of Allah because Allah will repay all kindness of a servant if he is consistent with his piety.

Keywords: Education, Morals, and Social

Abstrak. Tingkah laku seseorang yang bersikap di dalam kehidupan masyarakat dapat mengantarkan orang itu menjadi pribadi yang dicintai atau dibenci. Apabila melihat fenomena yang terjadi pada saat ini, masih banyak kasus yang menyimpang dari nilai sosial di masyarakat. Pendidikan moral merupakan landasan bagi semua orang untuk terlibat dalam kehidupan. Pendidikan akhlak memiliki akhlak yang baik dalam allah dan pergaulan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) Pendapat para mufasir tentang Q.S Al-Hujurat ayat 9-10, 2) Esensi yang terkandung dalam Q.S Al-Hujurat ayat 9-10, 3) Pendapat para ahli tentang pendidikan akhlak sosial di masyarakat, 4) Nilai-Nilai pendidikan akhlak sosial yang terkandung dalam Q.S Al-Hujurat 9-10. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library reasearch), dengan mengumpulkan data atau bahan yang berkaitan dengan penelitian ini dari sumber pustaka, kemudian melakukan analisis. Nilai-nilai pendidikan akhlak sosial di masyarakat dari Q.S Al-Hujurat ayat 9-10   yaitu, 1) Menjalin persaudaraan antar sesama mukmin agar hidup berdamai, tentram dan sejahtera, dan tetap berada di jalan Allah, 2) Beradillah dalam melaksanakan perbuatan baik pada diri sendiri, masyarakat, dan keluarga agar menjadi manusia yang dipercaya oleh orang lain, 3) Sesama manusia tidak boleh saling menghina, merendahkan, dan menganiaya karena itu perbuatan yang dilarang oleh Allah dan haram hukumnya, 4) Tetap bertakwa kepada Allah karena Allah akan membalas semua kebaikan seorang hambanya apabila ia konsisten terhadap ketakwaannya.

Kata Kunci: Pndidikan, Akhlak, dan Sosial.


Keywords


Pndidikan, Akhlak, dan Sosial.

Full Text:

PDF

References


AS, A. (2002). Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Al-Nahwawi, A. (1995). Pendidikan Islam di Rumah Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani.

Asnawawi. (2003). Studi Perdamaian: Perdamaian dan Konflik Pembangunan dan Peradaban. Surabaya: Pustaka Eureka.

Jannah, M. (2018). Studi Komparasi Akhlak Terhadap Sesama Manusia Antara Siswa Fullday School Dengan Siswa Boarding School di Kelas XI SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Al-Thariqah, 5.

Khoerotunnisa, S. (2016). Nilai-Nilai Akhlak Dalam Perspektif Pendidikan Islam (Kajian Tafsir Surat Al-Hujurat Ayat 11-13). Skripsi, 1.

Kadir, A. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Mahmud, A. A. (1996). Karakteristik Umat Terbaik Telaah Manhaj, Akidah dan Harakah. Jakarta: Gema Insani Press.

Munib, A. (2005). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT MKK UNNES.

Saichon, M. (2017). MAKNA TAKWA DAN URGENSITASNYA DALAM AL-QUR'AN. Ursah, 42.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.26169