Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Pembelajaran Tarikh Sirah Nabawiyah di Kelas 7 SMP Terpadu Baiturrahman

Rahmat Asnur Asnawi, Nadri Taja, Muhamad Imam Pamungkas

Abstract


Abstract. Learning Sirah Nabawiyah Date studies the life behavior of the Prophet SAW, the background in this research is to find out how moral values are in learning in grade 7. The formulation of the problem in this research is the method, supporting and inhibiting factors and the values of moral education. In this study the authors used a qualitative approach using the case study method. The technique of collecting data is by interviewing, observing, documenting, and questionnaires, while in managing the data, using data collection techniques, data reduction, data presentation, drawing conclusions, data triangulation and member checks Based on the research results that 1) the method used is exemplary method, habituation, lectures, rewards and punishments. 2) supporting factors, namely the important role of teachers and dormitory guardians, muhasabah sheets, supporting school programs and facilities, while the inhibiting factors are the use of cellphones and parents who spoil students while at home while on vacation. 3) the values of moral education in learning are as follows: moral values to Allah SWT, Morals to Rasulullah SAW, morals to oneself, morals to others, and morals to the environment.

Keywords: Values, Moral Education Values, Tarikh Sirah Nabawiyah

Abstrak. Pembelajaran Tarikh Sirah Nabawiyah mempelajari perilaku kehidupan Nabi SAW, latar belakang dalam penelitian ini agar mengetahui bagaimana nilai-nilai akhlak dalam pembelajaran di kelas 7. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah metode, faktor pendukung dan penghambat serta nilai-nilai pendidikan akhlak. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner sedangkan dalam pengelolaan datanya menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, triangulasi data dan member check. Berdasarkan hasil penelitian bahwa 1) metode yang digunakan adalah metode keteladan, pembiasaan, ceramah, hadiah dan hukuman. 2) faktor pendukung yaitu peran penting guru dan wali asrama, lembar muhasabah, program dan fasilitas sekolah yang mendukung, adapun faktor penghambatnya adalah penggunaan HP dan orang tua yang memanjakan peserta didik ketika di rumah saat liburan. 3) nilai-nilai pendidikan akhlak dalam pembelajaran sebagai berikut: nilai akhlak kepada Allah SWT, Akhlak Kepada Rasulullah SAW, akhlak kepada diri sendiri, akhlak kepada orang lain, dan akhlak kepada lingkungan.

Kata Kunci: Nilai, Pendidikan Akhlak, Tarikh Sirah Nabawiyah  

 

Keywords


Nilai, Pendidikan Akhlak, Tarikh Sirah Nabawiyah

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2014). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pamungkas, M.I. (2016). Akhlak Muslim Modern Membangun Karakter Generasi Muda. Bandung: Penerbit Marja.

Permendikbud No. 22 Tahun 2003. tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Permendikbud Republik Indonesia, 2006.

Rasyid, A. M. (2002, Agustus). Akhlak Sebagai Landasan Nilai Dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Ta'dib Jurnal Pendidikan, 2.

Sundari, F. (2017). Peran Guru sebagai Pembelajar dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD. Prosiding Diskusi Panel Pendidikan “Menjadi Guru Pembelajar†Vol 1 (1), 63.

Thohir, A. (2014). Sirah Nabawiyah. Bandung: Penerbit Marja.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovativ-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Goup.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25863