Penerapan Teknologi Informasi Pendidikan dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 di Mts Asy-Syarifiyyah Kota Bandung

Achmad Sihabuddin Permana, Asep Dudi Suhardini, Dewi Mulyani

Abstract


Abstract. The Covid-19 pandemic has made changes in the order of human life. Almost all aspects of life have changed, one of which is in education. These changes cause the learning system to go online. Each party needs to adapt to changes in the learning system, regarding the learning system previously carried out face-to-face turning into online / distance learning. This study aims to determine the role and policies of school leaders in carrying out distance learning activities during the Covid-19 pandemic, analyzing the application of Information Technology to the development of learning in schools, knowing how readiness of teachers is in managing distance learning, knowing how students respond to distance learning / online and knowing the response of parents of students to distance learning during the covid-19 pandemic. This research discusses the role of information technology related to the implementation of learning during the Covid-19 pandemic, in addition to knowing what are the obstacles and support for distance learning during the Covid-19 pandemic using a qualitative approach, which is descriptive analysis. The results of the research conducted by researchers indicate that Information Technology has a central role in the implementation of distance learning, especially during the current Covid-19 pandemic conditions. Information technology acts as an alternative in making interactions between educators and students in carrying out distance learning. In the implementation of distance learning, there are advantages and obstacles experienced by each party. The readiness factors of the teacher, the readiness of students and the readiness of the parents of students as well as the readiness of infrastructure related to distance learning.

Keywords: Information Technology, Education, Distance Learning, The Covid-19 pandemic.

Abstrak. Pandemi covid-19 menjadikan perubahan dalam tatanan kehidupan manusia. Hampir semua aspek bidang kehidupan mengalami perubahan, salah satunya yaitu dalam pendidikan. Perubahan tersebut menyebabkan sistem pembelajaran berubah menjadi jarak jauh. Masing-masing pihak perlu beradaptasi dalam perubahan dalam sistem pembelajaran, mengenai sistem pembelajaran yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka berubah menjadi pembelajaran jarak jauh/daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran serta kebijakan pimpinan sekolah dalam menjalankan kegiatan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19, menganalisis penerapan Teknologi Informasi terhadap perkembangan pembelajaran di sekolah, mengetahui bagaimana kesiapan dari guru dalam mengelola pembelajaran jarak jauh, mengetahui bagaimana respon dari siswa terhadap pembelajaran jarak jauh serta mengetahui respon dari Orang Tua siswa terhadap pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini membahas mengenai peran dari teknologi informasi terkait pelaksanaan pembelajaran selama masa pandemi covid-19, selain itu juga mengetahui apa saja hambatan dan dukungan dalam pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi covid-19 dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif, yang bersifat analisis-deskripsi. Hasil dari penelitian yang peneliti lakukan ini, menunjukkan bahwa Teknologi Informasi mempunyai peran sentral terhadap pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, terlebih pada saat kondisi pandemi covid-19 saat ini. Teknologi Informasi berperan sebagai alternatif dalam melakukan interaksi antara pendidik dan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh terdapat kelebihan serta hambatan yang dialami oleh masing-masing pihak. Faktor kesiapan dari guru, kesiapan siswa dan kesiapan orang tua siswa serta kesiapan sarana prasarana terkait pembelajaran jarak jauh.

Kata Kunci: Teknologi Informasi, Pendidikan, Pembelajaran Jarak Jauh, Pandemi Covid-19.

 

Keywords


Teknologi Informasi, Pendidikan, Pembelajaran Jarak Jauh, Pandemi Covid-19.

Full Text:

PDF

References


Abdul, Kadir. 2002. Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Adisel, A. 2019. Manajemen Sistem Informasi Pembelajaran. ALIGNMENT: Journal of Administration and Educational Management, 2(2), 105-112

Cahyani, Adhetya, Iin Diah Listiana, and Sari Puteri Deta Larasati. “Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.†IQ (Ilmu Al-Qur’an):

Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 01 (2020): 137. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Darmawansyah. 2020. Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Ditinjau Dari Hukum Islam, Musawa: Journal for Gender Studies

Isjoni. 2005. Mendayagunakan Teknologi Pengajaran. Pekanbaru: Unri Press

Kompas. 1985. Pengertian Siswa. Diakses melalui https://www.dosenpendidikan.co.id/pengertian-siswa-menurut-para-ahli/

Kuntarto, E. & Asyhar, R. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Aspek Learning Design dengan Platform Media Sosial Online Sebagai Pendukung Perkuliahan Mahasiswa. Repository Unja. https://repository.unja.ac.id/cgi/users/home?screen=Eprint::View&eprintid=626.

M. Imron Pohan. 1986. Psikologi Untuk Membimbing. Bandung: CV Ilmu

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Peserta Didik. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakses melalui https://kbbi.web.id/pesertadidik

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jenjang dan Jenis Pendidikan tentang pendidikan jarak jauh. termaktub dalam BAB VI Jalur, Jenjang dan Jenis Pendidikan tentang pendidikan jarak jauh pasal 31 pada bagian ke sepuluh.

Unik Hanifah Salsabila dkk. 2020. Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan. Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Volume 17 No. 2, Juli-Desember 2020

http://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Mutharahah




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.26138